8 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan Tubuh
8 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 8 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui!

Posted on

Buah cermai merupakan buah yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Ini dikarenakan buah yang memiliki nama latin Phyllanthus Acidos ini tidak tumbuh di sembarangan tempat seperti halnya buah yang lainnya. Buah cermai berbentuk seperti bunga yang padat dengan warna kuning semu hijau da bagian dalam buahnya atau dagingnya berwarna kuning semu putih. Daging buahnya berair serta memiliki rasa yang cukup asam, dan karna rasanya yang asam itulah buah cermai lebih sering dijadikan sebagai manisan asam.

Inilah 8 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui!
Inilah 8 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui!

Daging buah cermai mengandung vitamin C, mineral, kalori, serat kasar, kalsium, zat besi, ribloflavin, karbohidrat, dan fosfor. Sedangkan daunnya mengandung flavonoid, sapoin, polifenol, dan tannin. Dan bagian akarnya mengandung asam galus, zat samak, saponin, dan toksin. Dilihat dari berbagai kandungn yang dimiliki oleh buah cermai, tentu saja buah cermai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, dan berikut ini lah 8 manfaat buah cermai bagi kesehatan yang dapat kami bagikan pada anda:

  1. Mengatasi Asma

Kabar baik bagi anda yang memiliki riwayat peyakit asma, karna sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah cermai ternyata dapat digunakan untuk mengobati asma. Caranya adalah:

  • Siapkan 6 buah cermai dan 2 gelas air.
  • Rebus buah cermai tersebut, lalu tambahkan akar kara, bawang merah, dan sedikit gula untuk menambahkan rasa manis.
  • Tunggu sampai mendidih kemudian angkat dan minum saat sudah hangat. Minumlah ramuan ini sampai nafas terasa pulih kembali.
  1. Mengobati Sembelit

Buah cermai memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat berkhasiat untuk melancarkan pencernaan serta mengatasi sembelit. Sama halnya dengan buah lainnya yang juga memiliki kandungan vitamin C tinggi, buah cermai sangat baik dikonsumsi untuk orang yang sedang mengalami sembelit karna sangat efektif untuk membersihkan usus dari kotoran. Anda dapat memakannya langsung atau menjadikannya sebagai ramuan, caranya adalah rebus beberapa buah cermai dengan air, tunggu sampai mendidih lalu angkat dan minum saat sudah hangat.

  1. Meringankan Kanker

Manfaat menakjubkan dari buah cermai adalah dapat meringankan kanker. Pengobatan untuk penyakit kanker memang memakan biaya yang tidak sedikit, oleh sebab itulah cobalah untuk mengkonsumsi buah cermai secara teratur untuk mendapatkan hasil yang cukup baik. Cara untuk membuat obat dari buah cermai adalah:

  • Siapkan beberapa buah cermai, 2 gelas air, bidara kupas, daun belimbing, gadung cing, dan gula secukupnya.
  • Rebus semua bahan tersebut sampai mendidih dan tercampur rata.
  • Setelah itu angkat dan kemudian tunggu sampai hangat, minum ramuan tersebut secara rutin sampai kondisi tubuh anda mulai membaik.
  1. Sebagai Pelangsing Badan

Dikarenakan buah cermai dapat melancarkan pencernaan dengan baik, maka buah cermai merupakan salah satu buah yang dapat membantu program diet anda. Jika dikonsumsi secara rutin, buah cermai akan dapat membuat tubuh anda menjadi langsing dan singset. Cara untuk mengkonsumsinya pun juga cukup mudah, anda bisa langsung memakannya atau meminum air rebusannya.

  1. Menyehatkan Kulit

Sudah sejak dauhulu kita tahu bahwa vitamin C sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekencangan kulit. Jika kita rajin mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti buah cermai, kulit kita akan menjadi bersih dan terasa lembut. Anda bisa menggunakan cara apapun untuk mengkonsumsinya.

  1. Menambah Kekebalan Tubuh

Buah cermai juga mengandung berbagai nutrisi seperti flavonoid dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Namun anda juga tidak disarankan untuk terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.

  1. Baik Untuk Pertumbuhan

Dikarenakan mengandung nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan, buah cermai sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

  1. Menyehatkan Tulang

Manfaat terakhir buah cermai yang dapat kami bagikan adalah dapat menyehatkan tulang. Zat besi dan kalsium yang terdapat dalam buah ini dapat membantu menyehatkan tulang anda agar tetap tidak keropos dan terus kuat. Untuk mendapatkan khasiatnya anda dapat memakannya langsung atau meminum air rebusannya.

Bagi anda yang menderita kanker atau asma, sebelum mengkonsumsi buah ini sebaiknya tanyakan dahulu terhadap dokter anda, apakah anda memerlukan asupan alternatif atau tidak. Ini dikarenakan setiap orang memiliki efek yang berbeda-beda tergantung dengan kondisi si penderita dan penyakitnya. Sama halnya dengan buah anggur, buah cermai juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak namun tidak disarankan untuk berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply