8 Khasiat Biji Mahoni Bagi Tubuh Manusia
8 Khasiat Biji Mahoni Bagi Tubuh Manusia

8 Khasiat Biji Mahoni Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on

Manfaat biji mahoni sebenarnya cukup banyak namun hanya sedikit orang yang mengetahui cara menggunakannya sebagai obat untuk menyembuihkan berbagai macam penyakit. Nah, di sini kami akan mencoba untuk membagikan informasi mengenai khasiat biji mahoni untuk tubuh manusia, semoga dapat memberikan wawasan dan ilmu baru bagi anda!

8 Khasiat Biji Mahoni Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
8 Khasiat Biji Mahoni Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Agar tidak terlalu tergantung dengan obat-obatan kimia yang notabennya akan memberikan efek samping bagi tubuh, sebaiknya gunakanlah obat-obatan herbal seperti biji mahoni untuk mengobati penyakit yang anda derita atau hanya sekedar menyehatkan tubuh. Tanaman mahoni pertama kali ditemukan di kepulauan Solomon, sebuah Negara kepulauan yang ada di Samudra Pasifik. Pada umunya, daripada bagian tanaman mahoni lainnya, batang kayunya lah yang lebih banyak dimanfaatkan. Batang kayu mahoni banyak digunakan untuk bahan mebel atau bahan kerajinan tangan. Namun selain batang kayunya, ternyata bagian daging dan biji buahnya juga berguna untuk kesehatan tubuh manusia. Biji mahoni mengandung flavonoid sebanyak 33 jenis dan sapoin sebanyak 27 jenis. Dan karna saat ini teknologi di bidang farmasi sudah berkembang dengan pesat, terciptalah kapsul ekstrak biji mahoni yang berfungsi sebagai suplemen makanan. Bukan hanya zat aktif seperti flavonoid dan sapin saja yang ada terkandung dalam biji mahoni, bahkan mineral, protein, vitamin, dan asam lemak yang sangat diperlukan tubuh pun juga ada dalam biji mahoni.

Dikarenakan kandungan yang banyak itulah biji mahoni memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, di antaranya adalah:

  1. Menyehatkan Jantung

Kandungan flavonoid dalam biji mahoni berkhasiat untuk meningkatkan sirkulasi darah, dan sedangkan sapoinnya sangat berkhasiat untuk menyehatkan jantung. Perpaduan antara kedua zat tersebut menjadi sangat sempurna untuk membuat jantung kita lebih sehat.

  1. Menjaga Kondisi Gula Darah

Kandungan sapoin dalam biji mahoni juga dapat bermanfaat untuk mengalirkan gula darah dengan lancar, sehingga dengan rutin mengkonsumsi rebusan biji mahoni maka kadar gula darah dalam tubuh kita akan tetap dalam kondisi normal.

  1. Sebagai Obat Alami Serangga

Biji mahoni yang dihaluskan sampai menjadi bubuk dapat menjadi suplemen kekebalan tubuh agar terlindung dari bahaya gigitan serangga.

  1. Memperlancar BAB

Haluskan biji mahoni sampai menjadi bubuk, lalu seduh dengan air hangat. Ramuan ini dapat melancarkan proses metabolisme tubuh sehingga BAB pun juga akan lancar.

  1. Menghalau Penyakit Ganas

Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan dalam tubuh yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku penderita akibat adanya gangguan dalam otak yang sifatnya perlahan-lahan. Penyakit ini merupakan penyakit yang cukup ganas dan tidak regenatif. Namun dengan meminum satu cangkir susu yang ditambahkan dengan satu sendok bubuk mahoni, tubuh anda akan menjadi lebih sehat dan kemungkinan besar akan terhindar dari penyakit tersebut.

  1. Meminimalisir Rasa Sakit Saat Menstruasi

Tidak jarang saat seorang wanita sedang menstruasi atau haid, ia akan mengalami rasa sakit dan nyeri pada perutnya. Dan salah satu cara alami untuk mengurangi rasa sakit tersebut adalah dengan memakan biji mahoni.

Baca juga: Cara Mengatasi Nyeri Ketika Haid

  1. Dapat Meningkatkan Kesuburan Hormon Pria dan Wanita

Salah satu suplemen alami untuk menjaga vitalitas agar selalu fit adalah biji mahoni.

  1. Menambah Berat Badan

Ketika seseorang merasa bahwa badannya terlalu kurus, pasti ia akan mencoba berbagai cara untuk menggemukkan badannya. Namun terkadang cara yang ia gunakan tidak menghasilkan apapun. Jika anda sedang mengalami masalah yang sama, tidak ada salahnya jika anda mencoba kapsul ekstrak biji mahoni sebagai suplemen makanan untuk meningkatkan berat badan anda.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply