Tips Sederhana Melindungi Mata Dari Radiasi Komputer

Posted on

Bagi seorang pelajar, mahasiswa dan bagi para pekerja kantoran, computer merupakan barang yang telah akrab dengan kehidupan sehari- hari. Banyak dari kita yang bekerja duduk berjam- jam dengan menatap layar monitor sepanjang harinya. Hal tersebut pastinya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Menatap layar computer secara terus menerus sepanjang hari dapat merubah bentuk retina, mata and amenjadi tegang ketika anda terus menerus melihat layar monitor selama 9 jam per harinya.Namun anada tak perlu khawatir, ada beberapa langkah sederhanya yang dapat anda lakukan untuk melindungi mata anda dari bahaya radiasi computer.

menjaga mata dari radiasi layar komputer
menjaga mata dari radiasi layar komputer
  1. Mengatur kondisi kecerahan layar computer dan juga pencahayaan ruangan

Lakukan pemeriksaan kondisi pencahayaan di ruang kerja anda. cahaya yang terlalu terang dan terlalu redup ini akan membuat mata anda menjadi tegang. Atur pencahayaan ruangan dan layar computer anda dengan baik sehingga mata mu tidak akan merasa tegang. Layar computer yang terlalu terang akan membuat mata and amenjadi berair.

  1. Kalibrasi penampilan dan jaga jarak dengan layar monitor

Aturlah kecerahan dan kontras monitor sesuai dengan kenyamanan mata anda. selain memperhatikan kecerahan monitor anda juga perlu menjaga jarak mata anda dengan layar monitor. Itu lah salah satu penyebabnya, saat anda bekerja lebih di anjurkan untuk menggunakan desktop di bandingkan menggunakan tablet atau pun laptop.

  1. Berkedip

Biasanya, kalau kita sedang asyik di depan computer atau laptop, kita akan lupa akan berkedip sehingga hal ini akan membuat mata menjadi kering. Ahli mata menunjukkan bahwa dengan adanya kita berkedip dapat membantu mata untuk mencegah terjadinya iritasi. Berkediplah sesering mungkin untuk melembabkan mata anda, terutama bagi anda yang kerjanya di depan computer.

  1. Alihkan mata anda dari layar computer

Radiasi computer dapat merusak mata. jadi anda perlu mengalihkan pandangan mata anda dari layar computer dengan menutup mata dan melakukan sedikit pijatan ringan di sekitar mata anda. anda bisa melakuakn sedikit putaran searah jarum jam di sekitar mata anda sebanyak 10 kali putaran. Dan ulangi lagi dengan arah berlawanan dengan arah jarum jam. Cara ini dapat membantu anda untuk menjadi lebih focus dan tentunya akan menjadikan nya lebih rileks dan tidak kaku.

  1. Gunakan anti radiasi pada layar computer

Layar computer juga sebaiknya menggunakan anti radiasi untuk memaksimalkan mata agar terhindar dari radiasi. Selain itu, hal lain yang dapat anda lakukan adalah and adapat menggunakan kaca mata anti radiasi sekalipun kondisi mata anda dalam keadaan sangat baik. tidak ada salahnya bukan, jika anda menggunakan kaca mata non minus  untuk melindungi mata anda dari radiasi computer.

  1. Beristirahatlah sejenak

Beristirahatlah sejenak, dengan istirahat akan membantu mata anda bersantai setelah mengalami ketegangan di depan layar computer. Jangan sekali- sekali anda bekerja berjamm- jam di depan computer tanpa melakukan istirahat. Karna hal ini pastinya akan berdampak buruk pada mata anda.

  1. Menyesuaikan warna dan ukuran huruf yang pas

Hal yang sering kali di abaikan adalah, penggunaan huruf dan juga warna pada layar computer. Ukuran huruf dan warna yang pas akan membantu kita untuk melihatnya dengan jelas dan mudah. Ukuran huruf yang terlalu kecil dan warna yang kurang jelas akan membuat kita secara tidak sadar akan melihatnya dengan dekat. Hal ini lah yang dapat membuat radiasi semakin kuat.

  1. Lakukan pemeriksaan rutin

Melakukan pemeriksaan rutin, tentunya banyak membantu anda dalam pencegahan masalah penglihatan. Yang di sebabkan oleh radiasi computer.

Beberapa tips diatas adalah untuk memberikan kenyamanan bagi anda yang sering menghabiskan waktu anda di depan layar monitor. Beberapa tips diatas begitu sangat di anjurkan untuk dilakukan supaya kesehatan maata kita terjga dari radiasi. Memang, kemajuan zaman sekarang, menuntut kita untuk bekerja dengan waktu yang cepat dan singkat. Sehingga sering kali kita melupakan dampak buruk yang dapat mengganggu kesehatan mata kita. Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply