Akashi Kaikyo Menjadi Jembatan Terpanjang Di Dunia
Akashi Kaikyo Menjadi Jembatan Terpanjang Di Dunia

Akashi Kaikyo Pemegang Rekor Sebagai Jembatan Terpanjang Di Dunia

Posted on

Tahukah kamu Akashi kaikyo? Yups, jembatan yang berada di negara sakura ini merupakan pemegang rekor sebagai jembatan terpanjang didunia. Jembatan ini menghubungkan antara dua pulau besar yang berada di negara Jepang. Kedua pulau yang dihubungkan oleh jembatan ini adalah Honshu dan juga Awajishima yang memiliki panjang kurang lebih 1991 meter,sangat panjang bukan? Tahukah kamu bahwa jembatan ini melintasi selat Akshi yang melintasi kota maiko, Distrik Tarumi yang  berada di Kobe, Kobe, dan juga Kobe Matsuhita yang berada dipulau Awajishima. Jembatan Akashi kaikyo yang merupakan bagian dari jalan raya yang berada diantara Honshu dan juga Shikoku ini melintasi wilayah peraiaran yang terhubung oleh 17 jembatan dan juga 3 jalan bebas hambatan, sungguh menakjubkan bukan?

Akashi Kaikyo Menjadi Jembatan Terpanjang Di Dunia
Akashi Kaikyo Menjadi Jembatan Terpanjang Di Dunia

Jalan bebas hambatan diantaranya adalah Kobe-Awajishima-Naruto yang memiliki dua jembatan dan salah satunya adlah jembatan Akashi kaikyo. Jalan bebas hambatan Seto-Ohashi ini memiliki 6 jembatan. Sedangkan jalan bebas hambatan lainnya adalah Shimanami kaido memiliki 9 jembatan. Nah, sungguh menakjubkan bukan? Pembangunan jembatan Akashi kaikyo ini telah dimulai pada bulan Mei 1986. Adapun struktur yang digunakan adalah 193.200 ton baja dan 645.000 m3 beton. Dan akhirnya jembatan Akashi kaikyo ini selesai dibangun pada bulan April 1998. Bisa dibayangkan saja dari waktu yang digunakan sangatlah lama. Dari hasil yang dihasilkan pastinya tidaklah mengecewakan karena jembatan yang satu ini berhasil menyandang predikat sebagai jembatan gantung terbesar dan juga terpanjang didunia.

Nah, dari situ apakah kamu sudah bisa membayangkan rangka yang digunakan untuk membangun jembatan yang sangat megah dan begitu kokoh tersebut. Rangka dari jembatan ini adalah terbagi menjadi tiga elemen. Rentang yang kedua yang panjang ujungnya adalah 960 m, juga panjang rentang utama yang dimiliki adalah 1.991 m. Tak heran membuat jembatan ini begitu kokoh berdiri. Dan yang tidak boleh ketinggalan adalah jembatan ini memiliki satu pasang penopang yang memiliki 3 rentangan yang memiliki panjang  3.991 m, dan juga kabel penggantungnya memilki panjang keseluruhan 300.000 m, dan menara utamanya memiliki panjang 282,2 dan juga lebar 46,5 m, pengaitnya berdiameter sekitar 85 m. Dan yang paling utama adalah jalur pelayaran memiliki lebar 1.500 m. Coba saja kamu bayangkan jika kabel yang digunakan untuk membangun jembatan ini adalah menggunakan baja antikarat tersebut jika digunakan untuk melingkari bumi dapat melingkar sebanyak 7 kali lebih. Menakjubkan bukan?

Rangka Akashi Kaikyo Terbagi Menjadi 3 Elemen
Rangka Akashi Kaikyo Terbagi Menjadi 3 Elemen

Dan yang membuat jembatan ini tambah menjadi cantik adalah jika dilihat saat malam, karena semua lampunya menyala berkelip kelip dengan indahnya. Coba tebak berapa lampu yang digunakan untuk menaerangi jembatan yang sangat panjang ini. Berapa yang bisa kamu bayangkan 100 lampu atau 500 lampu? Semua itu jumlah yang kurang. Jembatan ini memerlukan 1.737 buah lampu penerangan. Yang lebih menakjubkan lagi adalah teknologi komputer yang digunakan menggunakan 3 lampu sorot yang terpasang di bagian kabel utama yang dapat memancarkan cahaya berwarna merah,biru , dan juga hijau. Ketiga cahaya tersebut mengahsilkan 28 pola warna yang berbeda sehingga menjadikan jembatan ini semakin menawan dan juga semakin cantik lagi.

Nah, dari situ apakah kamu berniat untuk melihat dan mengunjungi jembatan terpanjang nan cantik menawan  ini? Yang berarti kamu juga harus bersedia pergi ke Jepang dan melihat bangunan jembatan yang kokoh dan juga cantik ini.  Dan dijmin kamu nggak akan nyesel melihat pemandangan negara sakura dijembatan yang cantik dan elegan ini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Good Luck!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply