Cari Sejarah di Kediri Candi Tegowangi

Posted on

Candi Tegowangi berbentuk bujursangkar menghadap ke barat, ukuran candi ini adalah 11,2 × 11,2 m dan memilik tingi yaitu 4,35 m. Pada bagian tubuh Candi Borobudur di setiap sisinya terdapat pilar polos di tengah-tengah yang menghubungkan badan candi dengan kaki candi. Pilar itu tampak belum jadi. Di tubuh candi dikelilingi dengan hiasan relief-relief yang menceritakan Sudamala dengan jumlah 14 panil yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu di sisi utara terdapat 3 panil, di sisi barat terdapat 8 panil, di sisi selatan terdapat 3 panil. Relief ini menceritakan tentang pensucian Dewi Durga yang berwatak jelek dan jahat berubah menjadi berwatak baik yang dilakukan oleh tokoh bungsu dalam cerita Pandawa yaitu Sadewa. Sedangkan pada bagian bilik tubuh candi terdapat Yoni dengan pancuran berbentuk naga.

Untuk pondasi candi ini terbuat dari batu bata, sedangkan bagian kaki dan bagian tubuh yang tersisa terbuat dari batu andesit. Bagian kaki Candi Tegowangi berbentuk lipit dan berhias. Setiap sisi Candi Tegowangi terdapat tiga panel tegak dan dihiasi dengan raksasa atau gana yang sedang duduk jongkok dngan kedua tangan diangkat seperti mengangkat bangunan Candi tegowangi. Diatas bangunan terdapat ukiran yang menonjol melingkari Candi Tegowangi. Dan diatas tonjolan tersebut terdapat sisi genta yang berhias.

Pada halaman Candi Tegowangi terdapat arca-arca yaitu garuda yang berbadan manusia, Parwati, Ardhenari dan di sudut tenggara terdapat sisa candi. Candi Tegowangi ini berlatar belakang agama Hindu karena ditemukannya beberapa arca dan di bilik candi terdapat Yoni.

Candi Tegowangi terletak di Ds. Tegowangi Kec. Plemahan Kab. Kediri. Area Candi Tegowangi cukup luas dan terbuka. Area wisata bersejarah ini terawat dengan baik karena tidak terdapat sampah berserakan kecuali yang ada hanya dedaunan kering yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Di dekat gerbang masuk terdapat sebuah peternakan lebah milik warga yang tinggal di sekitar Candi Tegowangi. Hal ini dapat menjadikan daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply