5 Penyebab Kita Malas Bekerja

Posted on

Hati akan senang jika kita bisa melewati waktu waktu bekerja dengan senang. Akan tetapi banyak orang yang tidak bahagia ketia dia melakukan pekerjaannya. Setiap kali datang hari senin, mulailah muncul perasaan was was. Bayangan itu mulai hadir di pikiran antaranya akan menghadapi atasan yang galak, bangun pagi, macet di jalan pokoknya semua yang ada hubungannya dengan pekerjaan yang gdapat membuat kita menjadi galau. Apakah kalian di tempat kerja begitu menderita?

Ini jangan kalian biarkan saja. Tidak nyamannya di tempat kerja kita harus kita ketahui serta mencari solusi yang tepat untuk masalah itu. Mengapa rasa tidak senang itu muncul saat kita menghadapi hari kerja, mungkin ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Apa saja? Berikut ini ada beberapa hal yang mungkin dapat menjadi penyebab kita malas bekerja antara lain:

  1. Terlibat konflik

Memang konflik yang terjadi di dunia kerja itu tidak bisa dihindari. Entah itu terlibat dalam persaingan, atau mungkin saja tidak cocok secara sifat, berada pada kelompok yang mungkin saja tidak menyenangkan, gossip yang ada di kantor, politik yang terlalu kuat, atau yang lainnya yang dapat membuat kalian merasa jengkel serta membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman. Akan tetapi cobalah untuk memikirkan itu secara matang matang, apa kalian ingin karir kalian terhambat hanya karena disebabkan oleh sebuah konflik yang sepele di kantor? Cobalah untuk menyelesaikan konflik yang menimpa kalian.

  1. Mungkin pekerjaan yang kurang menantang

Mungkin ada beberapa jenis pekerjaan yang hanya butuh ketekunan atau kebiasaan dalam mengerjakannya. Tidak ada tantangan atau tidak memancing kreativitas serta daya imajinasi. Ini tidak heran jika kalian mudah sekali merasa bosan. Hal tersebut akan memburuk jika tidak ada kejelasan tentang jenjang karir. Apa kalian mau mengerjakan suatu hal yang itu itu saja dalam seumur hidup? Pikirkan ulang lagi deh! Dan mulailah untuk mencari pekerjaan yang lebih menantang lagi.

  1. Melakukan kesalahan yang fatal

Memang manusia itu tidak luput dari kesalahan. Akan tetapi jika kesalahan itu kita yang melakukannya sendiri, pasti rasanya tidak enak. Apalagi kalau melakukan kesalahan yang fatal dalam pekerjaan. Salah dalam membuat laporan lah, menghilangkan uang dengan tidak sengaja lah, lalai dalam melakukan pekerjaan serta hal yang lainnya yang dapat berdampak pada pengenaan sanksi.

Jika itu terjadi, maka stress pasti akan menghampiri kita. Atau mungkin sering dihantui oleh rasa bersalah, segeralah menyelesaikan masalah kalian tersebut. Akui perbuatan  yang telah kalian lakukan, meminta maaf, serta bertanggung jawab kemudian berjanji untuk tidak melakukannya lagi. Jujur itu lebih menyenangkan daripada harus menyimpan sebuah kebohongan.

  1. Mempunyai atasan yang menyebalkan

Ada dua hal di dunia yang  tidak bisa kita pilih dalam hidup yaitu orang tua dan atasan. Mempunyai atasan  yang menyebalkan merupakan takdir yang seolah olah buruk bagi seseorang. Bekerja pada atasan yang cerewet, tidak dapat menghargai orang, banyak menuntut, mempunyai sifat pemarah serta tidak ramah itu lah yang tidak diinginkan oleh setiap pekerja. Mulai ada perasaan takut, stress dan perasaan tidak nyaman muncul. Akan tetapi, manusia dilahirkan di dunia ini disertai dengan kemampuan beradaptasi. Mulailah mempelajari sifat dari atasan kalian, kemudian mulai belajar untuk meminimalisir segala hal yang mungkin tidak disukai oleh atasan kalian agar kalian terhindar dari masalah.

  1. Gaji tidak sesuai

Salah satu tujuan utama dari kita bekerja adalah untuk mencari uang. Pastinya semua orang ingin bekerja serta dihargai sesuai dengan kemampuan serta tanggung jawab yang dimilikinya. Gaji yang sesuai pasti dapat membuat seseorang merasa nyaman dengan pekerjaannya. Tapi sebaliknya, jika seseorang menerima gaji yang tidak sesuai dengan ekspektasi serta kebutuhannya pasti akan membuatnya mengeluh ketika bekerja. Coba tanyakan pada diri kalian sendiri, seberapa layak kalian dibayar? Jika kalian merasa gaji yang kalian dapat kecil, usahalah untuk membicarakannya pada atasan kalian. Kalaupun tidak berhasil, kalian punya pilihan untuk mencari pekerjaan yang lain yang dapat menggaji kalian dengan layak. Yang sangat perlu diperhatikan hanyalah sifat jujur serta kemampuan yang kalian miliki.

Demikian artikel yang dapat saya tulis tentang 5 penyebab kita malas bekerja semoga bermanfaat, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply