ayo istiqomah
ayo beristiqomah

Apa Sih Istiqomah itu

Posted on

Tahu tidak istiqomah itu apa?belum tahu, nih istiqomah adalah menempuh jalan(agama) yang lurus(benar) dengan tidak berpaling kekiri aataupun kekanan.Istiqomah ini mencakup semua pelaksanan dalam bentuk ketaatan (kepada allah) lahir ataupun batin, dan meninggalkan semua larangan-Nya.

beristiqomahlah
istiqomah

Pendapat ahli tafsir yang dimaksud istiqomah :

1.istiqomah di atas tauhid, sebagaimana yang dikatakan oleh Abu Bakr Ash Shidiq dan Mujaid.

2.Istiqomah dalam ketaatan dan meunaikan kewajibannya kepada Allah, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu’Abbas , Al Hasan dan Qotadah.

3.Istiqomah di atas ikhlas dan beramal hingga maut menjemput, sebagaimana dikatakan oleh Abul’Aliyah dan As Sudi.Dan sebenarya istiqomah bisa mencakup tiga tafsiran tersebut karena semua saling bertentangan.

Jika seseorang yang istiqomah dan teguh di atas tauhid dan ketaatan , maka malaikat pun akan memberi kabar gembira padanya ketika maut menjemput.”Janganlah takut  dan janganlah bersedih”.Maksudnya “Janganlah takut pada akhirat yang akan kalian hadapi dan jangan bersedih dengan dunia dan sanak  yang kalian tinggalkan.Karena malaikat  nanti akan mengurusinya.”

Agar Tetap Istiqomah

Pertama : Memahami Dan Mengamlkan

Seseorang dituntunt untuk bisa beragama dengan baik yaitu mengikuti jalan yang benar.Dengan menempu jaln yang benar (islam), ia akan menyibukan diri untuk memahami dan beramal tentang agama dan memperbaiki aqidahnya.Oleh karena itu, jalan yang dia tempu adalah jalan yang merupakan agama yang selamat dan senantiasa mendapatkan pertolongan dari Allah.

Kedua :Mengkaji Al-Quran Dan Al-Hadist Dengan Menghayati Dan Merenunginya

Allah menciptakan Al-quran dan Al-hadist dapat meneguhkan hati orang-orag yang beriman  dan Al-quran dan Al-hadist adalah satusatunya petunjuk pada jalan yang lurus.cobaa saksikan antara orang-orang yang gemar mengkaji al-quran dan merenungkannya dengan orang yang hanya menyibukkan diri dengan perkataan filosof dan manusia lainnya.Orang yang memahami dan merenungi sisi Al-quran, tentu akan lebih kokoh dan teguh dalam agamanya.Inilah cara yang mesti kita jalani agar kita tetap istiqomah.

Ketiga :Konsekuen Dalam Mejalankan Syari’at Allah

Maksudnya seseorang dituntun untuk konsekuen dalam menjalankan syaria’at agama atau dalam beramal tidak boleh putus ditengah jalan.Karena konsekuen dalam beramal lebih dicintai oleh allah dari pada orang yang beramal yang sesekali saja dilakukannya.

“Ketahuilah bahwa amal yang sedikit namun konsekuen dilakukannya, itu lebih baik dari pada beramal yang banyak namun Cuma sekai saja dilakukan”.Sesuatu yang kita kerjakan dengan niat beribadah, maka sesuatu yang kita kerjakan itu akan mendapat pahala.

Jadi, mari kita beristiqomah dalam hal apaun.

Incoming search terms:

  • bismillah istiqomah
  • istiqomah
Gravatar Image

Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua.

ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply