Biografi Ir. Soekarno
Biografi dan Profil Presiden Pertama Indonesia- Ir. Soekarno

Biografi dan Profil Presiden Pertama Indonesia- Ir. Soekarno

Posted on

Kamu tentunya telah tidak asing lagi dengan Soekarno, beliau merupakan presiden pertama di negeri ini, bukan. Di dalam biografi dan profil dari Soekarno disebutkan, kalau beliau lahir di Surabaya tepatnya pada tanggal 6 Juni tahun 1901 beliau lahir. Soekarno wafat pada tanggal 21 Juni di tahun 1970. Banyak sekali orang yang menjadi penggemar atau pengagum dari diri Soekarno tersebut.  Hal tersebut disebabkan Soekarno mempunyai banyak sekali keistimewaan dari beliau. Yang salah satunya dari keistimewaan yang ada pada dirinya yaitu kewibawaan yang sangat tinggi dan juga membuat banyak orang yang menjadi hormat kepadanya. Saat ini banyak orang yang mencari biografi yang singkat dari Soekarno sebab hanya ingin mengerti seluk beluknya mantan presiden pertama RI ini.

Di dalam biografi Soekarno disebutkan kalau beliau lahir dari kalangan keluarga yang cukup mampu, lho. Orang tua beliau merupakan seorang guru yang mempunyai pengaruh yang sangatlah besar. Ir. Soekarno menempuh pendidikan sekolah dasar di kota Mojokerto dan selanjutnya beliau melanjutkan pendidikan sekolah menengahnya di kota Surabaya. Ada banyak sekali manfaat hasil dari pendidikan yang dijalani oleh Ir. Soekarno di kota Surabaya. Yang salah satunya manfaat yang diperoleh yaitu Soekarno menjadi mengenal banyak tokoh yang mempunyai jiwa refomasi dan juga mau berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia. Setelah lulus dari sekolah menengahnya, Soekarno melanjutkan pendidikan ke kota Bandung. Pada jaman tersebut kampus yang dipilihnya yaitu sekolah teknik Belanda atau yang sekarang lebih umumnya disebut dengan ITB tersebut. Setelah selesai menempuh pendidikan tinggi tersebut yang membuat Soekarno menjadi sadar dan juga lebih fokus di dalam perjuangan untuk mencapai kemerdekaan Republik Indonesia ini. Sebuah catatan biografi dan profil dari Soekarno menyebutkan kalau perjuangan yang dilakukan sangatlah keras dan membuat beliau harus sering berhadapan dengan hukum, lho. Namun, perjuangan dari Soekarno menjadi nyata saat pada tanggal 17 Agustus 1945 beliau bersama Muhammad Hatta yang memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Kita bangga mempunyai pahlawan seperti Soekarno dan juga Muhammad Hatta.

Biografi Ir. Soekarno
Ir. Soekarno Waktu Proklamasi

Sejarah menyebutkan kalau di dalam masa kepemimpinan dari Soekarno ada banyak sekali masalah yang dihadapinya. Di dalam biografi Presiden Soekarno yang ditulis oleh Cindy Adams yang menyebutkan kalau Soekarno memanglah sangat fokus untuk membangun citra Republik Indonesia di mata dunia, lho. Namun, Soekarno harus mundur dari jabatannya yang sebagai presiden Republik Indonesia pada tahun 1967. Soekarno memanglah yang  memberikan banyak sekali peninggalan yang berharga untuk negeri kita ini yang tak akan pernah dilupakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Semoga setelah membaca biografi dan profil dari Soekarno ini membuat kamu semakin mengerti sosok dari Presiden pertama Republik Indonesia ini.

Jas Merah atau jangan lupa melupakan sejarah. Karena sejarahlah yang membuat negeri ini menjadi seperti ini.

Profil Singkat Ir. Soekarno.

Biografi Ir. Soekarno
Ir. Soekarno

Nama : Koesano Sosrodiharjo

Nama Lain : Soekarno, Pak Karno, Bung Karno

Temapat, Tanggal, Lahir : Surabaya, 6 Juni 1901

Meninggal : 21 Juni 1970

Tempat Pemakaman : Blitar, Jawa Timur

Kebangsaan : Indonesia

Agama : Islam

Pekerjaan sebagai : Presiden RI ke 1, Proklamator, Pahlawan Nasional RI

Nama Orang Tua : Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai

Gelar Kepahlawanan : Pahlawan Nasional

Nama Istri : Siti Oetari, Inggit Garnasih, Hartini, Fatmawati, Kartini Manopo, Haryati, Ratna Sri Dewi, Yurike Sanger, Heldy Djafar

Penghargaan yang diterima :  1. Penghargaan Perdamaian Lenin pada tahun 1960

  1. Bintang Kehormatan di Filipina pada tahun 1965
  2. Doktor Honoris Causa dari 26 Universitas di dunia
  3. The Order Of The Supreme Companions of OR Tambo atau Presiden Afsel pada tahun 2005

Nah, itulah biografi dan profil Presiden Republik Indonesia pertama- Ir. Soekarno. Jangan lupakan sejarah-sejarah di Indonesia. Pahlawan Nasional Indonesia.

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply