Tips untuk Menjaga Keluarga Hidup Harmonis dan Bahagia Selalu

Posted on

Rumah tangga itu terbagi dalam satu atau beberapa orang yang tinggal didalam satu rumah yang mana mereka saling berbagi, peduli satu sama lain, tapi terkadang mereka mempunyai beberapa masalah yang membuat ketidak harmonisan di dalam rumah. Nah disisni kami mempunyai tips untuk menjaga rumah tangga anda tetap harmonis dan bahagia.

Sebelum itu kalian harus menjahui beberapa hal yang bisa merusak rumah tangga kalian:

1.Melakukan kekerasan 

Walaupun di dalam Al-Qur’an menjelaskan bahwa seorang kepala keluarga di perbolehkan untuk memukul kepada istrinya atau kepada keluarga yang lainnya ketika mereka susah untuk di ingatkan, tapi izin ini bukan berlaku secara mutlak, bukan berarti seorang kepala keluarga bisa melakukan apa saja yang ia inginkan untuk melampiaskan kemarahannya, karna Rosulpun memberi batasan dalam hal ini, yaitu :

  • Tidak memukul bagian kepala
  • Tidak untuk menyakiti

Tetapi izin ini hanya diperlakukan untuk mendidik

2.Jahui Menghina Satu Sama lain

Siapapun orang di dunia ini tidak mau di hina, apalagi mereka yang kita hina adalah pasangan dari hidup kita, terkadang ketika keluarga atau sahabat kita dihina oleh orang lain kita merasa prihatin! apalagi orang yang dihina, maka dari itu jahuilah itu sejauh-jauh mungkin

3.Tidak Menyebar Luaskan Rahasia keluarga

kenapa sih kita tidak boleh menyebarkan rahasia keluarga kita? karena ketika kalian menyebarkan rahasia keluarga kalian maka kalian sama saja menyebarkan kejelekan keluarga kalian sendiri.

Adapun tips untuk menjaga keluarga tetap harmonis dan hidup dengan bahagia adalah :

1.Berusaha untuk saling mengerti satu sama lain

karena dengan adanya kita bisa mengerti satu sama lain kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari keluarga kita dan disini kita harus bisa menutupi kekurangan keluarga kita dengan kelebihan yang kita miliki angan sampai kita malah menjatuhkan apa yang kurang dari keluarga kita yang lain atau kita menyombongkan diri dari apa yang kita punya.

2.Bisa saling menghormati satu sama lain

Dengan bisa menghormati satu sama lain kita bisa hidup dengan tentram, karena salah satu dari kita tidak ada yang meremahkan, mungkin ketika seorang yang lebih tua memerintah kepada yang lebih muda mereka bisa mengerjakannya dengan senang hati, dan ketika orang yang lebih tua atau yang muda mengingatkan mereka bisa menerimanya dengan ikhlas.

3.Bisa menyelesaikan masalah keluarga secara bersama-sama

Ketika salah satu keluarga kita mempunyai masalah diusahakan untuk bercerita kepada keluarga kita jangan sampai masalah yang kita punya di ceritakan kepada orang lain, karena dengan adanya kita bercerita kepada keluarga kita mereka akan mengatasi secara bersama-sama dan keluraga kita terlihat tentram seperti tidak ada masalah walaupun di dalamnya ada beberapa masalah.

4.Berdo’a kepada tuhan

Berdo’a adalah kunci dari semua itu, akan dikatakan tidak berhasil kalau kita tidak berdo’a kepada tuhan kita, karena tuhanlah yang telah mengatur hidup kita di dunia ini secara detail.

Mungkin hanya itu tips dan saran yang bisa kami berikan. Semoga bisa bermanfaat! 

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply