masker buah
Beberapa Macam Masker Buah

Cara Membuat Beberapa Macam Masker Wajah dari Buah

Posted on

Wajah adalah aset yang sangat penting apalagi bagi kaum hawa. Wajah yang sehat, cerah, dan bersih adalah dambaan bagi setiapperempuan. Tidak heran saat ini para perempuan berlomba-lomba untuk merawat wajah mereka agar terlihat lebih bersih dan putih, baik dengan cara tradisional maupun dengan cara modern/perawatan salon. Bagi anda yang menginginkan perawatan wajah dengan bahan-bahan alami atau tradisional, di bawah ini saya akan menjelaskan cara membuat macam-macam masker wajah dari buah yang bisa anda coba di rumah:

1.Masker Pisang

masker pisang
Contoh Masker Pisang

Caranya: haluskan beberapa buah pisang sampai lembek atau sampai menjadi pasta. Setelah selesai, campur pasta pisang tersebut dengan 4/5 sendok makan madu. Aplikasikan ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya dan tunggu sampai kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit, bilas wajah dengan air hangat lalu disusul dengan air dingin. Buah pisang mengandung vitamin A, B, dan vitamin E. Beberapa kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

2.Masker Pepaya

masker pepaya
Contoh Masker Pepaya

Carannya sangat mudah yaitu siapkan 1 buah papaya yang segar dan matang, lumatkan sampai halus. Setelah itu oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan, tunngu kurang lebih selama 20 sampai 30 menit. Setelah masker terasa kering, bilas wajah menggunakan air dingin. Kandungan dalam buah pepaya sangat baik bagi kulit karna dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari, menghilangkan noda hitam wajah, dan mencerahkan kulit wajah.

3.Masker Buah Alpukat

masker alpukat
Contoh Maker Alpukat

Cara membuat masker alpukat sangat mudah yaitu hancurkan daging buah alpukat sampai lembek dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan, tunggu masker sampai kering kurang lebih 30 menit. Setelah selesai, bilas wajah dengan air hangat. Masker buah alpukat cocok untuk kulit kering, karna banyak mengandung vitamin E yang berfungsi untuk melembabkan wajah.

4.Masker Mentimun

masker mentimun
Contoh Masker Mentimun

Cuci bersih mentimun yang segar lalu potong bulat-bulat dan masukkan ke dalam lemari es selama 10 menit. Keluarkan mentimun dari kulkas dan tempelkan ke wajah secara meratadan tunggu selama kurang lebih 30 menit. Mentimun dapat menyegarkan kulit dan mengatasi kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari. Mentimun juga dapat digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata.

5.Masker Bengkoang

masker bengkoang
Contoh Masker Bengkoang

Pertama pilihlah bengkoang yang masih bagus, kupas dan cuci bengkoang sampai bersih. Setelah itu parutlah bengkoang dan saring sampai yang tersisa hanya airnya saja. Diamkan air bengkoang tadi selama kurang lebih 1 jam, jangan lupa tutup wadahnya dengan kain. Setelah satu jam, buang air bengkoang dan ambil endapannya saja lalu oleskan ke wajah dan leher  yang sudah dibersihkan sebelumnya. Tunggu sampai masker bengkoang benar-benar kering. Setelah kering, bilas wajah dengan air panas lalu disusul dengan air dingin. Bengkoang dapat memutihkan, menghaluskan, dan menutup pori-pori wajah. Untuk hasil yang optimal, gunakan masker bengkoang paling tidak dua kali seminggu.

6.Masker Lemon dan Putih Telur

masker lemon putih telur dan madu
Masker Lemon Dan Putih Telur

Pertama, siapkan 1 buah lemon dan 1 butir telur ayam kampung. Belah dan peras buah lemon sampai terkumpul air yang cukup, campurkan air lemon dengan putih telur ayam kampung. Sebelum dioleskan ke wajah, bilas wajah dengan air hangat agar pori-pori kulit terbuka. Tunggu masker lemon ini menempel di wajah anda selama 1 jam. Setelah 1 jam, bersihkan wajah menggunakan air dingin agar pori-pori kulit tertutup lagi. Masker lemon dan putih telur ini ampuh untuk menghilangkan flek hitam di wajah dan meregenerasi sel-sel kulit mati.

Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil!

Incoming search terms:

  • jika masker pisang tersisa di masukan kulkas
Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply