Cina Pemilik Jembatan Terpanjang di Dunia

Cina Pemilik Jembatan Terpanjang di Dunia

Posted on

Keinginan manusia selain membangun gedung pencakar langit, jembatan terpanjang juga mampu dibangun oleh manusia di beberapa Negara. Namun, membangun hal yang tidak wajar itu tidak mudah. Untuk membangun sebuah jembatan juga tidak memerlukan waktu yang sedikit. Butuh pemikiran dan cara agar jembatan yang super panjang bisa berdiri di atas yang tidak mungkin. Selain waktu dan pikiran, usaha yang harus dilakukan juga sedikit. Ada bebrapa Negara yang memiliki jembatan terpanjang dan masuk dalam rekor di dunia sebagai jembatan yang ukuran panjangnya memlebihi wajar. Berikut adalah beberapa daftarnya.

1. Danyang-Kunshan Grand Bridge (164,8 km)

Danyang-Kunshan Grand Bridge

Danyang-Kunshan Grand Bridge merupakan nama dari sebuah jembatan yang memiliki panjang hingga 164,8 km. Jembatan ini termasuk jembatan terpanjang di dunia nomor satu. Jembatan yang ada di cina ini dibangun dengan megah di atas laut tepatnya di Beijing-Shanghai High Speed Railway. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 2006. Pembuatannya yang cukup singkat untuk membangunjembatan dengan panajang yang melewati batas wajar ini yaitu selama 4 tahun. Kemudian pada tanggal 30 Juni 2011 pemerintah Cina meresmikan sekaligus membuka jembatan ini untuk umum. Tanda geografi dari letak jembatan ini adalah sawah, sungai, kanal dan danau.

2. Tianjin Grand Bridge (113,7 km)

Tianjin Grand Bridge

Jembatan terpanjang kedua di dunia masih berada di cina. Tianjin Grand Bridge masih menjadi bagian dari Beijing-Shanghai High World Records. Jembatan ini memiliki panjang mencapai 113,7 km. sama seperti jembatan terpanjang di dunia yang pertama yaiitu Danyang-Kunshan Grand Bridge, Jembatan Tianjin Grand Bridge dibangun selama 4 tahun mulai dari 2006-2010. Jembatan ini secara otomatis juga menjadi kebanggan Cina sebagai pemilik sekaligus pemecah rekor dunia dengan kategori jembatan terpanjang.

3. Weinan Weihe Grand Bridge (79,732 km)

Weinan Weihe Grand Bridge

Jembatan terpanjang selanjutnya adalah Meinan Meihe Grand Bridge. Jembatan ini dibuat untuk menghubungkan jalan antara Xian dan Zhengzhou di Cina. Selain berguna untuk menghubungkan jalan, jembatan ini juga menjadi pemisah sungai Wei. Jembatan ini memiliki panjang 79,732 km dan pada tahun 2008 jembatan Weinan Weihe Grand Bridge selesai dibangun. Meskipun sudah selesai dibangun, jembatan ini tidak langsung diresmikan oleh pemerintah Cina untuk umum pada tahun 2008. Sehingga setelah sekian lama baru pada tanggal 6 Februari 2010 baru dibuka setelah jalur kereta api dibuka.

4. Beijing Grand Bridge (48,153 km)

Beijing Grand Bridge

Sesuai dengan namanya, jembatan ini terletak di Beijing-Cina. Panjang jembatan Beijing Grand Bridge mencapai 48,153 km. Jembatan ini menduduki urutan jembatan terpanjang ke-5 di dunia setelah Jembatan Na Express Way sepanjang 54 km di Thailand. Jembatan Beijing Grand Bridge selesai dibangun pada tahun 2010. Kemudian jembatan ini mulai dibuka untuk umum oleh pemerintah pada tahun 2011 setelah melalui proses uji coba yang singkat. Jembatan ini juga masih termasuk dari bagian Beijing-Shanghai High Speed Railway.

5. Yangcun Bridge (35,812 km)

Yangcun Bridge

Informasi tentang jembatan ini tidak terlalu banyak. Diperkirakan jembatan Yangcun Bridge selesai dibangun pada tahun 2007 dan memiliki panjang mencapai 35,812 km. jembatan yang dibangun di atas sungai yang terkenal yaitu sungai Yangtze. Tujuan pemerintah Cina membangun jembatan ini adalah untuk menuju satu tujuan yaitu sarana lalu lintas kereta api.

6. Hangzhou Bay Bridge (35,673 km)

Hangzhou Bridge

Cina memang memiliki banyak jembatan, salah satunya lagi adalah Hangzhou Bay Bridge. Jembatan yang mengubungkan Jiaxing dan Ningbo tepatnya di provinsi Zhejiang ini selesai dibangun pada tanggal 14 Juni 2007 dan resmi dibuka pada tanggal 26 Juni 2007. Uji coba jembatan ini juga dilakukan untuk mengetahui apakah jembatan ini aman, dan akhirnya jembatan Hangzhou ini boleh dilalui untuk umum pada tanggal 1 Mei 2008.

7. Runyang Bridge (35,66 km)

Runyang Bridge

Jembatan yang dibangun di atas sungai paling berbahaya di dunia adalah Runyang Bridge-Cina. Sungai Yangtze pernah menelan korban jiwa jika banjir, dan kini sudah dibangun jembatan di atasnya. Jembatang Runyang dibangun untuk menghubungkan Zhenijiang dan Yangzhou. Pemerintah menghabiskan biaya sekitar 700 juta U$D untuk membangun jembatan ini. Jembatan ini juga masih termasuk dari bagian Beijing-Shanghai Expressway.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply