Cara mengetahui orang berbohong
Cara mengetahui orang berbohong

Bagaimana Mengetahui Orang Sedang Berbohong?

Posted on

Bagaimana Mengetahui Orang Sedang Berbohong?

 

bohong

 

Jika kita mampu mengetahui orang yang berbohong pada kita tentu itu akan membantu kehidupan kita agar menjadi lebih baik. Kita tidak perlu menjadi psikolog kok untuk mengetahui dan mempelajarinya. Gimana ya cara mengetahuinya? Simak yuk uraian berikut ini?

Memang tidak mudah mendeteksi mimik wajah seseorang, tetapi ada beberapa tanda yang bisa kamu amati kalau dia itu sedang berbohong atau tidak :

  1. Posisi tubuh dapat  menjadi bukti yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong, karena disadari atau tidak disadari ada hubungan yang kuat antara pikiran dan ekspresi.
  2. Lihat matanya, mata melihat ke kiri atas, maka mengingat-ingat pengalaman terkait dengan pertanyaan anda. Mata melihat ke kanan atas, maka dia akan sedikit mengarang karena belum siap dengan jawabannya. Mata melihat ke kiri bawah, maka dia sedang mengambil fakta dari masa lalunya(jujur). Mata melihat ke kanan bawah, terhubung dengan perasaan seseorang, bukan sebuah rekayasa.
  3. Lihat cara dia tersenyum, perhatikan dengan baik bagaimana si dia tersenyum ketika kalian membicarakan topik tertentu. Misalnya, awasi gerakan mulut dan mata ketika si dia tersenyum. Jika dia tersenyum lepas yang melibatkan seluruh organ wajah itu tanda kalau dia jujur. Tetapi kalau dia tersenyum menyeringai (seolah terpaksa)itu tanda bahwa dia sedang berbohong.
  4. Membuang wajah ketika di tanya, wajar jika pertanyaan yang kamu berikan adalah pertanyaan sulit kemudian dia membuang wajah atau memalingkan wajah . Namun, jika pertanyaan sederhana saja dia menghindari tatapanmu, maka kamu perlu curiga. Karena jawaban yang akan diberikan oleh dia selanjutnya bisa jadi adalah jawaban yang tidak jujur.
  5. Ia putus asa dan mengalihkan perhatian, hal ini juga akan melibatkan gambaran yang positif di dalamnya. Anda menanyakan sesuatu yang membuatnya tidak nyaman, sehingga ia akan tampak putus asa. Keputusasaan inilah juga merupakan cara manipulatif dan harus dicurigai sebagai tanda-tanda dari sebuah kebohongan.
  6. Lihat dari mimik mukanya apakah pipinya merona, hidung melebar, kebiasaan tiba-tiba menggigit bibir, berkedip cepat hingga menarik napas dalam-dalam ketika berbicara. Kalau dia melakukan hal-hal tersebut ada kemungkinan dia sedang berbohong kepada kamu.

Dan jangan sesekali menjudge orang bahwa dia berkata bohong, jujur atau tidaknya seseorang itu adalah urusan dia dengan Penciptanya. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply