mengatasi maag agar tidak kambuh lagi
mengatasi maag agar tidak kambuh lagi

Cara Mencegah Sakit Maag Agar Tidak Kambuh Lagi

Posted on

Sakit maag merupakan sebuah penyakit yang cukup banyak diderita oleh orang-orang mulai dari anak kecil, orang dewasa, hingga orang tua.

 TIPS AGAR SAKIT MAAG TIDAK KAMBUH LAGI

  1. Minum air putih yang cukup

Meminum air putih yang cukup memang sangat menyehatkan tubuh, selain dapat menetralkan racun yang didalam tubuh. Air putih juga dapat meredahkan sakit maag, hal ini karena racun dan bakteri pada lambung akan terbuang bersama air seni yang kita keluarkan.

  1. Makan teratur dengan porsi yang cukup

Salah satu yang menjadi penyebab utama maag kambuh adalah karena penderita tidak makan secara teratur. Dengan pola makan teratur sakit maag tidak mudah untuk kambuh lagi. Hindari menunda jam makan dan sebaiknya makanlah dengan porsi yang cukup yang artinya makan tidak terlalu banyak dan tidak juga terlalu sedikit . Dengan hal ini penyakit maag dapat dicegah.

  1. Konsumsi makanan yang mudah dicerna

Tips selanjutnya agar sakit maag tidak kambuh lagi yakni dengan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna.

  1. Hindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung

Ada beberapa makanan dan minuman yang dilarang untuk penyakit seperti kopi, keju, dan cokelat. Selain dapat membuat sakit maag kambuh lagi, makanan tersebut juga dapat meningkatkan asam lambung.

  1. Istirahat yang cukup

Selain dapat menyehatkan tubuh, istirahat yang cukup juga dapat mencegah sakit maag kambuh kembali. Dianjurkan 8 jam waktu istirahat . Dengan cara ini tentunya kondisi anda akan semakin membaik.

Akan tetapi perlu anda ingat bahwa sakit maag ini tidak bisa sembuh total, oleh karena itu perlu ada pencegahan yang harus dilakukan agar sakit maag ini tidak kambuh lagi. Pencegahannya tersebut minum obat seperti Antasida, Pompa Proton, Agen Cytoprotektif.

Penyebab

Penyebabnya karena penderita makan secara tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stres.

GEJALA

  • Sakit saat buang air besar
  • Mual dan muntah
  • Sering merasa lapar
  • Perut kembung
  • Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada
  • Sering bersandawa
Gravatar Image
Saya adalah gadis desa yang berkaca mata yang sedang mencari ilmu untuk menjadi pengusaha sukses dan ingin bisa menjadi kebanggaan orang tua.

Leave a Reply