Tanda-tanda dari Alam akan Turun Hujan

Posted on

Biasanya kita menebak akan turun hujan hanya dari keberadaan awan mendung di langit bukan? Sebenarnya ada banyak tanda-tanda akan turun hujan yang dapat kita ketahui dari alam sekitar, misal dari tumbuh-tumbuhan atau hewan-hewan yang sering kita temui di sekitar kita, misalnya burung,serangga dan lain-lain. Berikut ini adalah tanda-tanda akan turun hujan dari hewan.

 1. Laron (white ant)

 

Di waktu sore hari dan keadaan lingkungan sudah mulai gelap, suhu sudah terasa dingin biasanya di lampu teras depan rumah saya banyak sekali laron berterbangan. Itu karena serangga satu ini akan muncul dari dalam tanah ketika suhu di dalam tanah sudah mulai lembab, karena sebelum hujan suhu di daratan akan menjadi semakin dingin. Dan biasanya tidak lama setelah banyaknya laron berterbangan hujan akan mulai turun. Itu yang membuat orang menganggap laron adalah pertanda akan turunnya hujan.

2. Burung Walet

Selain dimanfaatkan air liurnya, burung ini juga bisa juga mempredeksi akan turunnya hujan. Kebiasan burung ini yang selalu terbang tinggi jika keadaan cerah ini membuat kita bisa menebak cuaca. Dan jika burung walet sudah mulai terbang rendah, itu tandanya tidak lama lagi hujan akan turun. Karena saat burung itu terbang rendah sebenarnya mereka sedang mencari cacing tanah yang keluar karena keadaan lingkungan yang sudah mulai lembab.

3. Semut

Hewan kecil yang kita anggap hanyalah serangga penggangu ini ternyata bisa memprediksi hujan. Jika pada siang atau sore hari para semut bukannya mencari makanan tapi mereka justru sibuk mempertinggi sarang mereka itu tandanya tak lama lagi akan turun hujan. Tujuannya agar ketika hujan turun air  tidak akan mengalir masuk ke dalam sarang mereka. Dan biasanya mereka akan berlindung di bawah dedaunan jika merka pikir hujan akan sangat lebat. Pintar bukan?

4. Katak

Hewan yang mampu hidup di dua alam ini akan keluar dari dalam air  jika hujan hendak turun. Karena apa? Karena katak akan kekurangan oksigen jika terus berada di dalam air. Inilah yang menyebabkan katak sering mengeluarkan suara yang keras di saat hujan, sebelum maupun sesudah turun hujan.

5. Sapi

Hewan yang biasa dimanfaatkan susu,daging,kulit maupun tenaganya ini ternyata juga bisa memprediksi hujan. Jika hujan akan turun sapi akan merasa gelisah dan mencari tempat berlindung, begitu juga dengan sapi-sapi yang lain mereka akan berkumpul menjadi satu. Jika mereka sedang makan di padang rumput, dan mereka merasa akan turun hujan maka mereka akan berhenti makan dan mencari tempat berlindung.

6. Cacing Tanah

Biasanya pagi hari setelah hujan lebat kita akan menemukan beberapa ekor cacing di jalan. Itu disebabkan karena ketika hendak turun hujan cacing keluar dari dalam tanah. Biasanya cacing yang masih berada di tanah pada pagi hari akan dimakan oleh ayam, karena mereka terlambat untuk kembali ke sarangnya.

Sebenarnya masih banyak lagi jadi jika kalian mendapati salah satunya, berhati-hatilah mungkin hujan akan turun tidak lama lagi. Semoga bermanfaat bagi kalian semua, sekian.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply