detoksifikasi tubuh
detoks

9 Cara Detoksasi Tubuh Secara Alami

Posted on

Pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh atau sering di sebut dengan  detoksifikasi, hal ini sangat penting untuk di lakukan. Terlebih lagi jika mengingat bahwa sekarang ini populasi sudah merajalela dengan menambahnya tingkat kendaran bermotor dan adanya pabrik yang semakin banyak. Dengan dilakukannya detoksifikasi tubuh ini maka racun yang ada dalam tubuh dan juga semua radikal bebas dapat di keluarkan, dengan begitu tubuh akan terasa lebih sehat. Pada dasarnya proses ini bisa dilakukan secara alami oleh tubuh itu sendiri dengan melalui mekanisme yang sudah ada.

Sebenarnya tubuh memiliki system detoksifikasi yang dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh manusia, dengan periode waktu tertentu. Di karenakan banyaknya jenis racun yang masuk ke dalam tubuh, sebaiknya anda perlu untuk melakukan diet detoks, untuk membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

Detoksifikasi tubuh ini sebenarnya dapat di lakukan dengan mudah dan teratur. Dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar kita, anda bisa melakukan detoks sendiri dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk detoksifikasi tubuh secara alami.

detoksasi tubuh dengan air mineral
detoksifikasi tubuh dengan air mineral
  1. Minum banyak air mineral

Air sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena air dapat membantu dalam setiap proses metabolism tubuh manusia. Selain itu air juga dapat membuang racun yang ada dalam tubuh dengan melalui eliminasi.

Usahakan untuk meminum air mineral dengan takaran 8 gelas hingga 10 gelas setiap harinya. Untuk detoksifikasi tubuh,anda dapat meminum air putih setiap pagi setelah bangun tidur atau saat perut dalam keadaan kosong. Hal ini ddi lakukan guna untuk menjaga system pencernaan agar bekerja dengan baik.

  1. Mulailah hari dengan lemon water

Untuk dapat mengurangi jumlah racun yang berbahaya dalam tubuh, mulailah hari anda dengan meminum segelas air lemon. Kandungan asam sitrat yang ada dalam air lemonlah yang dapat membantu anda dalam proses detoksifikasi tubuh. Struktur atom air lemon mirip dengan cairan pencernaan yang di temukan di dalam perut. Yang dapat membantu hati untuk memproduksi empedu.

  1. Coba dry brushing

Kulit adalah salah satu organ detoksifikasi utama dalam tubuh. Dry brushing ini merupakan salah satu teknik sederhana dan mudah yang dapat membantu dalam peluruhan sel- sel mati dan juga dapat menghilangkan racun yang menumpuk jauh di dalam kulit anda. dry brushing ini juga berguna untuk dapat mengaktifkan kelenjar keringat. Hal ini akan memudahkan kulit anda untuk mengeluarkan racun dengan melalui keringat yang keluar dari kulit anda.

  1. Gunakan minyak ensensial

Minyak ensensial adalah teknik klasik yang dapat membantu anda dalam menghilangkan racun yang ada dalam tubuh. Selain untuk mendetoksasi tubuh, hal ini juga dapat merangsang metabolisme tubuh serta dapat mengatur hormone dalam tubuh dan dapat menginduksi penurunan berat badan anda.

  1. Detox smoothies

Cara pengeluaran racun dalam tubuh kali ini dapat anda lakukan dengan memanfaatkan buah- buahan dan juga sayur- sayuran seperti bayam, apael, jeruk, kiwi, nanas, alpukat, jahe, ubi, pir dan kecambah. Jenis tanaman tersebut sangat baik dan sehat untuk menu diet harian anda. selain itu, anda juga dapat menambahkan berbagai jenis buah, biji- bijian dan juga kacang- kacangan di dalamnya. Detox smoothies ini selain sehat dan memiliki banyak nutrisi, hal ini juga di percaya dapat membuang racun dalam tubuh.

  1. Teh hijau

Untuk membantu proses detoksifikasi, cobalah untuk mengganti minuman anda ke teh hijau. Teh hijau ini memiliki antioksidan yang tinggi yang dapat membantu detoksifikasi dengan membantu produksi glutathione, antioksidan yang menghilangkan racun yang berbahaya dalam tubuh manusia.

  1. Rutin melakukan olahraga

Berolah raga merupakan salah satu cara yang dapat menghasilkan keringat, keringat adalah cara yang baik untuk membantu tubuh mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Saat anda melakukan olahraga setidaknya 30 menit dalam sehari, hal ini dapat meningkatkan kekuatan paru- paru dan juga pernapasan anda. selain itu dengan berolahraga juga akan berguna untuk memompa racun keluar secara terus menerus, dengan begitu hal ini akan membuat jantung anda lebih sehat dan kuat.

  1. Menggosok lidah

Menggosok lidah merupakan salah satu metode yang mudah untuk menjaga kebersihan lidah dan terbebas dari racun. Dengan melakukan kebiasaan ini akan membantu anda dalam menghilangkan kuman- kuman berbahaya, sisa- sisa makanan, berbagai jenis bakteri, jamur dan juga sel- sel mati dari permukaan lidah.

  1. Tidur yang berkualitas

Yang dimaksud dengan tidur yang berkualitas adalah tidur yang nyenyak dan nyaman. Ketika anda sedang tidur tubuh akan membersihkan diri dengan sendirinya. Bahkan otak melakuakn fungsi fital untuk menghilangkan racun selama tidur berlangsung. Ini lah salah satu penyebabnya mengapa setelah bangun tidur semalaman di pagi harinya tubuh anda akan terasa lebih bugar dan fit.

Nah, itulah beberapa cara alami untuk menghilangkan racun dalam tubuh yang dapat anda lakukan dengan mudah setiap harinya. Lakukan cara- cara diatas dengan teratur. Dapat di pastikan tubuh anda akan terasa bugar dan tidak mudah terkena penyakit. Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply