Penyebab Pesawat Tidak Bisa Mundur

Posted on

Kalian pasti sering dapat pertanyaan jail dari teman kalian seperti ini.  “Mengapa pesawat nggak bisa jalan mundur? Padahal pesawat punya mesin untuk bergerak.

Jawaban gampangnya karena pesawat nggak punya kaca spion. Itu memang bener kok. Tapi alasan lain mengapa pesawat ketika hendak keluar dari area parking stand atau ketika hendak bergerak mundur harus dibantu dengan mobil khusus (push back car), karena pesawat telah dirancang dengan tidak ada mesin penggerak pada roda. Maka untuk gaya dorong maju (thrust), pesawat mengandalkan mesin yang dihubungkan pada baling-baling pesawat. sedangkan gaya dorong mundur disebut (thrust reverse). Namun gaya dorong mundur ini hanya digunakan sebagai rem pesawat setelah pesawat landing. Penggunaan  thrust reverse ini sangatlah dibatasi karena jika digunakan untuk mundur akan mengakibatkan kerusakan pada pesawat tersebut.

Karena memang ukuran pesawat yang sangatlah besar tidak mungkin juga pesawat dapat leluasa untuk bergerak. Jika kalian pernah pergi ke Bandara,kalian mungkin akan melihat pesawat yang harus berjalan ke arah kanan untuk terbang ke arah kiri. Maksudnya ketika hendak berjalan ke belakang, pesawat harus begerak ke depan terlebih dahulu lalu memasuki jalur yang lain hingga sampai ketempat semula,seperti ketika kita hendak memutar arah di jalan raya.

Mesin jet yang ada pada pesawat sangat jarang digunakan untuk mundur, karena memang mesin ini hanya difungsikan untuk maju ke depan. Meskipun ada beberapa pesawat yang diizinkan untuk melakukan thrust reverse, tapi itu sangatlah jarang karena ketika  thrust reversenya digunakan dengan kecepatan yang rendah akan mengakibatkan batu dan kotoran akan masuk ke dalam mesin, dan itu akan mengakibatkan kerusakan pada mesin pesawat itu sendiri. Oleh karena itu mesin engine rendah seperti B737 tidak boleh digunakan untuk thrust reverse. Berbeda dengan pesawat seperti Fokker 100, pesawat ini diizinkan untuk melakukan thrust reverse asalkan tidak terlalu sering karena bahan bakar pesawat (avtur) mahal, selain itu karena jika pesawat terus melakukan thrust reverse akan mengakibatkan kerusakan pada bagian ekor pesawat sebab mesin pesawat terletak pada bagian ekornya,bukan pada bagian bawah tempat duduk atau yang lainnya.

Demikianlah alasan lain mengapa pesawat tidak bisa bergerak mundur. Jadi jangan hanya beranggapan jika kaca spion berpengaruh bagi pesawat.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply