Kopi Memberikan Banyak Manfaat untuk Tubuh

Posted on

Bagi kalian yang suka begadang mungkin sudah tidak asing dengan nama minuman satu ini, berbeda dengan kalian yang jarang minum kopi, mungkin kalian akan beranggapan bahwa itu adalah minuman yang kurang sehat, itu memang benar juga sih, jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Namun jika kalian mengkonsumsinya dalam takaran yang pas tidak lebih dari empat cangkir sehari, kopi akan menjadi minuman yang aman dan akan membawa beberapa manfaat yang bagus untuk tubuh kita.

Kopi mengandung banyak oksidan, dan hasil penelitian menunjukan bahwa  mengkonsumsi kopi yang kaya akan oksidan akan mencegah tubuh kita terkena penyakit yang disebabkan oleh kerusakan oxidative. hasil penelitian lain menunjukan jika kopi dapat meningkatkan kinerja daya tahan dalam durasi aktivitas fisik untuk waktu yang lama. Masih banyak manfaat kopi bagi kesehatan tubuh kita, dan berikut ini beberapa manfaat kopi untuk tubuh kita :

1. Mengurangi Resiko Stroke

Sebuah study tahun 2009 membuktikan bahwa seorang wanita yang minum tiga cangkir kopi sehari memiliki kemungkinan 20% lebih rendah mengalami stroke daripada seorang wanita yang hanya minum kopi secangkir dalam seminggu. Hasil yang sama juga didapatkan dari kalangan pria di Finlandia

2. Mencegah Kanker

Beberapa jenis kanker dapat dicegah dengan mengkonsumsi kopi, karena kopi mengandung senyawa anti oksidan. Dalam sebuah penelitian ilmuwan Jepang membuktikan wanita yang minum tiga cangkir kopi sehari memiliki kemungkinan 25% lebih rendah terkena kanker usus besar, dibandingkan dengan wanita yang tidak minum kopi. Konsumsi kopi juga dapat mengurangi resiko terkena kanker kerongkongan, pharyngeal, mulut, dan kulit.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Liver/hati

Karena kandungan senyawa anti oksidan dan kafein yang ada di dalam kopi dapat menurunkan resiko liver cirrhosis dan penyakit hati lainnya. Sebuah analisis dari sembilan study membuktikan bahwa mengkonsumsi koip dua cangkir sehari dapat mengurangi resiko sirosis hati sampai 80%.

4. Mengobati Diabetes

Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi kopi dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 50%. Hasil ini disebabkan kandungan clorogenic acid yang terbukti memperlambat proses penyerapan gula dalam saluran pencernaan.  Clorogenic acid juga merangsang pembentukan GLP-1, yaitu zat kimia yang meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Parkisnon

Hasil penelitian tahun 2007 membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi setidaknya secangkir kopi dalam sehari memiliki kemungkinan 50% lebih rendah terkena penyakit parkinson. Tapi bagi wanita yang sedang menjalani terapi hormon pengganti mengkonsumsi kopi justru akan meningkatkan resiko terkena penyakit parkison. Namun jika kalian merasa diri kalian normal tidak ada salahnya mengkonsumsi kopi dengan takaran yang pas. Perbedaan yang menyebabkan sebagian wanita tidak boleh mengkonsumsi kopi yaitu karena estrogen dan kafein memerlukan enzim yang sama untuk dimetabolisme, dan estrogen akan lebih dahulu menangkap enzim tersebut.

6. Mencegah Batu Empedu

Penelitian terbaru menunjukan bahwa mengkonsumsi kopi setiap hari dapat mencegah terkena penyakit batu empedu. Kandungan kafein dalam kopi merangsang kontraksi dalam kandung empedu dan menurunkan konsentrasi kolestrol dalam empedu.

Demikian beberapa manfaat kopi bagi tubuh kita, jadi jangan takut terkena penyakit jika meminum kopi secara teratur. Asalkan tidak lebih dari empat cangkir sehari itu tidak akan membahayakan kesehatan tubuh kita. Bahkan itu akan mencegah berbagai macam penyakit, bukan?

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply