Ini Nih Cara Merebus Kentang dengan Baik dan Benar!
Ini Nih Cara Merebus Kentang dengan Baik dan Benar!

Ini Nih Cara Merebus Kentang dengan Baik dan Benar!

Posted on

Ciao ladies, siapa sih yang nggak suka kentang? Salah satu bahan makanan pengganti nasi dengan kandungan karbohidrat tinggi ini dapat dinikmati oleh siapa saja, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Kandungan vitamin C, B1,B2, B6, serta asam yang ada di dalamnya sangat diperlukan oleh tubuh serta berkhasiat untuk menormalkan metabolisme tubuh dan membantu mencegah penyakit pada organ hati.

Ini Nih Cara Merebus Kentang dengan Baik dan Benar!
Ini Nih Cara Merebus Kentang dengan Baik dan Benar!

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digemari karna serbaguna atau dapat dijadikan berbagai macam masakan serta memiliki rasa dan tekstur yang cukup lezat. Ada banyak cara untuk memasak kentang, seperti direbus, digoreng, dikukus, dan lain sebagainya (kali ini kami akan membahas mengenai cara merebus kentang). Namun saat ini masih banyak orang yang belum tahu tentang cara atau metode yang benar saat merebus kentang, sehingga terkadang kentang yang mereka rebus tidak memiliki rasa yang enak dan juga tidak memiliki kandungan gizi apapun. Apakah kamu juga salah satunya? Jika iya, pas banget nih! Kali ini Gedubar akan membagikan tips cara merebus kentang dengan baik dan benar, berikut ini tipsnya:

  • Sebelum merebus kentang, pastikan terlebih dahulu kamu memilih kentang dengan kualitas yang baik, tidak terdapat warna hijau pada kulitnya, yang teksturnya keras dan tidak ada tunas di bagian permukaannya.
  • Selain itu, pilihlah kentang yang yang kulitnya tidak mudah terkelupas namun mudah dikuliti atau dikupas, keruk sedikit kulit kentang untuk mengetahui apakah ada sari kentang yang keluar. Jika sari kentang tersebut mudah keluar, maka itu tandanya kentang tersebut memiliki kandungan nitrat yang tinggi dan tidak baik untuk dikonsumsi.
  • Jika anda ingin menyaimpan kentang, simpanlah di tempat yang tidak terjangkau oleh sinar matahari, sebaiknya simpan di dalam kulkas saja.
  • Jika anda sudah mendapatkan kentang dengan kualitas yang baik, cobalah untuk menerapkan beberapa metode berikut saat merebus kentang:

Jangan terlalu lama merendam kentang dalam iair, karna kandungan vitamin dan asamnya akan cepat hilang diserap oleh air. Segeralah masak kentang dengan dikupas terlebih dahulu atau tidak agar kesegaran dan nutrisinya bisa tetap terjaga.

Kentang yang lebih muda sebaiknya tidak dikupas terlebih dahulu sebelum direbus, masak dahulu baru kemudian dikupas kulitnya. Ini dikarenakan kult kentang yang masih muda lebih banyak mengandung vitamin daripada bagian dagingnya.

Merebus Kentang:

  • Merebus kentang dengan ukuran yang jumbo atau besar membutuhkan waktu sekitar 40 menit, sedangkan merebus kentang yang sudah dipotong-potong menjadi 2 atau 4 bagian membutuhkan waktu sekitar 20 menit lamanya. Sedangkan merebus kentang yang dipotong dadu membutuhkan waktu 12 menit.
  • Anda juga harus memilih untuk mengupas kulitnya atau tidak, kentang yang direbus tanpa dikupas memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan dengan yang dikupas terlebih dahulu.
  • Perhatikan jenis kentang anda, jika kentang anda kentang yang sudah tua atau mature maka harus didihkan di dalam air, dan jika kentang baru atau chats harus dimasukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Tahu kan perbedaannya?
  • Tuangkan atau gunakan air yang dapat menutupi seluruh bagian kentang, setelah itu rebus kentang sesuai dengan ukurannya (seperti yang kami jelaskan di atas tadi).
  • Untuk menguji kematangan kentang, carilah bamboo atau tusuk logam yang dapat digunakan untuk menusuk kentang, jika kentang mudah ditusuk tandanya tudah matang. Kemudian segera angkat dan tiriskan kentang, selimuti seluruh bagian kentang menggunakan serbet bersih untuk menyerap kandungan air yang berlebihan.

Sekian ladies cara atau metode merebus kentang yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply