Deretan Negara yang Terkenal Dengan Penghasil Minyak Bumi Terbesar Di Dunia.

Posted on

Meskipun beberapa negara penghasil minyak bumi terbesar banyak yang berada di daerah Timur Tengah. Namun, ternyata minyak bumi ini tidak hanya dapat di temukan di daerah Timur Tengah itu saja lho. Ada juga beberapa negara lain yang terkenal dengan negara yang kaya akan hasil minyak buminya. Misalkan sebut saja dengan negara Amerika Serikat yang saat ini menduduki peringkat pertama pada urutan negara dengan hasil minyak bumi terbesar di dunia.

Tetapi sayangnya tetap saja Amerika Serikat ini bukan ermasuk anggota dari OPEC. Sebabnya yaitu oleh karena negara Amerika Serikat ini hadil dari pada minyak buminya lebih banyak dipakai dan dikonsumsi di dalam negaranya sendiri. Nah, negara mana sajakah yang termasuk dalam deretan penghasil minyak bumi terbesar yang lainnya. Maka langsung saja ini dia deretan beberapa negara yang terkenal dengan penghasil minyak bumi terbesar di dunia:

  1. Amerika Serikat.

    Hasil Minyak Bumi Amerika Serikat.
    Hasil Minyak Bumi Amerika Serikat.

Seperti yang sudah saya terangkan diatas bahwa yang menduduki perigkat pertama dalam deretan negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia ialah Amerika Serikat. Karena negara ini dapat memproduksi minyak bumi mencapai 12,31 juta sampai dengan 12,4 juta barel per harinya. Hal ini disebabkan karena dengan adanya teknologi yang terus berkembang di negara ini sehingga mencitakan suatu sistem pengeboran dan teknik pengebran terbaru yang akhirnya dapat lebih mempermudah kinerja dalam masalah pengambilan minyak bumi ini.

Tetapi, lepas dari semua masalah itu Amerika Seikat ini bukanlah negara yang termasuk dalam anggota OPEC. Yang dikarenakan negaa ini hanyalah menggunakan hasil pengeboran dari minyak buminya untuk dalam negaranya sendiri.

  1. Arab Saudi.

    Hasil Minyak Bumi Arab Saudi
    Hasil Minyak Bumi Arab Saudi

Dalam deretan urutan yang kedua ialah ditempati oleh negara Arab Saudi. Tetapi yang saya sempat berpikir kenapa bukan Arab Saudi saja ya yang berada di peringkat pertama? Padahal selama ini kita sama melihat bahwa beberapa kabar yang beredar di  TV menyebutkan bahwa Arab Saudi ini terkenal kaya akan hasil minyak buminya.

Hal ini bisa disebabkan karenya nyatanya Arab Saudi ini hanya bisa memproduksi minyak buminya sebanyak 11,6 juta barel setiap harinya. Jumlah ini tentunya terpaut berbeda 0,8 juta barel dengan yang dihasilkan oleh Amerika Serikat. Tetapi meskipun begitu nyatanya negara Arab Saudi ini telah menjadi salah satu negara yang termasuk dari anggota OPEC. Yang mengakibatkan negara ini akan melakukan export hasil minyak buminya ke berbagai negara lain.

3. Rusia.

Hasil Minyak Bumi Rusia
Hasil Minyak Bumi Rusia

Yang berada pada peringkat ketiga ialah negara Rusia. Yang mana negara ini mampu menghasilkan produksi minyak buminya mencapai 10,53 juta barel tiap harinya. Jumlah ini tentunya akan terpaut sangat bebeda dengan jumlah yang dihasilakan oleh Amerika Serikat yaitu memiliki perbedaan mencapai angka 1,8 juta barel per harinya.

Selain itu, negara ini juga tidak termasuk ke dalam anggota OPEC. Karena negara Rusia ini hanya menggunakan hasil minyak buminya khusus untuk negaranya sendiri. Dan meskipun begitu ternyata negara Rusia ini juga terkenal dengan salah satu negara dengan penghasil gas yang terbesar di dunia lho.

4. China.

Tambang Minyak China
Tambang Minyak China

Yang ada dalam deretan atau urta selanjutnya ialah negara China. Siapa sangaka selain negara China ini terkenal dengan hasil tambang emas dan batubara-nya yang melimpah. Ternyata negara ini juga terasuk ke dalam urutan negara dnegan penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Yaitu jumlahnya dapat mencapai 4,46 juta barel per harinya.

Jumlah ini tentunya memiliki selisih sekitar 6,14 juta barel dengan negara Rusia dan selisih 7,94 juta barel dengan negara yang ada di urutan pertama yaitu Amerika Serikat. Namun, sayangnya negara ini bukanlah termasuk ke dalam golongan anggota OPEC. Dan hanya menggunakan hasil minyak buminya ini khusus untuk negaranya sendiri.

5. Kanada.

Tambang Minyak Kanada
Tambang Minyak Kanada

Negara yang berada di urutan terakhir pada deretan negara dengan penghasil minyak bumi terbesar di dunia kali ini ialah Kanada. Dengan jumlah produksi minyak bumnya yang mencapai angka 4,07 juta barel di tiap harinya. Jumlah ini tentunya memiliki selisih yang cukup besar dengan negara yang berada di peringkat pertama yaitu Amerika Serikat yang mana jumlah selisihnya mencapai 8,33 juta barel per harinya.

Namun, meskipun kedua negara ini memeiliki jumlah perbedaan yang cukup jelas. Namun, negar ini juga memiliki kesamaan dengan Amerika Serikat yaitu negara Kanada ini bukanlah anggota dari OPEC. Sehingga negara ini akan dengan bebas menggunakan hasil dari pada minyak buminya untuk negaranya sendiri.

Nah, itulah dia beberapa deretan negara yang memiliki hasil minyak bumi terbesar di dunia. Tetapi sayangnya sebagian besar dari deretan negara tersebut bukanlah annggota dari OPEC sehingga hasil dari pada minyak buminya ini tidak akan diexport ke beberapa negara lain. Cukup sekianlah beberapa penjelasan yang dapat yang sampaikan, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply