Menguak Asal Mula Munculnya Suku Jawa Di Indonesia.

Posted on

Suku Jawa merupakan salah satu suku mayoritas orang atau masyarakat yang ada di Indonesia. taukah kamu bahwa suku Jawa ini sudah tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia dan total populasi mayarakat jawa yang berada di Indonesia ini sudah mencapai sekitar 120 juta jiwa atau kurang lebih sekitar 45% dari populasi manusia yang ada di negara kita ini. bahkan meskipun rata-rata orang dari suku Jawa ini mayoritasnya tinggal di pulau Jawa atau di sekitaran Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Namun, sampai saat ini orang dari suku Jawa ini tidak hanya tinggal di pulau Jawa saja. Bahkan ada juga beberapa orang dari suku Jawa ini yang tinggal di beberapa pelosok negara dan bahkan di luar pulau Jawa sekalipun. Hal ini terjadi disebabkan karena adanya program transmigrasi dari pemerintah setempat yang dilakukan pada masa pemerintahan Orde Baru atau yang terjadi sekitar 4 dasawarsa silam.

Dan apakah kalian mengetahui bagaimanakah asal usul dari suku Jawa ini bisa sampai ke Indonesia atau bisa sampai menjadi mayoritas suku yang ada di Indonesia? bahkan beberapa orang dari Suku Jawa ini sekalipun, mereka rata-rata sama tidak mengetahui bagaimana asal usulnya orang jawa ini bisa menetap di sebuah pulau yang disebut pulau Jawa ini. Apakah merek merupakan orang pribumi atau penduduk asli yang memang sudah dari asalnya menetap di sebuah pulau yang bernama Jawa ini? Ataukah mereka aslinya merupakan penduduk dari belahan bumi yang lain dan hanya datang sebagi pendatang? Maka dari itu untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa uraian yang berikut ini.

Menurut Arkeolog.

Teori mengenai asal usul dari suku Jawa ini pertama kali ditemukan oleh para arkeolog. Mereka sama meyakini bahwa nenek moyang dari suku Jawa ini memanglah penduduk asli yang mendiami pulau jawa ini sejak satu juta tahun yang lalu. Kemudian pendapat inipun dibenarkan serta telah dibukikan dengan adanya penemuan fosil seperti Homo Sapiens yang diperkirakan sebagai manusia purba yang sekaligus menjadi nenek moyang dari suku Jawa ini. dan setelah dilakukan beberapa tes , DNA dari pada manusia purba inipun ternyata tidak jauh berbeda dengan manusia dari suku Jawa ini sendiri.

Menurut Sejarawan.

Teori yang diyakini oleh para sejarawan justru malah sangat berbedan dan terbalik dari teori yang diyakini oleh Arkeolog. Mereka malah justru meyakini bahwa asal usul dari suku Jawa ini aslinya berasal dari orang Yunan. Yang kemudian China yang ada pada masa lampu mereka sama melakukan pengembaraan ke seluruh wilayah Indonesia ini.

Menurut yang Ada Pada Tulisan Kuno India.

Dan kalau menurut dari tulisan kuno yang berasal dari India sama menyebutkan bahwa bebrapa pulau yang ada di Nusantara yang termasuk juda dari Nusa Kendang (sebutan pulau Jwa pada zaman dahulu) sebenarnya dalah daratan yang saling menyatu dengan daratan Asia dan Australia. Yang kemudian pulau Jwa dan beberapa pulau yang lain ini terpisah yang disebabkan oleh meningginay permukaan air laut yang berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Nah, itulah sebab kemunculan dari suku Jawa ini.

Menurut Dari Surat Kuno Keraton Malang.

Suku Jawa Di Keraton Malang
Suku Jawa Di Keraton Malang

Dan sedangkan untuk yang terakhir kalau menurut surat kono yang berasal dari keraton Malang sendiri di dalamnya  menyebutkan bahwa suku Jawa ini dimulai dari raja Rum (raja dari Kekaisaran Turki) yang pada masa 450 tahun sebelum masehi silam mengutus para rakyatnya untuk membuka lahan untuk kekasaannya di beberapa pulau yang tak berpenghuni.

Yang kemudian para rakyat inipun dikirim yang terbagi atas beberapa gelombang yang akhirnya mereka sangat senang karena menemukan sebuah pulau yang memiliki tanah yang sangat subur. Sehingga mereka akan dengan mudah menemukan berbagai macam bahan pangan yang ada. Dan yang paling membuat mereka senang adalah mereka menemukan sebuah tanaman yang merekan sendiri menyebutnya dengan nama tanaman Jawi. Yang akhirnya oleh orang-orang yang beru datang ke tempat ini sama menamai pulai ini dengan sebutan Pulau Jawi.

Nah, itulah tadi bebrapa teori yang menyebutkan dari manakah asal usul dari suku Jawa ini bisa sampai ke Indonesia. entah yang manakah teori yang lebih diyakini dalam istiadat orang Jawa ini sayapun juga tidak tau pastinya. Yang jelas kenyataannya bahwa suku Jawa saat ini telah menjadi suatu suku mayoritas orang Indonesia. Cukup sekian informasi yang dapat saya bagikan mengenai suku Jawa ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuanmu.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply