Pengenalan Tentang Sawah

Posted on

Sawah adalah lahan untuk menanam padi disaat musim padi, tidak hanya padi yang di tanam di sawah misalnya seperti jagung, kacang tanah, bawang merah, bawang putih dll. Sawah baik untuk kehidupan manusia maupun lingkungan. Lahan sawah selain penghasil bahan pangan, juga merupakan salah satu sumber pendapatan, tempat bekerja, berkreasi, mencari ilmu dll.Lahan sawah berfungsi sebagai tempat hidup tanaman, tumbuhan, tempat berkembang biak berbagai organisme hidup seperti cacing, kodok, serangga, burung, belut, ular, dan organisme lainnya, berperan dalam mencegah banjir, erosi, maupun tanah longsor. Meskipun demikian juga jika lahan sawah tidak di jaga dengan baik akan menjadi dampak negatif bagi manusia dan lingkungan, seperti pencemaran air, tanah, dan udara akibat penggunaan bahan kimia dan mekanisme pertanian.

     Lahan sawahn merupakan salah satu ciri kehidupan masyarakat yang umum dijumpai di beberapa negara yang sebagian besar penduduknya mengkonsumsi beras sebagai makanan pokoknya, seperti asia tengara, asia selatan, dan asia timur. Lahan sawah merupakan ciri kehidupan masyarat tradisional sejak zaman purba. Kegiatan lahan sawah dengan tanaman pokok padi  ini mulai di kembangkan di kawasan asia lainnya, termasuk di indonesia, karena asia merasa beras sangat cocok  sebagai makanan pokok, perkembangan lahan sawah sangat berkembang pesat di negara – negara asia.

lahan sawah biasanya di cirikan oleh adanya pematang yang mengelilinginya dengan maksud unuk membatasi antara lahan sawah satu dengan lahan sawah lainnya. Di samping itu, pematang juga bertujuan mencegah keluar masuknya air secara berlebihan sehingga kondisi air dapat di ukur sesuai dengan kebutuhan.

     Dan ciri pada musim hujan seperti tanaman palawija: kacang – kacangan, jagung, dan umbi umbian, bukan hanya itu juga masih ada tanaman yang lain seperti sayuran: kacang panjang, sawi, lombok, dan bawang merah. Maupun buah buahan seperti :melon, pepeaya, semangka, dan masi banyak lagi tanaman lain yang masih bisa di tanam di lahan sawah.

Keberadaan sawah memiliki banyak fungsi baik untuk kehidupan manusia maupun lingkungan.

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan menjadi orang yang sukses dunia akhirat. Hidup itu seperti bersepeda, walaupun banyak rintangan membentang kamu harus terus mengayuhnya untuk menjaga keseimbangan..

Leave a Reply