Penyebab Kurang Fokus Pada Saat Belajar

Posted on

Konsentrasi dalam belajar adalah hal yang paling utama pada saat kita belajar, konsentrasi juga mempengaruhi daya tangkap kita dengan pelajaran yang di berikan oleh guru, apa sih konsentrasi itu? konsentrasi adalah fokus dengan apa yang sedang dikerjakan, atau bisa di artikan dengan fikiran yang tidak bercabang.

Yang di maksud konsentrasi dalam belajar adalah fikiran yang fokus atau serius pada pelajaran atau hanya memperhatikan yang di ucapkan guru.

Kebanyakan siswa tidak konsentrasi dalam belajar itulah yang mengakibatkan generasi muda yang tidak mau mengerti tentang pelajaran.  

Tentu kurangnya konsentrasi itu ada penyebabnya, berikut ini beberapa penyebab kurang konsentrasi atau kurang fokusnya dalam belajar.

1.Tidak sarapan pagi

Tidak sarapan pagi sangat mempengaruhi tingkat konsentrasi kita pada saat belajar, orang yang selalu sarapan pagi akan lebih berkonsentrasi dalam belajar, dengan sarapan pagi berarti kita sudah mengkonsumsi kabohidrat sehingga kita mempunyai energi yang kuat dan tidak lesu pada saat belajar belajar.

2.Pengaruh hp

Pada zaman yang seperti ini hp itu bukan barang yang istimewa lagi hampir setiap orang mempunyai hp, mulai dari  orang tua, orang dewasa, anak SMP, anak SMA, bahkan anak SD, mempunyai hp itu sudah menjadi kewajiban, tentunya hp itu ada pengaruh positifnya ada juga pengaruh negatifnya, kita bisa mengakses apa saja yang ada di internet, dan juga bisa bermain game, itulah yang membuat kita selalu kepikiran yang mengakibatkan kurangnya konsentrasi dalam belajar.

3.Kurang tidur

Kurang tidur juga mempengaruhi konsentrasi belajar, orang yang kurang tidur pasti akan mengantuk, pada saat  mengantuk maka tidak bisa menangkap pelajaran dengan baik.Maka usahakanlah tidur yang cukup, kurangi begadang, menonton tv , dan bermain hp sampai larut malam.

4.Pengaruh cuaca

Cuaca sangat berpengaruh dalam konsentrasi belajar, cuaca yang panas membuat tidak nyman dan akhirnya berkipas-kipas dengan buku itu juga mengakibatkan kurangnya konsentrasi dalam belajar, atau bisa juga pada saat hujan, mengakibatkan mengantuk, dengan mengantuk itu konsentrasi bisa menurun.

Itulah beberapa penyebab kurangnya fokus belajar. Masih banyak hal-hal yang mengakibatkan kurangnya konsentrasi belajar yang tidak dapat saya uraikan. Sekian dari saya terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply