Tips Menghadapi Ujian Nasional

Posted on

Selamat pagi semua, khususnya bagi kalian yang sedang bingung hendak menghadapi ujian nasional, disini kami akan memberikan bebrapa tips pengalaman kami menghadapi ujian nasional.

1. Belajar dengan giat

 

Jika kalian hendak menghadapi ujian pasti kalian akan belajar bukan? Nah, yang kalian pelajari itu yang pasti mengenai pelajaran yang akan diujikan. Karena ujian nasional untuk kalangan SMP itu hanya terdiri dari 4 mapel (Matematika,Ipa,Bahasa Indonesia,dan Bahasa Inggris). Dan kalian bisa belajar di waktu longgar kalian atau disela-sela kegiatan kalian.Yang terpenting jangan terlalu sering belajar karena itu akan membuat kalian stress. Kalian juga bisa belajar dari soal-soal yang di berikan oleh guru kalian. Dan juga belajar saat waktu pagi,itu adalah waktu dimana keadaan kita masih segar,sambil di temani segelas susu dan roti buatan ibu kalian.

2. Berdoa

Jangan lupa berdoa dan minta doa kedua orang tua kalian. Meskipun saat memasuki ruang ujian guru akan memimpin kita untuk doa bersama, usahakan kalian berdoa lagi agar lebih yakin.

3. Tenang dan fokus

Saat guru kalian sudah mulai membagikan soal ujian berdoalah agar kalian mendapat soal yang mudah.Jangan kaget dengan soal yang kalian dapat, cobalah untuk bersikap tenang. Karena jika kalian tenang peredarahan darah menuju ke otak akan lancar(kata guru saya). Mencoba untuk tetap tenang meski teman kalian memanggil kalian atau hendak meminjam sesuatu dari kalian abaikanlah karena kalian harus tenang. Dan cobalah agar tetap fokus dengan soal kalian.

4. Jangan takut dengan guru yang bertugas mengawasi Ujian Nasional

Meskipun kalian sudah bisa fokus dan tenang mungkin kalian mengalami masalah dengan guru pengawas,mungkin kalian takut dengan guru pengawas kalian. Cobalah untuk menghiraukannya, anggap saja guru itu tidak ada atau jangan menatap wajahnya.

5. Kerjakan soal mulai dari nomor satu

Cobalah untuk mngerjakan soal urut mulai dari nomor satu, jika kalian tidak mampu mengerjakannya coba kerjakan soal berikutnya. Setelah sampai pada soal terakhir, ulangi kembali dar nomor satu dan mulailah mengerjakan soal yang rumit. Itu akan membuat kalian fokus pada soal-soal yang rumit saja.

6. Koreksi kembali jawaban kalian

Jangan lupa mengkoreksi jawaban kalian kembali, karena terkadang kita melewatkan beberapa soal yang sulit hingga waktu ujia berakhir soal tersebut belum kita kerjakan.

7. Selesai mengerjakan kumpulkan jawaban kalian dan jangan lupa berdoa kembali.

Mungkin cukup itu semoga membantu kalian dalam menghaapi ujian nantinya.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply