Nasi Kalong

Berburu Kuliner Malam Hari di Bandung

Posted on

Berkunjung ke Bandung tanpa menikmati wisata kuliner di malam harinya rasanya kurang lengkap. Jika disebutkan dan dijelaskan satu-satu tentang kuliner yang ada di Bandung memang tidak ada habisnya. Karena tidak hanya ada pada pagi hari, kuliner di Bandung ada juga yang khusus buka pada malam hari. Jadi kalau main ke Bandung jangan takut kelaparan saat malam hari. Kalau lapar pada tengah malam, kamu bisa pergi keluar mencari makanan. Tidak perlu bingung dan takut sudah tidak ada yang jualan. Banyak pilihan warung makan yang disediakan untuk para wisata kuliner malam hari di Bandung. Berikut adalah beberapa menu yang bisa kamu coba.

1. Nasi Kuning Pungkur

Nasi Kuning Pungkur

Makanan pertama dari Bandung yang tiidak boleh ketinggalan dan sudah sangat nge hitz sampai sekarang ini adalah nasi kuning pungkur. Nasi ini berbeda dengan nasi lainnya, bukan hanya karena warnanya yang berbeda, nasi kuning pungkur lebih nikmat dengan isinya yang menggiurkan lidah. Untuk satu porsi nasi kuning saja isinya sudah bermacam-macam sebagai lauk pendamping seperti kering tempe, telor dadar, sambal dan gorangan yang dicampur dengan bumbu kacang yang khas. Gorengan yang disediakan juga bermacam-macam seperti ada bakwan, batagor, tahu isi dan lain-lain.

2. Gule Harris

Gule Harris

Warung makan yang satu ini juga jangan sampai terlewatkan. Kalau menunya gule sudah pasti gandengannya adalah sate. Nah, di warung ini selain menyediakan Gule Harris, dia juga punya satenya. Kalau kamu main ke Bandung, kamu bisa mengunjungi tempat ini yaitu ada di simpang lima yang menghubungkan Jl. Asia Afrika, Jl. Sunda, Ahmad Yani dan Gatsu. Letak tepatnya ada di belakang pos polisi di Jl asia Afrika. Kenapa kamu harus mencoba kuliner ini, karena gule di sini sudah terkenal enaknya yaitu dagingnya empuk dan rasa bumbunya sangat menyerap. Untuk satenya disajikan dngan hot plate dan ditambah dengan kecap asin serta bumbu kacang. Yang membedakan dengan sate di tempat lain adalah hot plate yang digunakan untuk penyajiannya dilapisi dahulu dengan potongan lemak kambing. Tidak terbayangkan rasanya, lapisan itu menjadikan daging tidak lengket dan potongan lemak juga bisa dinikmati bersama satenya.

3. Nasi Kalong

Nasi Kalong

Tempat makan ini buka di mlaam hari mulai dari jam 7 sampai jam 3 dini hari. Banyak sekali menu yang disediakan di warung ini yang tentunya semua khas dari sunda. Warung ini menyediakan menunya dengan bentuk prasmanan. Jangan bingung untuk makan apa karena sekitar 20 jenis makanan sudah tersedia di sana.  Kamu tinggal memilih yang kamu suka atau yang kamu inginkan. Warung ini terletak di Jl. R.E Martadinata No. 102. Nasi kalong adalah makanan khas sunda yang unik. Dengan resep rahasia yang digunakan dan warna nasinya yang berbeda pada umumnya yaitu hitam. Asal warnanya adalah dari nasi merah yang dimasak dan dicampur dengan kluwek sehingga menjadikan warna nasi yang semula merah menjadi hitam. Nasi tersebut digorang dan ditambah dengan bumbu-bumbu khas seperti daun salam, bawang merah, cabai, dan kelapa parut goreng. Dan cita rasa yang dihasilkan dari campuran bumbu tersebut sangat lezat dan gurih. Selain nasi kalong, kamu juga harus menikmati menu lain dari warung ini yaitu tumis buncis bakar dan ayam goreng madu yang sangat laris. Untuk masalah harga tidak usah khawatir, karena sudah pasti terjangkau sekitar Rp15.000 sampai dengan Rp30.000 saja kamu bisa menikmati makanan di warung ini.

4. Sate Hadori

Sate Hadori

Kamu tahu kenapa harus memilih warung ini? Saat kamu ingin makan sate hadori jangan sampai kamu salah masuk, karena di sekitar warung ini juga banyak warung makan lain yang menjual sate. Warung sate yang terletak di dekat pintu stasiun lama ini wajib kamu kunjungi juga. Letak tepatnya warung sate hadori ada di sebelah stasiun angkot.

5. Prekedel Bondon

Prekedel Bondon

Warung yang berdiri sejak tahun 70an ini juga selalu laris. Warung ini terkenal sangat banyak pengunjung yang rela mengantri pada malam ari sekitar jam 11.00 ke atas demi menikmati prekedel bondan. Harga prekedel sangat murah yaitu Rp.1000 per prekedel. Biasanya makanan ini nikmat dimakan dengan sambal terasi atau nasi dengan sayur lodeh.resep turun-temurun ini menciptakan rasa yang khas. Warung ini akan buka sampai jam 3 dini hari. Bahkan sampai subuh masih ramai engunjung. Letak warung ini dekat dengan warung hadori tadi.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply