Bahayanya Smartphone Buat Buah Hati Anda
Bahayanya Smartphone Buat Buah Hati Anda

Bahayanya Smartphone Buat Buah Hati Anda

Posted on

Sekarang ini ponsel pintar sudah menjamur diseluruh kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak sampai dewasa semua sudah memiliki smartphone. Di setiap penjuru tempat yang ada dan setiap waktu kita banyak melihat orang menggunakan smartphone. Ini merupakan sebuah kemajuan yg tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Dunia seakan-akan berada di genggaman tangan kita. Kita bisa berkomunikasi jarak jauh, saling berkirim pesan, main game, transaksi & belanja online dll karena smartphone berfungsi seperti komputer mini.

Kemanapun kaki melangkah pengguna smartphone selalu menatap layar ponsel seolah-olah tdak ingin terlewatkan hal penting. Namun tahukah kawan, bahwa penggunaan smartphone yg intens (terus menerus atau terlalu sering) bisa membawa dampak yg sangat buruk bagi kesehatan apalagi jika yang memakainya itu merupakan seorang anak kecil maka akan menyebabkan masalah pada pertumbuhannya jika kita tidak bisa mengatur waktu penggunaannya.

Berikut merupakan beberapa bahaya yang diakibatkan smartphone pada buah hati anda :

  1. Kurangnya gerak

Sudah jadi kebiasaan seorang anak untuk terus bergerak sebagai aktivitasnya yang diantara lain seperti lari-larian, melompat, menari dan bermain untuk membatu pertumbuhan fisik dan otak. Namun anak-anak sekarang terlalu nyaman dengan bermain gadget yang sudah pasti hanya duduk diam, dan ini tentu akan memiliki dampak buruk kedepannya bagi si anak.

Jika hal ini terlalu sering terjadi, maka bisa saja anak anda nanti kedepannya akan menderita subuah penyakit. Oleh sebab itu saya sarankan untuk anda dan para orang tua modern sekarang ini agar lebih bisa untuk mengatur jadwal penggunaan smartphone buat buah hati anda dan membawanya untuk melakukan aktivitas seperti bermain bola, berenang, main sepeda, atau kegiatan lain yang membuat mereka banyak bergerak.

  1. Susah tidur

Dampak buruk yang lain pada smartphone adalah bisa bikin susah tidur, ini semua disebabkan karena hampir semua layar pada gadget mengeluarkan blue light yang seperti cahaya pada siang hari. Cahaya ini bisa mengirimkan sinyal salah pada otak buah hati anda dan dapat membingungkan terhadap tubuh manusia. jika pada malam hari anak anda jadi susah tidur, maka saya sarankan untuk mengatur waktu buah hati anda saat menggunakan smartphone dan melakukan kegiatan tanpa gadget dirumah selama 1-3 jam sebelum tidur dan anda dapat menggantinya dengan menceritakan dongeng-dongeng yang bermanfaat bagi buah hati anda.

  1. Gangguan terhadap mata

Terlalu sering menatap layar dapat menyebabkan mata jadi buram, kering dan bahkan jadi sakit kepala. Walaupun belum ada laporan yang mengenai kerusakan mata tersebut. Mka lebih baik saya sarankan untuk mengajarkan anak tentang menjaga jarak pandang dari layar, dan untuk mengatur tingkat terang dan gelapnya, serta suruh anak untuk beristirahat setiap 10 – 20 menit sekali.

  1. Nyeri/Sakit

Kebiasaan terlalu lama bermain smartphone dapat menyebabkan sakit pada beberapa bagian tubuh, seperti pada bahu, leher, punggung, tangan serta jari. Ajarkan buah hati anda untuk sering beristirahat dan posisi mereka yang baik serta untuk melarang posisi gadget yang lebih tinggi dari mata. Hal ini bertujuan untuk mengurangi dampak leher terlalu lama mendongak.

  1. Radiasi

Handphone dan berbagai teknologi nirkabel lainnya dapat mengeluarkan radiasi yang dapat membahayakan pada kesehatan. Buah hati anda yang biasa sering bermain dengan gadget bisa berisiko tinggi karena sering terpapar oleh radiasi tersebut. Padahal, pada saat itu buah hati anda sedang mengalami proses pertumbuhan pada sistem kekebalan tubuh dan otak mereka. Sayang banget kan.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang penuh akan keingintahuan dan ingin mencobanya. walaupun aku belum bisa melakukannya, maka aku tidak akan pernah menyerah untuk selalu mencobanya sampai berhasil. jika kalian tertarik ingin berbagi pengalaman/ilmu denganku silahkan berhubungan dengan saya... :)

Leave a Reply