Eksotisnya Kawah Tangkuban Perahu Yang Dapat Menyihir Pandangan Pertamamu!

Posted on

Kawah tangkuban perahu? Memang tak bisa diragukan lagi keindahan dan keeksotisannya yang pastinya sangatlah menawan semenjak mata memandang pada pandangan pertama. Nah, itulah sebab sebab yang menjadikan tempat wisata yang ini mejadi wisata tujuan utama dan juga termasuk wisata unggulan diwilayah provinsi Jawa Barat.

Tahukah kamu ternyata kawah tangkuban perahu yang sangat menawan hati ini terletak di desa Cikole, di Kecamatan Lembang yang berada di kabupaten Bandung, Jawa barat. Nah, jika kamu berniat untuk melihat pemandangan yang sangat cantik tersebut mainlah ke Jawa barat.

Kawah Tangkuban Perahu Yang Menawan
Kawah Tangkuban Perahu Yang Menawan

Selain itu banyak sekali pemandangan  menawan lain yang ditawarkan tempat ini, misalnya saja kawah Ratu yang sangatlah luas dan juga diselimuti dengan asap belerang yang tentunya sangatlah eksotis jika dilihat. Gunung Tangkuban perahu juga memiliki hutan lindung dengan hamparan pohon pinus yang semakin memperindah pemandangan tersebut. Gunung Tangkuban perahu memilki puncak yang tingginya mencapai 2.084 Mdpl  yang bisa membuat kamu merasakan hawa sejuk dengan perpaduan keindahan alam yang ditrawarkan oleh kota Bandung tersebut, membuat kamu betah berada disana lama-lama.

Nah, untuk nama dari gunung ini diambil dari sebuah legenda masyarakat setempat, dimana terjadinya gunung tersebut karena perahu yang terbalik akibat kemarahan sangkuriang yang tidak berhasil memenuhi persyaratan dari Dayang Sumbi yang merupakan ibu kandungnya sendiri yaitu membuat danau dan juga perahu yang sangat besar dalam waktu semalam. Karena usaha nya untuk mempersunting Dayang Sumbi gagal membuat Sangkuriang marah dan menendang perahu tersebut sampai terbalik dan akhirnya menjadi gunung yang sampai saat ini dikenal dengan gunung Tangkuban Perahu.

Tahukah kamu ternyata puncak dari gunung Tangkuban Perahu itu datar. Kenapa bisa seperti itu? Sebabnya adalah dahsyatnya letusan gunung Purba yang ada sebelumnya yang banyak mengeluarkan material vulkanik yang sangat banyak menyebabkan sebagian gunung ambruk dan berbentuk kerucut dan akhirnya menyisakan kaldera yang luas dan terbentuklah gunung Tangkuban Perahu.

Ternyata Gunung Tangkuban Perahu adalah anak gunung Sunda yang memiliki dasaran gunung yang luasnya kira-kira 20 km dengan tinggi kurang lebih 4.000 mdpl. Dan sedangkan gunung Sunda terlahir dari kaldera gunung Jayagiri yang kira kira terjadi pada 560.000 tahun yang lalu.

Sejarah geologi gunung Tangkuban Perahu ternyata cukup menarik, karena memiliki sejarah yang sangat menakjubkan karena pernah meletus dengan letusan yang sangat dahsyat mencapai hinga 9 derajat.

Dan yang membuat kamu wajib untuk datang berkunjung kesini adalah karena adanya sepuluh kawah yang letaknya berdekatan dengan wilayah ini. Diantaranya adalah Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah Jurig, Kawah Ecoma, Kawah Siluman, Kawah Badak, Kawah Jarian, dan yang terakhir adalah Kawah Domas. Penamaan kawah tersebut merupakan inisiatif dari masyarakat sekitar, misalnya saja Kawah  Ratu merupakan kawah yang terbesar diantara kawah lainnya sebab itulah dinamakan kawah ratu. Sedangkan kawah Upas, Kawah Siluman, dan juga kawah Jurig kenapa bisa dinamakan seperti itu, karena banyak warga yang meninggal karena gas racun dari kawah kawah tersebut. Maka dari itu warga sekitar menamakan dengan nama yang menyeramkan agar orang orang yang lewat kawah tersebut supaya berhati-hati.

Dan kawah yang menjadi vavorit pengunjung adalah kawah ratu dan juga kawah upas. Tapi selain itu juga kawah domas juga sering dikunjungi oleh pengunjung. Tapi dibalik keindahan kawah domas, ternyata kawah domas juga sangatlah bermanfaat, karena kawah tersebut mengeluarkan sumber air  yang sangatlah panas membuat banyak pengunjung yang menggunakannya untuk merebus telur atau digunakan untuk sekedar membasuh badan atau menggunakan lumpur belerangnya untuk masker ataupun lulur karena manfaatnya dapat menyembuhkan berbagia macam penyakit kulit.

Nah, itu dia mengenai Gunung Tangkuban Perahu dan wisata disekitarnya yang pastinya wajib kamu kunjungi saat bermain ke Jawa Barat. Karena pastinya nggak akan mengecewakan deh, Good Luck!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply