6 Cara Alami Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil!
6 Cara Alami Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil!

6 Cara Alami Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil!

Posted on

Morning sickness adalah suatu kondisi yang sering dialami oleh para wanita yang sedang  hamil apalagi saat trisemester pertama. Walupun terkadang tidak ibu hamil mengalami hal tersebut, namun ada dari beberapa ibu hamil yang mengalaminya dengan bentuk atau kondisi yang lebih parah daripada yang lainnya.

6 Cara Alami Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil!
6 Cara Alami Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil!

Saat mengalami hal ini, para ibu hamil termasuk juga anda pasti merasakan sakit yang sama di setiap hari, seperti mual dan muntah beberapa kali dalam sehari. Tetapi sebenarnya morning sickness bukanlah suatu tanda atau gejala penyakit yang berbahaya, justru sebaliknya, morning sickness merupakan tanda bahwa kehamilan dapat berkembang dengan cara yang sehat. Untuk menghadapi fase tersebut dengan lebih mudah, ada baiknya jika anda mengetahui bagaimana cara alami untuk mengatasi morning sickness yang dibagikan oleh Gedubar berikut ini:

  • Mengoleskan Minyak Essensial

Telah ada banyak kasus yang membuktikan bahwa aromaterapi dapat mengatasi morning sickness dengan efektif. Anda juga dapat mencobanya dengan mengoleskan beberapa tetes minyak essensial seperti lemon, anggur, peppermint, atau aroma lainnya pada titiik nadi anda setelah bangun tidur. Dengan melakukan hal tersebut, anda akan merasa lebih rileks dan nyaman jika mengalami morning sickness.

  • Mimun Air

Tak perlu ditanyakan lagi, pasti tubuh anda akan kehilangan banyak cairan ketika muntah. Saat mengalami morning sickness, minum air yang banyak akan sangat penting bagi tubuh anda. Anda juga dapat mengganti air dengan teh biasa atau teh peppermint untuk memberikan energi dan menghilangkan rasa mual pada tubuh anda. Untuk menjaga kondisi kehamilan anda agar tetap sehat, baca juga: yang harus dihindari bagi ibu hamil.

  • Istirahat

Inilah salah satu hal yang sering diabaikan oleh wanita, yaitu beristirahat. Jika anda sudah merasa lelah saat melakukan suatu pekerjaan, segeralah beristirahat. Karna jika anda terlalu banyak beraktivitas dan kelelahan, kemungkinan besar anda akan mengalami mual dan muntah. Jika anda merasa tidak nyaman saat bangun tidur, ambilah waktu beberapa menit untuk berbaring atau duduk sejenak, setelah itu baru bangun dengan perlahan-lahan.

  • Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang sudah terbukti ampuh untuk mengatasi rasa mual dan sakit perut. Saat mengalami morning sickness, coba hiruplah aroma wedang jahe.

  • Berlatih Kebiasaan Makan Makanan yang Sehat

Saat mengalami morning sickness, anda mungkin tidak berselera saat melihat makanan di hadapan anda. Namun pada kenyataannya perut kosong malah akan menambah parah rasa mual anda. Untuk mengisi perut yang kosong, anda tidak perlu memaksakan diri untuk memakan makanan berat, cukup konsumsi beberapa camilan yang tinggi karbohidrat seperti roti atau buah-buahan.

  • Alihkan Perhatian

Saat mual pasti kita akan memikirkan sesuatu yang akan menambah parah rasa mual kita, oleh sebab itu coba pikirkan atau kerjakanlah hal lain yang dapat mengalihkan perhatian anda dari rasa mual seperti berjalan-jalan, membersihkan rumah, mengisi TTS, berbelanja, membaca buku, dan lain-lain.

Untuk mengetahui informais yang lebih dalam tentang morning sickness yang anda alami, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter.

Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply