Menangis
Menangis

Mengapa Wanita Sangat Mudah Menangis?

Posted on
wanita

Wanita dan pria pasti sama-sama pernah menangis. Tapi,  nyatanya dibandingkan pria, wanita sangat mudah menangis.

Secara biologis wanita lebih mudah menangis dibuktikan dengan pembuktian lewat mikroskop yaitu menyimpulkan bahwa sel-sel kelenjar air mata wanita terlihat berbeda dari pria. Selain itu, saluran air mata pria lebih besar daripada wanita , sehingga jika seorang pria dan seorang wanita menangis, air mata wanita itu lebih cepat keluar dan membasahi pipinya.

Salah satu hormon dalam air mata adalah prolaktin yang merupakan katalis laktasi. Ini sama halnya dengan membantu menghasilkan susu. Prolaktin juga bekerja untuk membantu dalam produksi air mata. Saat wanita berumur 18 tahun, mereka memiliki 50 persen dan menjadi 60 persen prolaktin, lebih tinggi dalam aliran darah mereka daripada pria.

Seperti apakah alasan mengapa wanita sangat mudah menangis? Berikut ini uraiannya!

1. Kemarahan

Wanita cenderung meluapkan kemarahannya dengan cara menangis. Apalagi ketika seseorang yang dia sayang melakukan perbuatan yang tidak dia suka. Biasanya setelah menangis wanita akan lebih tenang.

2. Kenangan

Teringat masa lalu yang baik atau suram tentu di alami oleh banyak orang. Tanggapan mereka pun akan berbeda-beda. Terutama bagi kaum wanita, jika masa lalu mereka indah, pasti mereka akan tersenyum sambil membayangkan masa itu agar terulang kembali. Namun, jika teringat hal yang menyedihkan bisa jadi mereka menangis atau marah.

3. Kehilangan

Ketika seseorang mengalami kehilangan dalam dirinya atau hidupnya, mereka akan menangis. Wanita yang tegar akan menerima dengan ikhlas, tapi dibalik sifat tegarnya itu mereka memendam seribu luka batin, dan ketika mereka telah lelah memendamnya mereka akan menangis.

4. Karena hormon

Saat wanita akan memasuki masa haid, ketika mereka haid, atau bahkan setelah haid, sifat wanita cenderung tidak seperti biasanya, seperti mudah marah-marah, sulit mengatur emosi, dan biasanya wanita sangat sensitif, apalagi ketika dia merasa sesuatu hal itu menyinggung perasaannya.

5. Sakit hati

Ketika hati wanita disakiti, apalagi yang berhubungan langsung dengan hatinya, wanita akan cenderung menangis. Mungkin karena dia sudah tidak mampu menahan sakit hatinya, sehingga meluapkannya dengan cara menangis, yang itu akan membuatnya sedikit tenang.

 

 

 

 

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply