Amalan Andalan Dihari Jum’at Yang Membawamu Menuju Ladang Pahala

Posted on

Jum’at? Memang bagi orang islam jum’at merupakan hari yang barokah dan sangatlah istimewa jika dibandingkan dengan hari hari yang lain. Karena Allah mengobral pahala pada hari yang istemewa tersebut. Dan ada sebagian orang yang menyebut hari jum’at adalah hari pendek, karena pada hari itu kebanyakan sekolah dan juga kantor pulang lebih awal dari biasanya.

Keutamaan Hari Jumat
Keutamaan Hari Jumat

Nah, mungkin kebanyakan dari kalian belum mengetahui keistimewaan hari jum’at yang lainnya.  Hari jum’at adalah hari dimana nabi Adam As diciptakan, dihari jum’at pula nabi Adam dimasukkan kedalam surga, dan dihari jum’at pula nabi Adam dikeluarkan dari surga. Dan yang paling menakjubkan adalah kiamat terjadi dihari jum’at. Dan yang paling penting adalah dihari jum’at Allah mengobral pahala, sehingga barang siapa yang beramal dihari jum’at akan mendapatkan pahala yang lain daripada biasanya.

Nah, apakah kamu penasaran amalan apa saja yang harus dilakukan agar mendapatkan berkah dari Allah tersebut? Nah, berikut merupakan ulasannya.

  • Membersihkan diri

Nah, untuk yang ini adalah hal wajib yang harus dilakukan yaitu menjaga kebersihan diri. Namun yang membuatnya menjadikan sebuah keistimewaan adalah jika dikerjakan pada hari jum’at karena akan mendapat pahala tambahan. Berdasarkan hadist rasulullah yang isinya adalah siapa saja yang mandi pada hari jum’at itu sama saja dengan mandi jinabah. Sangat menakjubkan bukan? Apalagi ditambah dengan hadist yang mengatakan bahwa kebersihan itu sebagian dari iman. Maka dari itu bersihkanlah dirimu setiap hari terlebih pada hari jum’at. Dan jangan lupa pakailah pakaian terbaikmu dihari jum’at dan jangan lupa bagi kamu kaum laki laki pakailah minyak rambut dan juga minyak wangi sesuai sunahnya nabi.

membersihkan diri
membersihkan diri
  • Membaca surat Al Kahfii

Amalan yang juga merupakan amalan istimewa adalah membaca surat Al Kahfi. Sesuia dengan sabda nabi  bahwa barang siapa yang membaca surat al kahfi maka dia akan mendapatkan cahaya dari tempatnya sekarang berhenti hingga mekkah. Dan kelebihan lainnya adalah barang siapa yang membaca 10 ayat terakhir surat al kahfi, dan setelah itu keluar dajjal, maka dia akan terlindungi dan tidak akan dikuasai.

Membaca Surat Al Kahfii
Membaca Surat Al Kahfii
  • Berdo’a sebanyak banyaknya

Berdoa dan memohon ampun kepada Allah pada hari jum’at adalah suatu keberuntungan, karena hari jum’at adalah hari yang mustajab. Bahkan ada yang juga berpendapat barang siapa yang berdoa pada hari itu maka Allah akan mengabulkannya karena memang jum’at adalah hari yang barokah. Dan juga pasti akan membarokahkan kehidupanmu.

Perbanyak Doa Pada Allah
Perbanyak Doa Pada Allah
  • Memperbanyak membaca sholawat

Shalawat nabi adalah sebuah amalan yang sebenarnya dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tak harus menunggu hari jum’at. Tapi anjurannya adalah pada hari berkah ini karena sholawatnya umatnya nabi akan diperlihatkan pada hari jum’at.

  • Membaca surat Al Ikhlas, An Nas, dab Al falaq masing masing 7 kali

Nah untuk keutamaan ketiga surat ini adalah dia akan dijaga dirinya, keluarganya, hartanya, dan juga pastinya pengamalanya. Dan yang lebih menakjubkan adalah Allah akan mengampuni dosanya sampai jum’at depannya datang.

Membaca Surat Al Qur'an
Membaca Surat Al Qur’an

Nah itulah yang termasuk amalan andalan pada hari jum’at yang pastinya sangatlah dianjurkan oleh nabi sendiri. Karena memang kefadholan yang dimiliki sangatlah besar, lakukanlah amalan tersebut setiap hari jum’at agar kamu mendapaatkan kefadholan yang luar biasa tersebut. Yang menjadi  panutan kita adalah nabi muhammad SAW, maka dari itu selalu jadikanlah nabi muhammad sebagai suri tauladan bagi kehidupan kamu. Good Luck!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply