Biografi Dan Prestasi Albert Einstein

Posted on

lEinstein seorang yang berambut putih,dengan kumis yang lebat di wajahnya,dan jenius adalah seorang fisikawan amerika yang telah merubah dunia fisika,karena sebuah teori relativitasnya ia menjadi sangat amat terkenal di dunia,bahkan ia mengalahkan keterkenalannya para ilmuan yang sudah tercatat dalam sejarah. Wajahnya yang tampan itu yang paling terkenal di dunia.

Albert Einstein lahir pada 14 Maret 1879 di Ulm, kerajaan wurttemberg, kerajaan jerman. Ayahnya bernama Hermann Einstein adalah seorang yang berprofesi sebagai  pedagang rajang bulu, yang kemudian  menjalani pekerjaan Elektrokimia, dan ibunya bernama Pauline. Mereka menikah di Stuttgart-Bad Cannstat, keluarga mereka keturunan yahudi, Einstein di sekolahkan di sekolah katholik dan atas keingina ibunya dia diberi pelajaran Biola.

Diwaktu kecilnya Einstein dikenal sebagai pelajar yang lambat,dikarnakan kemampuan berbicaranya amat lambat. Sifatnya pendiam dan suka bermain seorang diri. Bulan November 1981 lahirlah seorang adik permpuan yang diberi nama Maja, sampai umur tujuh tahun Albert Einstein masih suka marah, dan melempari barang, term asuk kepada adik perempuannya.

Einstein mulai belajar Matematika pada saat umur dua belas tahun, kedua pamannya membantu perkembangannya dalam ketertarikannya dengan memberikan saran dan buku Sains dan Matematika. Pada tahun 1894,karena kegagalan bisnis Elektrokimia ayahnya, keluarga Einstein pindah dari Muenchen menuju pavia, Italia(dekat dengan kota Milan). Tetapi Einstein tetap tinggal karna ia harus menyelesaikan sekolahnya satu semester lagi sebelum bergabung dengan keluarganya di Pavia.

Einstein adalah alumni dari Eidgenossische Technische Hochschule(institut Teknologi Swiss Federal,di Zurich).pada 1898, Einstein jatuh cinta terhadap wanita teman sekelasnya yang bernama Mileva Maric, dan dia adalah seorang Serbia. Einstein pernah melepas kewarganegaraan Wurtttemberg, hingga menadi tidak kewarganegaraan. Pada tahun 1900, ia diberikan izin untuk mengajar di Eidgenossische Technische Hochschule, dan di terqima sebagai warga Negara Swiss pada 1901, selama disana Einstein mendiskusikan ilmu yang ia miliki(Sains) kepada teman-temannya, termasuk Mileva. Pada tanggal 6 Januari 1903, Einstein menikahi Meliva. Pada 14 Mei 1904, mereka melahirkan seorang anak bernama Hans Albert Einstein.

Pada saat kelulusan Einstein tidak dapat menemukan pekerjaan mengajar, kemudian ayah dari seorang teman sekelasnya membantu menolong Einstein mendapatkan pekerjaan sebagai seorang asisten teknik pemeriksa dikantor Paten Swiss pada 1902. Einsteinpun menilai aplikasi yang ada disana, terkadang ia membenarkan desain, dan mengevaluasi hasil kerja mereka. Pada 1904 posisi Einstein tetap, dan dia mendapat gelar Doktor setelah menyampaikan thesis “Eine neue Bestimmung der Molekuldimensionen”(“On a new determination of molecular dimensions”) pada 1905 dari Universitas Zurich.

Pada tahun 1905 Albert Einstein mencetak banyak prestasi, adapun prestasi tersebut adalah:

  1. Bulan Maret ia mendapatkan hadiah Nobel pada 1922, dengan menuliskan sebuah tulisan tentang aplikasi ekipartisi pada peristiwa radiasi.
  2. Bulan April ia mendapatkan gelar PhD-nya dari Universitas Zurich
  3. Bulan Mei menuliskan tentang gerak Brown
  4. Bulan Juni  menuliskan tentang relativitas khusus
  5. Bulan September melanjutkan tulisannya tentang relativitas, sampai menyimpulkan rumus terkenalnya yaitu E=mc2.

Tahun 1909 Albert Einstein diangkat sebagai profesor di Universitas Zurich, tahun 1915 ia menyelesaikan kedua teori relativitasnya. Pada tahun 1933 Einstein beserta keluarganya pindah ke Amerika Serikat dikarnakan khawatir dengan kegiatan ilmiahnya maupun sebagai seorang pengajar ataupun seorang peneliti. Tahun 1941 ia mengucapkan janji bahwa ia sebagai warga negara Amerika Serikat.

Pada 17 April 1995 ia menderita penyakit pendarahan Internal dan ia menolak untuk di oprasi dikarnakan ia sedang mempersiapkan dirinya untuk tampil di sebuah chanel televisi dalam rangka memperingati hari kemerdekaan negara Israel yang ke7, tapi ia meninggal setelah mempersiapkan pidatonya tersebut.Einstein meninggal di RS Princeton, diwaktu pagi hari 17 April 1995 dengan usia 76 tahun.

dari biografi seorang Albert Einstein Kita bisa mengambil hikmah bahwa kegagalan atau kekurangan bukanlah akhir dari segalanya, tapi ketika kita mempunyai tekad atau keinginan yang besar maka kita akan mudah menggapai semua cita-cita kita.

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply