Cara Menangani Orang Pingsan
Cara Menangani Orang Pingsan

7 Cara Menangani Orang Pingsan Mendadak

Posted on

Pingsan merupakan kondisi secara tiba-tiba kehilangan kesadaran dan mungkin dapat terjadi pada orang-orang disekitar anda dan bahkan di tempat tertentu.hal ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.dan ketika terjadi.Pertama – tama jangan panik terlebih dahulu,berikut inilah cara menangani orang pingsan mendadak.

1. Mencegah Korban Terbentur

Jika anda sangat dekat dengan orang yang mulai kehilangan kesadaran. dan anda dapat mengetahui bahwa ia akan pingsan . Mereka tidak bisa melindungi diri. Maka breaksilah dengan cepat melindunginya. Caranya adalah menangkap tubuhnya sebelum terjatuh di lantai atau tanah dan begitulah cara yang benar. Anda dapat menghindarkan orang tersebut cedera.

2. Mencari Bantuan Medis

Bila anda tahu nomor medis yang bisa anda hubungi.Jangan panik dan ragu langsung hubungi medis terdekat agar pertolongan medis segera datang ke lokasi untuk menyelamatkan korban.Karena akan lebih aman jika ahli medis secepatnya dengan cara yang benar.

3. Mengecek Respon Korban

Hal yang perlu dilakukan setelah korban siuman adalah mengecek korban apakah ia merespon atau tidak sadar .Caranya adalah dengan sejumlah pertanyaan dan menanyakan namanya. dan tepuklah pundaknya beberapakali sebab biasanya mereka bisa langsung sadar setelah beberapa saat.

4. Memercikan Air

Bila anda membawa botol sebuah botol dan masih ada airnya. segera percikan air kepada korban untuk menyadarkan si korban . Korban yang pingsan setelah di percikan dengan air biasanya akan langsung sadar.

5. Memberikan Bau-bauan Bawang Putih

Jika air tidak manjur.Bila di sekitar anda ada bawang putih atau bawang merah.Pakailah bumbu dapur tersebut untuk menyadarkan korban tersebut.cara ini layak untuk dicoba karena sesungguhnya bawang putih dan bawang merah memiliki bau menyegat.

6. Menopang Tubuh Korban

Ketika si koran mulai kehilangan kesadaran . Cobalah untuk menopang tubuhnya sebelum si korban benar-benar kehilangan kesadarannya karena pingsan adalah tahap akhir yang dialami ketika mengalami kehilangan kesadaran.setelah menopangnya .Lletakkan tubuhnya di baringkan di bawah atau di manapun secara pelan – pelan.

7. Meletakkan Tubuh Korban ke Permukaan Datar.

Entah itu di sofa atau kasur. Pastikan ketika si korban pingsan atau kehilangan kesadaran. Anda menopangnya dan kemudian meletakkannya selama sekitar 15m- 20m. tunggulah sampai darah mengalir ke otak/

Gravatar Image
Saya adalah anak yang sangat ingin jadi anak yang sukses dunia aman dan tenang dan akhirot masuk surga firdaus nggak masuk neraka ! Dan saya juga akan jadi anak yang bisa membanggakan kedua orang tua!!! Aminnn...(^-^)

Leave a Reply