Pegunungan Himalaya
Pegunungan Himalaya

Fakta Mengenai Pegunungan Himalaya yang Telah Menjadi Pegunungan Tertinggi Di Asia.

Posted on

Benua Asia merupakan benua yang ukuran yang paling besar dengan jumlah penduduk paling padat di dunia. Benua ini terleak di belahan bumi timur dan bagian selatan. Benua ini sendiri luasnya dapat mencangkup 8,7% dari tota luasnya permukaan bumi yang hanya 30% total daratannya.

Namun, selain benua ini terkenal dengan jumlah penduduknya yang padat benua ini juga dikenal dengan letak dari gunung tertinggi yang pernah ada di dunia. Yaitu gunung Everest yang telah menjadi salah satu puncak tertinggi di pegunungan Himalaya. Taikah kamu mengenai beberapa fakta mengenai pegunungan Himalaya yang terkenal akan ketinggiannya ini? berikut inilah beberapa penjelasan mengenai pengunugan Himalaya ini.

Awal Mula Terbentuknya Pengunungan Himalaya.

Terbentuknya Himalaya
Terbentuknya Himalaya

Awalnya pegunungan ini terbentuk sekitar 140 juta tahun yang lalu. Dimana saat ituIndia masih termasuk dari sebuah benua besar yang bernama Gondwana, yang kemudian benua Gondwana ini menjadi beberapa pecahan yang tersebar di hampir seluruh daratan bumi bagian selatan. Dan perubahan terbesarnyapun terjadi saat lempeng bumi tersebut mendorong India sehingga dapat memisahkan diri dari Gondwana yang menuju ke arah utara dan saat ini terjadinya sekitar 12 juta tahun silam.

Yang kemudian awalnya India ini memisahkan dirinya dengan kecepatan hanya 5 centimeter per tahun. Tetapi hal itupun segera berubah saat benua yang ada di dunia ini mulai naik dari bawah laut. Yang mana hal ini terjadinya sekitar 80 juta tahun yang lalu. Akibatnya Indiapun terus melaju ke arah dengan lebih kencang lagi dengan kecepatan 15 centimeter per tahunnya. Angka ini menunjukanbahwa pergerakan tersebut jauh lebih cepat dua kali lipat dari pada pergerakan lempeng bumi.

Akhirnya India inipun baru berhenti karena telah menabrak daratan Eurasia yang terjadi di 50 juta tahu silam. Dan akibat dari tabrakan tersebut adanya daratan yang naik sehingga terbentuklah sebuah pegunungan besar yakni pegunungan Himalaya. Selain itu, pegunungan Hmalaya ini merupakan pegunungan termuda yang pernah ada di dunia. Dan oleh karena adanya gemap bumi yang terus terjadi maka pegunungan Himalaya inipun akan terus mengalami perubahan dan berkembang. Bayangkan saja , pada bagian selatan pegunungan ini saja bisa bergerak sekitar 20 milimeter di tiap tahunnya.

Wilayah yang Mencangkup Bentangan Dari Pegunungan Himalaya.

Pegunungan Himalaya yang Terletak Di Nepal
Pegunungan Himalaya yang Terletak Di Nepal

Nah, selanjutnya pegunungan Himalaya inipun terbentang di beberapa negara. Beberapa negara tersebut tentunya masih berada di wilayah Asia yaitu antara lain Nepal,  China, India, Bhutan, Pakistan, dan Afganistan. Atau yang lebih tepatnya lagi pegunungan Himalaya ini terletak di perbatasan antara Nepal dan Tibet.

Yang mana pegunungan Himalaya ini juga dapat mencangkup lebih dari 75% dari luas total wilayah Nepal. Dan bentangan utama pegunungan Himalaya ini dapat membagi anak benua India dari Nanga Parbat yang ada di bagian barat hingga ke Sikkim serta Bhuttan yang ada di bagian Timur.

 Keadaaan Di Pegunungan Himalaya.

Keadaan Pegunungan Himalaya
Keadaan Pegunungan Himalaya

Meskipun pegunungan ini dinamakan Himalaya yang berarti tempat tinggal salju kerena puncakya yang selalu ditutupi oleh salju. Tetapi iklim yang terjadi di Himalaya ini sangatlah bervariasi. Kondisi suasana tropis justru dapat dirasakan da dasar pegunungan Himalaya ini. sedangkan konsisi yang terjadi di puncaknya sangat bebeda sekali karena dipenuhi oleh es dan salju dimanamana. Nah, keadaan yang seperti inilah yang membuat pegunungan Himalaya ini memiliki banyak sekali spesies tanaman dan hewan yang dapat ditemukan di sini.

Selain itu taukah kamu bahwa sembilan dari sepuluh puncaktertinggi di dunia ini terdapat di pegunungan Himalaya? Yaitu puncak tersebut antara lain dapat meliputi Gunung Everest, Gunung Godwin Austin, dan Kanchanjuga. Dan juga sekaligus tiga sistem sungai besar di dunia ini juga berasal dari Himalaya antara lain Induss, Gangga Brahmaputra, dan Yangtze.

Nah, itulah tadi beberapa fakta serta uaraian mengenai pegunungan Himalaya yang telah menjadi pegunungan tertinggi di Asia yang sealigus juga merupakan puncak tertinggi yang pernah ada di dunia. Cukup sekianlah informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply