Warsito Taruno Dengan Teknologi ECVT
Warsito Taruno Dengan Teknologi ECVT

Para Ilmuan Asal Indonesia Dengan Temuannya yang Mendunia.

Posted on

Selama ini, negara Indonesia selalu saja dikenal dunia internasiaonai dengan berbagai sisi negatifnya. Entah itu mengenai penyerangan bom di Bali-lah, berbagai macam kasus korupsi, bencana alam yang terjadi hingga aksi FBI yang saat ini tengah menjadi cibiran banyak orang.

Namun, lepas dari kenyataan pahit itu semua tak banyak yang tidak tahu bahwa negara Indonesia saat ini juga mempunyai ilmuan dengan temuan yang sangat terkenal di dunia. Bahkan hasil dari pada temuan mereka ini telah banyak dipakai oleh bebereaa negara di dunia. Nah, berikut inilah gedubar sudah merangkum beberapa ilmuan Indonesia yang terkenal dengan hasil temuannya yang mendunia. Siapa sajakah mereka? Maka langsung saja ini dia:

  1. Dr. Ir. Sedijatmo yang terkenal dengan temuannya berupa konstruksi cakar ayam.

    Sedijatmo Dengan Kostruksi Cakar Ayam
    Sedijatmo Dengan Kostruksi Cakar Ayam

Awalnya Sedijatmo dikenal sebagai ilmuan yang mendunia karena pada tahun 1962 ia dapat menemukan sebuah temuan yang berupa Konstruksi Cakar Ayam. Temuan ini awalnya bermua dari katika Sedijatmo masih menjabat sebagai pejabat PLN yang diminta untuk mendirikan 7 buah menara listrik dengan tegangan tinggi di daerah kawasan sekitar Ancol, Jakarta. Dan kemudian tenyata pondasi yang dibuatnya ini mampu mengurangi hingga 75% tekanan yang ada pada permukaan tanahnya dibandingkan dengan pondasi yang biasa.

Lalu, iapun kemudian diminta untuk dapat menerapkan Kontstruksi Cakar Ayam ini pada sejumlah menara yang ada di Juanda Surabaya. Yakni yang bertujuan untuk Kostruksi Cakar Ayam tersebut bisa digunakan sebagai landasan yang bisa menahan beban yang beratnya mencapai 2.00 ton lebih atau yang setara dengan ukuran pesawat super jumbo jet. Akhirnya temuan inipun juga telah dipakai oleh beberapa negara antara lain Jerman, Inggris, Prancis, Italia, Amerika Serikat, Belgia, dan sebagainya.

  1. Eng. Khoirul Anwar dengan temuannya berupa teknologi 4G.

    Khoirul Anwar Dengan Teknologi 4G
    Khoirul Anwar Dengan Teknologi 4G

Ilmuan yang kedua ialah Dr. Eng. Khoirul Anwar yang terkenal sebagai sang pemilik paten konsep teknologi 4G-nya yang berbasis OFDM ini. Cerita ini bermula dari ia yang awalnya menemukan teknik transmisi wireless dengan hanya menggunakan dua buah Fast Foururer Transform atau yang disingkat dengan FFT. Yaitu FFT kecil dan FFT besar. Yang kemudian teknik inipun mendapatkan sebuah penghargaan dari IEEE Radio and Wireless Symposium pada bulan Januari tahun 2006, di California.

Tak cukup dengan itu saja kemudian teknologi 4G inipun teah diakui di dunia internasional dengan menjadikannya standart telecommunication union atau yang biasa disingkat ITU. Hal ini dikarenakan penggunaan dua FFT tersebut memiliki dua keuntungan sekaligus. Yaitu yang pertama keuntungan yang dapat meminimalisirkan error pada penerima dan keuntungan yang kedua adalah efisien serta tahan terhadap nonliernity yang ada pada amplifier-nya.

  1. Warsito Taruno dengan temuannya yang berupa teknologi ECVT.

    Warsito Taruno Dengan Teknologi ECVT
    Warsito Taruno Dengan Teknologi ECVT

Ilmuan Indonesia yang terkenal dengan temuannya yang terkahir ialah Warsito Taruno yang telah paten ditetapkan sebagai pemilik atau penemu dari teknologi Electrical Capacitance Volume Tomography atau yang disingkat dengan ECVT. Yaitu teknologi yang telah ia temukan ini telah mengungguli kemampuan yang dimiliki oleh CT Scan dan MRI. Yang kemudian teknologi 4D pertama ada di dunia ini telah menjadi berita di mana-mana. Contohnya saja seperti halnya yang dirilis oleh berita Ohio State Research yang telah ditayangkan pada bulan Maret di tahun 2006.

Yang kemudian yang awalnya bermula dari satu berita yang dirilis ini lalu banyak sekali media yang mulai mengutip berita tersebut. Diantaranya adalah Science Daily yang ada di Amerika Serikat, Scenta yang ada di Inggris, Cheical Online, dan masik=h banyak lagi yang lainnya.

Itulah dia beberapa ilmuan asal indonesia yang terkenal dengan temuannya yang mendunia. Harusnya dengan adanya para ilmuan yang cerdas ini dapat semakin membuat diri kita bangga telah menjadi rakyat Indonesia. cukup sekian yang dapat saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply