Makanan Berbahaya Bagi Anak Yang Perlu Dihindari

Makanan Berbahaya Bagi Anak Yang Perlu Dihindari

Posted on

Makanan yang serba instan sudah banyak di jaman modern ini. Segalanya serba instan tidak terkeuali makanan cepat saji. Memang makanan-makanan seperti banyak membantu karena penyajiannya yang tidak membutuhkan waktu lama. Orang akan lebih makanan instan karena praktis dan cepat. Namun, kemanjaan yang diterima ternyata bisa menjadikan bahaya bagi tubuh terutama anak-anak. Anak-anak akan lebihsuka jajan di luar dibandingkan makan masakan rumah. Di luar jajanan sangat banyak pilihanya sehingga menjadikan anak suka. Semakin banyak makanan cepat saji yang lezat, belum tentu juga semuanya baik untuk dikonsumsi bagi anak-anak. Masa pertumbuhan anak memerlukan nutrisi yang cukup. Coba cermati, apakah di dalam makanan cepat saji terdapat nutrisi yang cukup? Tentu saja tidak semua ada. Oleh karena itu, perhatikanlah makanan dan minuman yang anak konsumsi sejak awal.

Berikut adalah beberapa makanan yang berbahaya bagi anak dan perlu dihindari:

  1. Burger
Burger

Hampir seluruh orang di dunia ini pernah makan makanan ini. Bayak juga anak yang suka dengan burger karena rasanya yang lezat. Mekanan cepat saji ini sudah banyak dijual hampir di setiap Negara di seluruh dunia. Terdapat banyak sekali varian burger seperti burger dengan keju dan lainnya. Roti yang diisi dengan daging sapi dianggap sehat dan bernutrisi. Namun kebanakan orang hanya tahu cara mengkonsumsinya tapi tidak dengan cara pembuatannya. Proses embuatan daging bisa saja beresiko meningkatkan penyakit jantung dan menyebabkan obesitas. Selain itu, daging olahan yang terkontaminasi bisa mempengaruhi fungsi otak yang bisa menjadikan orang tidak bertenaga saat melakukan kegiatan. Makanan seperti itu sangat tidak baik untuk anak karena terdapat kandungan MSG yang berpengaruh buruk bagi pertumbuhan anak.

  1. Sereal
Sereal

Makanan yang paling disukai oleh anak selanjutnya adalah sereal. Ada sebagian orang menganggap makanan sereal itu sehat. Apalgi untuk sarapan anak sebelum beraktivitas ditambah lagi dengan susu. Pasti anak menyukai menu ini. Sereal yang biasa disajikan untuk sarapan ini ternyata juga tergolong makanan instan atau cepat saji. Namun apakah kamu tahu bahwa sereal justru mengandung banyak gula dan malah rendah serat. Biasanya sereal yang ada varian rasanya jauh lebih banyak mengandung gula seperti rasa coklat, stroberi dan lain-lain.

  1. Makanan Ringan Kemasan
Makanan Ringan Kemasan

Hampir semua warung di Indonesia menjual banyak jenis makan ringan. Makanan ringan tersebut yang sering kita makan dan anak-anak juga menyukainya. Jenisnya yang bermacam-macam dan rasanya juga bermacam-macam. Semua itu sangat menggoda bagi anak, apalagi jika ada rasa baru dan jenis baru. Anak akan selalu ingin mencobanya, ketika sudah tahu rasanya dan suka maka akan menjadikan ketagihan. Namun, bahaya dari kelezatan makanan ringan jauh lebih tinggi bahayanya untuk kesehatan anak. Mungkin kelihatannya kemasannya bagus dan isinya sehat. Tapi hal tersebut tetap harus diwaspadai karena kita juga tidak tahu pasti cara pembuatannya. Mungkin buatan pabrik dan bermerk sering dicari tapi yang buatan rumah dan tidak ada ijin MUI itu perlu diwaspadai.

  1. Minuman Soda Kalengan
Minuman Soda Kalengan

Minuman bersoda adalah teman dari makana ringan. Minuman kalengan ii sangat mudah dijumpai diberbagai toko. Dan biasanya anak akan lebih suka membeli ini karena mudah dibawa dan praktis setelah habis langsung dibuang. Jika anak sedang bepergian atau jalan-jalan jadi tidak lagi membawa bekal minum dari rumah. Namun, minuman bersoda sangat berbahaya untuk dikonsumsi apalagi bagi anak. Kalaupun ingin boleh meminumnya sesekali namun jangan sering. Nanati efek jangka panjangnya bisa menjadikan penyakit obesitas, penyakit jantung dan diabetes dini.

  1. Minuman Teh Siap Minum
Minuman Teh Siap Minum

Sudah banyak jenis minuman tek dalam kemasan yang praktis dan siap minum. Bentuknya yang simpel baik botol dan gelas kini menjadi minuman favorit anak dimana saja. Orang jadi merasa tidak repot lagi membuat the sendiri, karena cukup dengan beli di warung bisa langsung minum dan menghilangkan haus. Ini adalah cara instan anak jaman sekarang. Minuman instan tersebut dapat disimpan lebih lama karena mengandung bahan pengawet. Rasanya yang bervariasi menjadikan anak lebih suka membeli daripada membuat sendiri. Biasanya rasa yang disukai adalah rasa melati, lemon dan apel. Yang perlu kamu ketahui, apakah rasa yang ada itu terbuat dari buah asli? Tentu saja tidak. Bahan kimia yang terkandung menjadikan teh beraroma sedap dan rasanya lezat.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply