lapar saat puasa

Tips Agar Tidak Lapar Saat Berpuasa

Posted on
menahan lapar
menahan lapar

Lapar saat puasa? Itu sudah pasti, namanya juga tidak makan dan minum. Dan ini biasanya banyak dijadikan salah satu alasan kenapa orang tidak mau berpuasa. Itu karena lapar.

Nah, apa ingin tahu bagaimana caranya agar tidak lapar saat berpuasa?

 

Pada Saat sahur

  • Kalau makan sahur itu pada saat mendekati waktu imsak. Misalnya seperempat jam atau setengah jam sebelum waktu imsak. Makan sahur pada saat mendekati waktu imsak ini juga menjadi sunnah dalam berpuasa.
  • Gunakanlah menu sahur yang lengkap, yaitu nasi, lauk, dan sayur. Untuk menambah tenaga agar aktifitas Anda sangat padat boleh-boleh saja mengonsumsi suplemen asal tidak berlebihan.
  • Lengkapi menu sahur anda sekeluarga dengan segelas susu atau bisa juga teh manis. Tapi, khusus untuk teh manis, harus di batasi jumlahnya. Karena kalau terlalu banyak teh manis akan membuat anda lebih sering buang air kecil. Jangan lupa minum air putih yang banyak saat sahur.
  • Pilihlah makanan-makanan yang tahan lama dilambung agar energi yang ada di dalam tubuh bisa terpenuhi. Dan perbanyaklah memakan sayuran dan makanan-makanan kaya karbohidrat seperti kacang-kacangan yang bisa mengikat air yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.
  • Untuk menambah nafsu makan anda, hangatkan hidangan sebelum disantap atau hidangkan makanan yang baru dimasak.
  • Walaupun makanan yang dimakan saat sahur merupakan sumber energi saat berpuasa, bukan berarti porsi makannya harus banyak. Asalkan jumlahnya cukup, anda tidak akan kelaparan selama berpuasa.
  • Dan hindari makanan yang berbumbu terlalu menyengat atau pedas.

 

Pada Saat berbuka

  • Segeralah berbuka agar gula darah anda yang berkurang selama berpuasa bisa segera tergantikan. Tapi, hindari juga porsi makan anda yang berlebihan dan tidak perlu juga berupa makanan berat yang lengkap.
  • Hindari juga lapar mata dengan langsung menyantap semua makanan yang ada di meja. Sesuai sunnah rasul, tiga butir kurma dan ditambah dengan segelas air putih itu sudah cukup untuk mengakhiri puasa anda. Dan pencernaan anda juga tidak akan kaget karena langsung dipaksa bekerja keras setelah beristirahat selama beberapa belas jam.
  • Hindari langsung memakan makanan pembuka yang terlalu manis dan berlemak, seperti tape uli, yang bisa membuat perut anda kaget
  • Hindari pula meminum minuman dingin pada saat berbuka puasa agar anda tidak mudah terserang radang tenggorokan. Lebih baik awali dengan meminum minuman hangat sebelum makan makanan yang berat.
Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply