Cara Mengatasi Layar Monitor Tidak Ada Tampilan Namun Komputer Hidup

Posted on

Mungkin kebanyakan orang pernah mengalami permasalahan dengan computer yang sudah menyala, akan tetapi monitor tidak menampilkan gambar (layar hitam). Dan kebanyakan dari mereka kebingungan ketika mengalami hal seperti ini.

  1. Sebelum kalian mengoperasikan computer kalian ada baiknya kalian mengecek terlebih dahulu kabel computer ke monitor. Pastikan itu sudah terhubung dengan baik dan juga pastikan monitor sudah menyala dengan baik.
  2. Ok, kita anggap saja monitor dan kabel datanya juga tidak mengalami masalah. Berarti memang hasil diagnosanya menyatakan bahwa ini memang merupakan penyakit dari dalam computer itu sendiri. Dan tentunya dalam menangani ini harus dilakukakn operasi dalam. Penyebab computer tidak menghasilkan gambar di layar yang pertama mungkin di karenakan prosesor yang rusak ataupun terjadinya over heat terhadap prosesor (panas tinggi). Akan tetapi jika prosesor mengalami over heat biasanya computer akan langsung mati dan jarang dia bisa nyala normal, paling tidak jika computer menyala pastinya akan mati lagi itu terjadi secara terus menerus hingga akhirnya computer mati total.
  3. Kalau kita lihat kasus ini bisa juga kita curigakan di memori, bisa saja Karena memori kotor atau juga kita memasangnya kurang pas. Maka solusinya kalian bisa mencabut dahulu memorinya baru coba kalian bersihkan kaki-kakinya menggunakan penghapus ataupun karet kemudian coba pasang lagi. Jika motherboard kalian memiliki lebih dari satu soket memori coba kalian pasang di soket lainya. Coba kalian hidupkan lagi computer kalian. Jika berdasarkan pengalaman yang saya alami cara seperti ini bisa langsung hidup dengan normal kembali.
  4. Kalau dengan cara tadi belum berhasil coba kalian membeli memory yang baru atau meminjam jika itu bisa nyala berarti memang memory kalianlah yang sudah minta untuk di ganti dengan yang baru.
  5. Nah tersangka selanjutnya yaitu VGA atau kartu grafis lah yang bermasalah. Hal ini terjadi juga bila kalian memakai VGA Add on bukan yang onboard. Permasalahannya hamper sama dengan memory, coba kalian melepaskannya dulu baru membersihkannya kemudian cobalah kalian pasang lagi.

Demikianlah sedikit tutorial yang bisa saya bagikan mengenai layar yang tidak mau menampilkan gambar padahal computer kalian sudah menyala semoga ini bisa membantu permasalahan kalian mengenai layar monitor kalian…TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA…

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply