Penyakit Insomnia dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Posted on

Penyakit Insomnia

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda. Namun sering kali kita mengalami yang namanya susah tidur, meski kejadian tersebut tidak terjadi secara terus menerus. Penyakit Insomnia biasanya terjadi pada malam hari yang mengakibatkan penderita mengalami susah tidur, atau tidak bisa mendapatkan tidur yang maksimal. Namun itu berbeda dengan orang yang memang suka begadang hingga larut malam. Orang yang suka begadang biasanya akan lebih banyak tidur pada keesokan harinya.

Pada sebagian kasus, penyakit ini bisa menjadi masalah yang serius. Hal ini biasanya disebut dengan gangguan susah tidur akibat dari stress yang akut karena tuntutan pekerjaan atau saat kita hendak menghadapi ujian sekolah. Penyakit ini biasanya akan sembuh apabila stress yang dialaminya sudah selesai atau mereka sudah bisa beradaptasi dengan stress yang mereka alami tersebut.

Penyakit Insomnia akan mengakibatkan dampak yang buruk dalam beberapa hal :

  • Penderita Insomnia akan mempunyai kemungkinan 2x lebih besar mengalami kecelakan lalu lintas karena kondisi tubuh mereka berbeda dengan orang normal.
  • Kematian, seseorang yang tidur kurang dari 5 jam kemungkinan besar akan cepat mengalami kematian daripada orang normal yang tidur 7-8 jam, karena tubuh juga memerlukan istirahat yang cukup setelah seharian digunakan untuk beraktivitas.
  • Akan menggangu psikologis orang tersebut seperti : menggangu ingatan memori, sulit berkonsentrasi, depresi dll.

Cara Mengatasi Penyakit Insomnia

  •  Mungkin cara yang paling mudah adalah dengan tidur sehat. Tidurlah setiap malam di waktu yang sama dan bangunlah di setiap pagi hari juga di waktu yang sama, lakukanlah dengan rutin.
  • Cara lain mengatasi penyakit Insomnia adalah dengan tidur dalam kondisi tidak lapar, karena berdasarkan banyak pengalaman jika kita tidur dalam keadaan perut kosong kita akan terbangun pada tengah malam karena merasa lapar.
  • Mungkin kita juga bisa memberikan relaksasi bagi tubuh kita dengan berendam di air hangat yang sudah di campur dengan bunga lavender agar kita bisa merasakan kenyamanan.
  • Berjemur di panas matahari saat pagi hari juga bisa menjadi solusi, karena sinar matahari di pagi hari dipercaya bisa mengatur jam tubuh, dan mengontrol munculnya hormon tidur di antara melatonin yang bisa mengantarkan tubuh untuk tidur pada malam hari.
  • Mematikan lampu saat tidur, usahakanlah agar anda selalu tidur dengan keadaan gelap karena itu mungkin membantu orang yang mengalami susah tidur agar segera tertidur, atau jika anda takut kegelapan kita bisa menggunakan lampu tidur.
  • Menjaga kebersihan seprei, hasil survey yang telah dilakukan National sleep Foundation, sekitar 75% orang mengaku mendapatkan tidur yang nyenyak dan rileks karena seprei yang mereka gunakan dalam keadaan bersih.

Mungkin itu mengenai penyakit Insomnia dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Pastikan istirahat yang cukup, sesibuk apapun pekerjaan kalian luangkanlah waktu untuk tidur yang cukup.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply