shodaqoh
Lebih Baik Tangan Diatas Daripada Dibawah

Manfaat Bershodaqoh Bagi Kehidupan

Posted on

Sedekah atau yang sering dikatakan oleh orang islam shodaqoh adalah hal yang sangat terpuji karena tangan yang berada di atas itu lebih baik daripada tangan yang berada di bawah. Dan kalimat inilah yang akan selalu menyerukan kita umat islam untuk tidak lupa bershodaqoh dan jika kita memberikan sedikit harta kita itu juga tidak akan mengurangi seluruh harta yang kita punya karena Allah SWT senantiasa akan mengganti dengan yang lebih baik dan tentunya akan ditambah juga. Perintah shodaqoh dalam islam bukan dari ulama’ saja melainkan langsung dari Allah SWT yang memerintahkannya melalui firmannya di Al Qur’an surat An Nissa’ ayat 114. Yang kesimpulan dari ayat tersebut adalah

“Tak kan ada kebaikan yang pada umumnya adalah bisikan-bisikan mereka yang senantiasa menyuruh umat manusia untuk bersedekah ataupun berbuat kebaikan demi membentuk perdamaian diantara manusia. Lalu barangsiapa yang berbuat kebaikan ini hanya karena mencari keridhaan Allah SWT, maka Allah akan memberikan pahala yang besar bagi orang yang melaksanakan tersebut”

sedekah
Investasi Akhirot Yaitu Shodaqoh

Adapun shodaqoh sendiri juga sering diingatkan dimana-mana terutama ketika kita sedang berada dalam suatu pengajian yang mana sang penyampai tidak lupa selalu mengingatkan untuk selalu bershodaqoh, selain kita mendapatkan pahala, ada beberapa manfaat shodaqoh yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

1. Memperkuat Keimanan Seseorang

Dengan adanya kita rajin bershodaqoh kita juga akan lebih dekat pada Tuhan Yang Maha Esa. Dan bershodaqoh dalam agama islam termasuk perintah untuk umat islam yang mana jika seseorang itu mengerjakan maka akan mendapatkan pahala namun jika orang itu tidak mengerjakannya maka dia akan dijadikan orang yang fakir meskipun sebenarnya tidak mendapatkan dosa karena shodaqoh itu datang dari hati yang ikhlas jika seseorang bershodaqoh tidak dengan hati yang ikhlas maka semuanya akan percuma. Dengan adanya bershodaqoh inilah keimanan yang ada pada diri akan lebih meningkat dan terpupuk, sehingga menjadikan hati lebih tenang.

2. Meningkatkan Rasa Empati Sosial

Ketika kita memberikan apa yang kita punya seperti sebagian harta kita kepada orang yang lebih membutuhkan, hal ini lebh tepatnya disebut sebagai konsep dari sedekah atau shodaqoh. Syarat yang ada untuk sedekah ini harus ada yang memberi dan harus ada yang diberi. Dan seseorang yang memberi ini akan melatihnya untuk berempati kepada seseorang yang perlu bantuan.

3. Menambah Rasa Syukur Kepada Tuhan

Dengan kita serin sedekah kepada seseorang yang lebih membutuhkan ini akan selalu mengingatkan kita bahwa apa yang kita dapat hari ini itu berasal dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita akan berfikir bagaimana kita bisa membalasnya. Langkah yang paling baik dan simpel adalah dengan kita membaginya kepada rekan kita atau yang biasa orang sebut adalah’joinan’. Karena itulah hal ini disebut sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang mana telah memberikan kenikmatan.

4. Melatih Berfikir Positif

Jika orang yang bersedekah ini memiliki hati yang ikhlas dan tidak mudah mengungkit-ungkit apa yang sudah diberi maka sebenarnya dia itu dijauhkan dari kekhawatiran terhadap sesamanya. Dan membuatnya selalu berfikir positif bahwa apa yang sudah ia beri itu akan kembali dengan cara yang telah Tuhan siapkan. Sehingga ketika dia memberikannya tidak ada deikitpun rasa sayang atau istilah jawanya itu ‘eman’.

5. Dihindarkan Dari Sifat Kikir

Salah sifat buruk yang sering dimiliki oleh manusia adalah kikir, akan tetapi kita bisa terhindar dari sifat itu jika kita rajin bersedekah dan kita sebagai umat islam yang memiliki Tuhan yang adil tidak selayaknya untuk bersikap sombong . Dan semua yang kita punya di dunia ini itu berasal dari Tuhan dan sebab itulah kita harus bersedekah agar terhindar dari sifat kikir.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply