Cara Menginstal Dual Sistem Operasi Windows

Posted on

Kebanyakan orang itu bertanya-tanya tentang computer yang memiliki dual OS, bagaimana sih bisa seperti itu? Simak baik baik ya artikel saya di bawah ini. Tapi sebelum instalasi computer ataupun laptop menggunakan dual system operasi, alangkah baiknya kalian mempartisi hardisk kalian menjadi 4 aprtisi. Dikarenakan computer yang menggunakan dual system operasi itu memerlukan beberapa drive untuk instalasinya.

Ada beberapa hal yang perlu untuk kalian pahami yaitu:

Kalian harus memiliki computer atau laptop yang memiliki spesifikasi yang memenuhi syarat bisa instalasi windows dengan versi terbaru dan juga bisa untuk menginstal dual OS. Mungkin kalian bisa mengerti dengan point nomor satu ini bukan?

Kalian harus membagi hardisk itu menjadi beberapa partisi seperti apa yang sudah saya terangkan di atas. Biasanya tuh OS utama itu sudah terinstal di drive C. maka kalian bisa menginsta OS yang ke dua di drive D. serta kalian harus sesuai dalam membagi ketentuan space minimum untuk hardisk instalasi itu. Misalnya drive C 100 GB maka drive D juga 100 GB.

Jenis file system itu harus sama untuk ke 2 drive kalian (NTFS).

Secara umum. Jika kalian ingin memasang dual OS kalian harus menginstal system yang ke dua itu lebih rendah di bandingkan system yang pertama

Itulah beberapa hal penting yang perlu kalian ketahui nah selanjutnya kita menuju ke langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Instalasi Dual OS Windows.

Masukan data OS yang ingin di install menggunakan FD atau CD

Masuk Ke BIOS setup, dengan cara menekan tombol delete atau F2 itu tergantung motherboardnya masing-masing saat PCnya mulai menyala atau restart.

Atur setting first bootnya itu mau menggunakan CD room atau FD, lalu save settingan.

Exet dan restart computer, selanjutnya itu PC akan booting dengan media yang kita gunakan tadi, dan jika muncul tombol press any key booting from CD kalian langsung saja menekan tombol sembarang pada keyboard.

Pilih drive instalasi windows menggunakan drive C

Selanjutnya silahkan kalian mengikuti proses instalasi hingga selesai seperti halnya prosdur windows yang kalian gunakan.

Pastikan instalasi windows bejalan dengan lancar dan selesai agar siap menuju tahap selanjutnya.

Menginstal windows yang ke 2 Pada drive D

Masukkan media yang berisi data instalasi entah itu FD ataupun CD.

Kemudian masuk ke BIOS setup, lakukan sperti langkah yang di atas tadi

Pilih drive instalasi windows di drive D

Silahkan ikuti proses instalasi sampai selesai dan sukses di install.

Nah setelah berhasil menginstal 2 operasi system maka akan muncul dua piihan versi yang mana itu akan kalian gunakan. Pilihan itu akan muncul di saat computer booting atau dinyalakan.

Demikianlah artikel mengenai cara menginsta dual system operasi windows yang bisa saya bagikan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang penuh akan keingintahuan dan ingin mencobanya. walaupun aku belum bisa melakukannya, maka aku tidak akan pernah menyerah untuk selalu mencobanya sampai berhasil. jika kalian tertarik ingin berbagi pengalaman/ilmu denganku silahkan berhubungan dengan saya... :)

Leave a Reply