Susah Tidur? Ini Nih Cara Mengatasinya

Susah Tidur? Ini Nih Cara Mengatasinya

Posted on

Setiap orang pasti mempunyai kebutuhan tidur yang berbeda-beda, walaupun semua orang pasti pernah merasakan susah tidur, namun ini hanya sementara tidak menetap. Akibatnya ya membuat penderita itu kesulitan mendapatkan tidur yang sehat, dan bangun paginya terasa tidak fresh.

Susah Tidur? Ini Nih Cara Mengatasinya

Apa Penyebababnya Susah Tidur?

Penyebab susah tidur atau Penyakit Insomnia yaitu gangguan jiwa, ada teman yang mendengkur, depresi, banyak keramaian. Sepuluh persen dari penderita susah tidur atau Penyakit Insomnia itu mengatasinya dengan meminum obat tidur. Mereka memilih jalan pintas tanpa berkonsultasi dahulu kepada dokter dan langsung meminum obat tidur, memang setelah meminum obat tidur nanti tidur menjadi pulas tetapi ketika bangun tidur badan merasa lemas dan lesu.

Penyebab susah tidur pada lansia juga akibat dari umurnya yang bertambah, sehingga pola tidurnya itu menjadi berubah, menjadi susah tidur. Salah satu penyebab mutlak dari susah tidur atau Penyakit Insomnia adalah bertambahnya umur pada lansia.

Cara Mengatasi Insomnia.

Cara mengobati Insomnia salah satunya adalah tidak meminum alkohol, dengan cara ini bisa kalian lakukan agar mendapatkan tidur yang sehat dan berkualitas. Sebaiknya juga kalian jangan tidur dalam keadaan lapar, kalau lapar tidak akan merasa nyaman, dan mengalami gangguan tidur. Jika tidur itu nyenyak maka bangun paginya akan merasakan segar dan suasananya nyaman.

Cara mengatasinya juga bisa dengan mandi air hangat dan di campuri dengan lavender agar bau lavender itu membuat kita merasa rilex, dan nyaman, sehingga kita bisa tidur dengan rilex dan nyaman. Lakukan juga teknik pernapasan itu juga bisa membantu anda mendapatkan tidur sehat.

Jangan lupa juga perhatikan kebersihan tubuh sebelum tidur, seperti : cuci muka, cuci tangan, cuci kaki, dsb. Agar kita merasakan nyaman dan bisa tidur yang nyenyak. Usahakan menetapkan jadwal tidur dan bangun, biasakan bangun dan tidur pada jam itu jangan sampai melebihi jam itu agar pola tidur kembali normal lagi.

Hentikan kebiasaan minum cola, kopi, teh dan minuman yang lain yang mengandung kafein di dalamnya, terutama sebelum tidur! Itu akan membuat kita susah tidur. Cobalah saat akan pergi tidur mengatur cahaya lampu menjadi remang-remang, itu membuat otak merangsang untuk memproduksi melatonin, yang membimbing mata bisa terpejam dan akhirnya tidur.

Meski kalian susah tidur jangan sampai kalian meminum obat tidur, apalagi tanpa anjuran dokter, itu akan membuat insomnia resistan. Obat tidur itu hanya sebagai pereda sementara, tapi jika masanya sudah habis ya akan kembali insomnia lagi.

Coba lakukan hal tersebut di atas, jika kalian mengalami Penyakit Insomnia. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Seseorang yang bercita-cita menjadi pengusaha yang sukses dunia akhirat dan ingin membanggakan orang tua. Ingat! Bermimpilah setinggi langit dan jangan lupa pijakkan kakimu di bumi.

Leave a Reply