Seseorang Sedang Tertidur
Seseorang Sedang Tertidur

Yuk Cari Tahu! Apa Saja yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Tertidur

Posted on

Tidur merupakan suatu hal yang wajib dilakukan bagi manusia, karena tubuh kita membutuhkan istirahat setelah dipakai beraktifitas salama 2/3 waktu dalam sehari. Tidur juga merupakan aktivitas manusia lho!! Yang mana dalam satu hari manusia bisa menghabiskan 1/3 waktu. Dengan tidurlah kita bisa mersakan mimpi, dengan tidurlah bisa membuat badan kita vit kembali, dan lain sebagainya. Tidur dan kesehatan adalah suatu hubungan yang tak pernah terpisahkan. Memang kekurangan tidur itu tidak terlalu mempengaruhi pada penampilan rutinitas sehari – hari akan tetapi dapat memengaruhi fisik bahkan dapat memicu datangnya penyakit, seperti :

  • Obesitas, tidur memiliki peran dalam kemampuan tubuh untuk mengeluarkan neurohormon kerena kesempatan bertambahnya berat badan itu saat jumlah pengeluaran hormon menurun. Jadi jangan hanya menyalahkan cemilan saja ya!
  • Tekanan Darah,secara alami akan terus menurun saat kita sedang tidur. Dan juga bisa membuat aliran darah tidak lncar atau bahkan penyumbatan dan juga bisa mengakibatkan stroke.
  • Diabetes, tidak hanya makan dan minum yang manis – manis, kekurang tidur juga dapat mengakibatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan insulin dapat terganggu sehingga memicu diabetes.

Akan tetapi disini kita tidak akan membahas tentang kekurangan tidur ya! Itu sebagai tambahan ilmu saja, di sini kita akan membahas apa saja yang terjadi didalam tubuh kita ketika sedang tidur?

Seseorang Sedang Tertidur
Seseorang Sedang Tertidur

Berikut ini adalah aktivitas yang terjadi didalam tubuh ketika kita sedang tidur:

  1. Tubuh Beristirahat

Hampir seluruh tubuh melakukan aktivitas secara bersamaan ketika kita sedang bekerja. Oleh karena itu, guna mengoptimalkan kinerja bagian tubuh di setiap harinya, tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat. Hanya jantung dan otak lah bagian tubuh yang tidak mengalami istirahat secara total.

  1. Perbaikan Sel – Sel dan Detoksifikasi

Selain mengistirahatkan bagian tubuh, tidur juga memberi kesempatan dalam memperbaiki sel – sel yang rusak ketika kamu melakukan aktivitas luar dan juga memberikan kesempatan untuk tubuh dalam mengeluarkan racun – racun yang ada di dalam tubuhmu. Oleh karena itu, posisi tidurmu juga dapat mempengaruhi kualitas tidurmu baik atau tidaknya.

  1. Aktivitas Otak Menurun

Ketika tidur, otak akan menurunkan kinerjanya sampai 40 persen sehingga otak dapat beristirahat sebagian. Kita pasti sering bermimpi ketika sedang tidur, kenapa bisa begitu? Karena otak tidak seluruhnya menurunkan kinerjanya, dari situlah kita bisa bermimpi. Akan tetapi medis memberikan fakta bahwa tidak hanya ketika kita sedang tidur, otak pun dapat beristirahat sejenak ketika kita sedang berkedip.

Gravatar Image

Saya adalah pemuda sederhana yang berharap suatu keajaiban datang padaku. Seperti kepompong yang berubah menjadi kupu – kupu yang cantik.

Leave a Reply