Buah Penambah Darah
Buah Penambah Darah

Sayuran yang mudah di dapatkan untuk menambah darah

Posted on
Sayuran dan buah untuk menambah darah
Sayur dan buah

Keadaan kurang darah adalah hal yang mudah diobati oleh memperbaiki pola makan kita, salah satunya dengan menambahkan sayuran pada menu makan sehari-hari. Kurang darah adalah suatu kondisi dimana kita kekurangan sel darah merah yang berguna sebagai agen pembawa nutrisi dan oksigen kepada sel dan organ tubuh kita.

Banyak sekali alasan yang dapat menyebabkan keadaan kurang darah. Beberapa hal yang dapat menyebabkan anemia antara lain adalah perdarahan yang terjadi terus menerus seperti pada perempuan yang menstruasi, keadaan cacingan, kelainan bawaan dan kurangnya asupan makanan yang penting untuk membentuk sel darah. Maka mengkonsumsi makanan penambah darah adalah hal yang penting untuk mengatasi anemia.

Macam dan Jenis Sayuran Penambah Darah dan Buah Penambah Darah

Salah satu penyebab kurang darah ialah kurangnya nutrisi yang dikandung makanan yang kita konsumsi. Nutrisi-nutrisi penting tersebut adalah asam folat, Vitamin B12, Vitamin C, dan yang paling penting, zat besi.

  • Bayam

Sayuran bayam terkenal dapat menambah tenaga dan mengalahkan penjahat di kartun popeye si pelaut. Ternyata, sayuran ini memang benar mampu dapat menambah tenaga bagi para konsumennya. Sayuran penambah darah ini mengandung banyak zat besi, sehingga menjadi makanan nomor satu yang disarankan dokter bagi penganut vegetarian yang menderita anemia.

  • Kacang kedelai

Kacang-kacangan merupakan sumber zat besi dan vitamin yang baik. Di antara kacang-kacangan, kacang kedelai merupakan sayuran penambah darah yang memiliki zat besi terbanyak. Kacang kedelai merupakan makanan rendah lemak yang tinggi protein dan dapat mengatasi kurang darah.

  • Buncis

Sayuran buncis dapat menjadi sayuran penambah darah. Sayuran ini mengandung asam folat yang dapat membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah yang baik. Untuk mendapatkan nutrisi asam folat yang optimal dari buncis, disarankan untuk memakannya dalam keadaan mentah dan jangan dimasak terlebih dahulu. Namun bila terpaksa masaklah buncis dengan kadar yang tidak terlalu matang.

  • Jeruk dan Lemon

Buah jeruk dan lemon dapat menjadi buah penambah darah. Namun alasannya bukanlah karena buah ini mengandung zat besi atau asam folat yang banyak, namun karena kadungan Vitamin C nya yang sangat banyak. Vitamin C sangat berperan dalam anemia karena vitamin ini akan membantu penyerapan zat besi di dalam saluran pencernaan.

  • Tahu, tempe dan susu kedelai

Bahwa kacang kedelai mengandung banyak zat besi. Ternyata bentuk olahan dari kacang kedelai sendiri mengandung kandungan zat besi yang jumlahnya tidak kalah jauh dari kacang kedelai. Menambah tahu, tempe atau susu kedelai ke dalam makanan sehari-hari Anda dapat memberikan nutrisi zat besi yang penting bagi tubuh.

Makanan Penambah Darah Lainnya :

  • Hati hewan.
  • Seafood seperti udang, kerang dan ikan.
  • Telur.
  • Keju.
  • Susu.
  • Daging merah : sumber utama Vitamin B12.
Gravatar Image
Saya adalah gadis desa yang berkaca mata yang sedang mencari ilmu untuk menjadi pengusaha sukses dan ingin bisa menjadi kebanggaan orang tua.

Leave a Reply