Cara Meningkatkan Konsentrasi dalam Belajar

Posted on

Belajar memang menjadi sesuatu hal yang membosankan. Apalagi yang sedang kita hadapi adalah mata pelajaran yang tidak kita sukai. Tentunya minat dan konsntrasi belajar akan menjadi berkurang. Pengen tahu kan, bagaiman caranya agar konsentrasi menjadi meningkat? Yuk, langsung aja di simak!

Ciptakanlah suasana ruang belajara kamu dengan senyaman mungkin agar kamu bisa betah berada disana

Jika memungkinkan, hiaslah dengan gambar pilihan atau kata yang bisa memotivasi kamu. Kamu juga boleh menggantungkan poster idola, foto kekasih kamu, atau bahkan piagam penghargaan yang pernah kamu raih. Jangan lupa juga untuk memperhatikan ventilasi udara agar kamu tidak merasakan kepanasan atau kedinginan. Jangan lupa untuk mengatur penerangan agar sesuai dengan keperluan kamu, tidak terlalu redup dan juga tidak terlalu menyilaukan.

Aturlah waktu belajar dengan sebaik mungkin

Biasakanlah untuk bisa belajar setiap hari pada jadwal yang sudah kamu tetapkan. Hindari kebiasaan untuk nenumpuk tugas yang perlu dikerjakan sampai menjelang waktu yang sudah di tetapkan. Dan cobalah untuk menghentikan system kebut semalam. Cara belajar yang seperti itu akan menjadikan pribadi yang ditekan agar bisa bergerak. Pola yang seperti ini biasanya akan berlanjut ketika kamu memasuki dunia kerja dan bisa menghambat peningkatan akrir kamu nantinya.

Posisi belajar yang harus pas

Sebaiknya kamu tidak belajar dengan posisi tiduran, nonton tv dan lain sebagainya. Sebaiknya kamu belajar di atas meja belajar dan usahahan dengan posisi diri kita sedang nyaman ketika belajar.

Belajarlah dengan seaktif mungkin

Jangan merasa puas karena bisa menjadi pelajar atau mahasiswa yang teoritis saja. Hasil belajar kamu akan menajdi lebih optimal jika kamu belajar sambil mempraktekkan apa yang sedang kamu pelajari. System belajar sambil mempraktekkan ini sudah banyak diterapkan dalam pendidikan inormal seperti dalam kursus Bahasa, mengemudi, inormatika, menjahit dan lain sebagainya. Prinsip yang berlaku untuk bidang apapun yang akan kamu pelajari, termasuk belajar bicara ketika berada di depan umum, belajar untuk berdansa, berenang dan lain sebagainya.

Berisirahatlah jika sudah lelah

Jika kamu sudah merasa lelah di tengah belajarmu, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk meneruskan. Beristirahatlah sejenak untuk bisa merefresh pikiran. Kamu bisa menonton tv, makan, dan lain sebagainya. Setelah kamu merasa sudah lebih segar, kamu bisa melanjutkan belajar kembali.

Belajarlah dengan minat yang besar supaya kualitas dan hasil belajar bisa menjadi lebih optimal

Dengan minat yang cukup tinggi, kamu akan bersemangat untuk menggali berbagai sumber untuk bisa mendapatkan informasi yang berhubungan dnegan materi yang kamu pelajari. Itulah yang menjadi alasan mengapa sebaiknya kamu kuliah dibidang yang sudag benar-benar. Jika kamu sangat menyukai dengan teknik, mungkin kamu bisa mengalami masalah jika kamu harus kuliah ekonomi dan sebagainya. Tetapi jika kamu sudah terlanjur untuk memilih jurusan, atau kamu berada ditempat yang kurang kamu sukai maka mencobalah untuk menyukainya. Milikilah rasa tanggung jawab terhadap sesuatu yang sudah kamu ambil atau putuskan. Namun terkadang minat juga akan muncul dari penyesuaian diri, percayalah tidak akan ada ilmu yang tidak bermanfaat. Railah segala bidang ilmu dan pelajari dengan matang jangan hanya setengah-tengah sehingga bisa mendapatkan suatu kecerdasan multi dimensi.

Strategi dalam menghadapi materi pelajaran

Sebaiknya kamu membuat Mind Map pada setiap awal bab pelajaran. Hal ini akan mempermudah kamu untuk belajar secara sistematis dan juga efesien. Kamu juga bisa menggunakan singkatan-singkatan yang tertentu dari apa yang harus kamu hafalkan.

Cobalah untuk mencari tahu metode belajar yang tepat

Ada orang yang merasa belajarnya menjadi efektif jika sambil mendengarkan music, belajar dnegan menggunakan gambar, bahkan ada juga yang hanya melihat angka saja bisa membuat mereka menjadi semangat dalam belajar. Jadi, kamu cobalah mengenali metode belajar apa yang sesuai dengan kamu.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply