pendaki indonesia
pendaki indonesia

Perlengkapan yang Harus di Bawa Saat Mendaki

Posted on
pendaki indonesia
pendaki indonesia

Banyak yang bertanya apa saja sih peralatan yang harus di bawa saat mendaki? Sejak populernya film 5cm, banyak orang yang ingin merasakan naik ke puncaknya gunung, tetapi mendaki itu tidak semudah seperti halnya di film 5cm, namun harus ada peralatan-peralatan yang di butuhkan.

Nah, untuk mempermudah, berikut di jabarkan peralatan yang harus di bawa saat mendaki gunung.

1. Carriel atau Tas gunung

Ini di perlukan untuk membawa barang-barang yang akan di bawa. Tas gunung ini beda dengan tas biasa, bedanya tas ini memiliki uuran yang lebih besar. Biasanya  tas yang digunakan berkapasitas 45 liter, 65 liter, 75 liter, 85 liter, bahkan ada yang sampai 115 liter.

Tas berkapasitas besar ini di sesuaikan untuk masingmasing orang. Biasanya yang memakai tas ini adalah mereka yang terbiasa menjadi leader ataupun porter dalam kelompok pendakian.

Didalam satu kelompok terdiri dari 11-15 cukup 1-3 orang saja yang memakai tas berkapasitas besar, dikarenakan tidak semuanya memiliki beban yang sama, harapannya saat ada yang kelelahan dari anggota lain bisa bertukar beban.

2. Jaket

Jaket ini wajib di bawa agar dapat menahan hawa yang sangat dingin sehingga panas tubuh tetap terjaga. Banyak kasus peendaki yang menalami hipertemia/kedinginan karena jaket yang tidak bisa menahan dingin.

3. Sepatu atau sandal gunung

Sepatu gunung memiliki pijakan yang kuat dalam berbagai medan. Pijakan kuat ini menghindari terjadinya berbagai kecelakaan karena sepatu yang tidak cocok di perjalanan. Jadi, sepatu ini sangat penting karena banyak pendaki mengalami cidera disebabkan kaki yang terpelintir entah karena salah berpijak atau sepatu yang tidak cocok.

4. Jas hujan dan atau ponco

Jas hujan berfungsi untuk melindungi tubuh dari hujan ketika mendaki sehingga badan dan peralatan bawaan tetap kering. Selain jas hujan mungkin bisa juga digunakan sebagai dasar untuk Bivak dalam kondisi darurat. Nah, untuk membuat bivak biasanya menggunakan jas hujan jenis ponco yang lebar, bukan jas hujan dari kemeja dan celana anti hujan.

5. Pakaian ganti

Bawalah  pakaian ganti secukupnya saja. Gantilah pakaian Anda jika sudah basah karena keringat atau lembab. Pakaian yang basah itu dapat membahayakan tubuh. Karena mengganti pakaian badan akan lebih segar dan tetap hangat. Jumlah pakaian ganti disesuaikan dengan tujuan dan berapa lama waktu mandaki.

6. Peralatan makan

Peralatan masak adalah perlengkapan wajib kelompok pendakian, peralatan makan adalah perlengkapan wajib individu. Setiap anggota pendakian harus membawa minimal satu piring, gelas, sendok, dan garpu. pilihlah yang berbahan plastik agar tidak pecah.

7. Makanan dan Minuman

Bahan makanan yang wajib dibawa adalah beras satu liter untuk perjalanan 2-3 hari. Lalu membawa mie instan, mie ini untuk antisipasi ada kekurangan bahan makanan karena kesalahan prediksi kebutuhan makanan kelompok. Pendaki juga dapat membawa makanan ringan kesukaan sesuai kecukupan masing-masing selama tidak membebani perjalanan berlebihan.

 

 

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply