Fakta Menarik dan Manfaat tentang Buah Tomat

Posted on

Tanaman tomat berasal dari daerah Amerika Selatan, namun tomat mulai menyebar ke Eropa oleh seorang penjelajah dunia bernama Chrishtoper Colombus. Banyak sekali tanaman yang dibawanya dari satu benua ke benua yang lain. Kemudian nama tomat ini diambil dari bahasa Aztek [nama suku Indian], xitomate atau xitotomate. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Spanyol dan Italia, sebelum diadopsi oleh Inggris.

Di Florence, Italia dan sekitarnya tanaman ini jarang sekali diolah menjadi bahan masakan, sehingga kebanyakan orang pada waktu itu hanya menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias. Pada tahun 1600-an tanaman ini dianggap sebagai tanaman yang beracun oleh orang Inggris, itu semua berdasarkan sebuah buku karangan John Gerard “Gerard’s Herbal” yang diterbitkan tahun 1597.

Sebenarnya tomat itu tergolong dalam buah-buahan, meski banyak orang menganggap tomat sebagai sayuran. Buah sendiri didefinisikan sebagai bagian tanaman yang mengandung biji dan dapat dimakan, sedangkan sayuran didefiniskan sebagai bagian tanaman yang terdiri dari daun, batang, akar, dan dapat dimakan.

Sekarang kita membahas manfaat dari tanaman yang banyak digemari orang-orang karena manfaatnya ini

1. Manfaat Tomat untuk Mata

Kalian tau? Selain wortel tomat juga mengandung banyak vitamin A, yang bermanfaat untuk mempertajam penglihatan. Selain itu mengkonsumsi tomat dengan rutin dapat mencegah mata kita terkena penyakit katarak, mata minus, rabun jauh ataupun dekat.

2. Manfaat Tomat untuk Wajah

Tomat juga bisa digunakan sebagai masker untuk mencerahkan wajah, karena kandungan vitamin yang ada pada tomat dapat menjaga kekencangan dan keremajaan kulit. tomat juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, mengecilkan jerawat, dan masih ada banyak lagi khasiatnya.

3. Manfaat Tomat untuk Diet

Karena tomat mengandung sedikit lemak dan kalori yang sangat kecil sehingga tomat sangat cocok digunakan untuk program diet anda. Dengan rutin mengkonsumsi tomat anggur setiap hari dan sedikit mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak dan kalori dijamin deh kalian nggak akan kena obesitas atau kegemukan, dan bahkan kita akan mendapat tubuh yang langsing dan ideal bagi para lelaki.

4. Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

Bagi ibu-ibu yang sedang hamil tomat memiliki banyak sekali manfaat karena saat perempuan sedang hamil biasanya mereka sangat kebingungan mencari makan yang cocok.

  •  Menjaga daya tahan tubuh, karena saat sedang hamil perempuan sangat rentan sekali terkena penyakit, sedangkan mereka tidak boleh sembarang mengkonsumsi obat takut membahayakan kandungannya. Sehingga mengkonsumsi tomat yang mengandung banyak vitamin mungkin bisa jadi solusinya.
  • Menjaga ibu dan bayi agar tidak kekurangan cairan atau dehidrasi.
  • Mencegah penyakit kanker dan jantung.
  • Memperlancar pencernaan, karena biasnya ibu hamil sering kali mengalami yang namanya kesembelit, sehingga mengkonsumsi tomat akan jadi solusi yang tepat.
  • Membantu  proses pertumbuhan tulang pada bayi yang sedang dikandung oleh sang ibu.

5. Manfaat Tomat untuk Rambut

Untuk para wanita yang sering mengenakan jilbab jangan takut rambutnya mudah rontok atau bercabang. Untuk menjaga keindahan rambut agar tetap indah dan kuat kalian bisa menggunakan tomat, Usapkan buah tomat pada saat kalian sedang mandi.

Nah, cukup sekian beberapa fakta menarik yang perlu kalian ketahui dari buah yang sudah sangat familiar di berabagai tempat ini, semoga bermanfaat bagi kalian. Jadi jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply