Wisata Kuliner Khas Jepara Yang Paling Terkenal

Wisata Kuliner Khas Jepara Yang Paling Terkenal

Posted on

Saat kamu berlibur atau mengunjungi Jepara, kamu harus mencoba kulinernya yang sangat khas dari Jepara. Wisata kuliner di kota kecil ini banyak macamnya da tersedia lengkap. Kamu bisa memulai mencoba dari makanan khas Jepara dan makanan mancanegara juga bisa kamu jumpai di kota kecil ini. Karena ada banyak restoran yang akan kamu jumpai di sana terutama di pinggiran jalan yang ada di kota Jepara. Jajanan mancanegara yang dapat kamu jajal bisa dari makanan khas Cina, Thailand, Jepang dan Eropa. Jadi, di Jepara selain menjual makanan khas di sana juga menjual makanan mancanegara karena kota banyak dikunjungi turis dari berbagai Negara. Para turis tersebut mengunjungi kota Jepara karena tertarik dengan ukiran khas Jepara yang terkenal sampai mendunia. Selain jajanan khas Jepara yang menarik, kota ini juga berpotensi menadi pusat industry furniture. Banyak pengarajin di kota ini sehinga wisatawan banyak yang tertarik mengunjungi Jepara.

Namun, kali ini kita akan membahas tentang wisata kuliner Jepara yang khas. Berikut adalah beberapa daftarnya.

  1. Horog-Horog
Horog-Horog

Makanan ringan khas Jepara ini terbuat dari tepung pohon aren. Makanan ini sebenarnya langka karena hanya ada di Jepara. Horog-horog biasanya dimakan bersama sate kikil, bakso, soto, gule dan sayur pecel. Makanan khas ini juga bisa dimakan dengan diberi tambahan seikit gula pasir dan santan sehingga menjadi seperti bubur. Bahan pembuatnnya dari tepung pohon aren. Ternyata makanan ini sudah ada sejak masih jaman peprangan. Keunikan dari makanan ini adalah cara pembuatannya yaitu saat mengambil bubuk tepung dari pohon aren menggunakan sisir. Sehinga butiran-butiran yang kenyal dan rasa yang sedikit asin akan berjatuhan. Setelah itu tepung dikukus sampai matang dengan tekstur yang berubah jadi kenyal.

  1. Moto Belong
Moto Belong

Makanan khas Jepara selanjutnya adalah Moto Belong. Kamu dapat dengan mudah menjumpai makanan ini di pasar tradisional di Jepara. Kenapa namanya Moto Belong? Karena nama itu diambil dari bahasa jawa yang artinya Moto adalah mata dan Belong adalah Melotot. Namanya sesuai dengan bentuk makanan ini seprti mata yang sedang melotot. Bahan yang digunakan adalah singkong yang diparut lalu diperas dan pisang sebagai isinya. Moto Belong juga biasa ditambah dengan parutan kepala dan ditambah sedikit gula dan juga garam.

  1. Adon-Adon Coro
Adon-Adon Coro

Kuliner kali ini berupa minuman tradisional khas Jepara yaitu Adon-Adon Coro. Entah seperti apa rasanya karena bahan dasa minuman ini adalah jamu yang dicampur rmpah-rampah. Karena merupakan minuman tradisional, makan banyak juga dicampur dengan berbagai rempah-rempah seperti kayu manis, pandan, cengkeh, merica bubuk, lengkuas lalu disiram dengan santan tidak ketinggalan juga campuran jahe merah dan air. Sudah terbayangkan rasanya yang pedas dan menghangatkan seperti wedang jahe.

  1. Pindang Serani
Pindang Serani

Kali ini adalah makanan utama khas Jepara yang menjadi menu utama saat berkunjung ke kota ini. Pindang Serani menjadi kuliner yang memiliki rasa sedap dan lezat. Bumbunya yang khas menjadikan para pecinta kuliner dari penjuru negeri mengakui kelezatannya. Tida hanya berbahan dasar pindang yang direbus dan diberi bumbu rahasia, makanan ini bisa diganti dengan berbagai ikan seperti nila,mujair, patin ataupun bandeng. Kelezatan makanan ini terletak pada kuahnya yang khas. Kuahnya tanpa santan dan aroma yang tercipta dari campuran bumbu rahasia sangat sedap. Penyajian paling nikmat adalah dengan makan pindang serani bersama nasi putih yang hangat ditambah lagi dengan lalapan dan sambal.

  1. Rondho Royal
Rondho Royal

Jajanan khas Jepara yang satu ini memiliki nama yang unik yaitu Rondho Royal. Makanan ini termasuk makanan tradisional yang cita rasanya unik. Selain namanya yang unik, rasa yang dihasilkan makanan ini juga unikkarena terbuat dari tepung beras yang isinya tape. Gorengan ini rasanya asin, sedikit asam dan manis. Ketiga rasa tersebut bercampur jadi satu. Akan terasa lebih lezat ketika disantap dalam keadaan masih hangat. Kamu bisa menemukan makanan ini di pasar tradisional di Jepara.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply