5 Cara ini Dijamin gak Bikin Listrik Boros deh! Check This Out
5 Cara ini Dijamin gak Bikin Listrik Boros deh! Check This Out

5 Cara ini Dijamin gak Bikin Listrik Boros deh! Check This Out

Posted on

Kendala yang sering di keluhkan banyak rumah tangga adalah biaya listrik terlalu mahal sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap biaya pengeluaran lainnya. Apalagi dalam satu tahun tariff dasar listrik bisa naik beberapa kali sehingga menambah besar pula pengeluara n dalam membeli pulsa listrik. Belum lagi beberapa item tambahan biaya yang dibebankan kepada pengguna listrik seperti beban biaya administrasi sebesar Rp 1.300 sampai 1.600 per trasnsaksi oleh pihak bank, pajak penerangan jalan yang besarnya 10 % sesuai pemerintah daerah masing-masing konsumen, PPN sebesar 10 % serta tambahan potongan bea materai untuk pembelian pulsa listrik diatas Rp 300 ribu. Karenannya, jumlah Kwh yang diperoleh semakin kecil dibandingkan nominal uang yang dibayar.

5 Cara ini Dijamin gak Bikin Listrik Boros deh! Check This Out
5 Cara ini Dijamin gak Bikin Listrik Boros deh! Check This Out

Sobat gedubar, dimanapun kalian tinggal entah dirumah sederhana, rumah mewah atau apartement kalian pasti ingin memangkas biaya pengeluaran terutama biaya listrik sebagai kebutuhan utama hampir semua orang. Nah berikut ini adalah  cara mudah untuk mengurangi biaya listrik.

  1. Pilih daya listrik sesuai isi kantongmu

Tahukah kmau kalau beda daya listrik maka beda juga harga per Kwh listriknya? Ya, untuk golongan daya listrik 450 VA dan 900 VA masih mendapat subsidi dari pemerintah sebab diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu.

Maksudnya yakni setiap pembelian pulsa listrik golongan daya listrik 450 VA / 900 VA akan memperoleh jumlah kwh listrik yang lebih banyak dibandingkan golongan daya listrik 1300 VA, 2200 VA, 3500 VA, dan selanjutnya. Well, perkirakan dahulu berapa daya listrik yang kalian perlukan untuk pemakaian sehari-hari.

  1. Gunakan pulsa listrik

Mengapa banyak orang sekarang beralih menggunakan pulsa listrik? Banyak alasan yang mendorong mereka beralih ke system pulsa listrik, salah satunya yakni hal tersebut akan mempermudah penggunanya mengontrol pemakaian listrik yang disesuaikan dengan pulsa yang kalian beli setiap bulanya.

Sebab system kerja pulsa listrik adalah berdasarkan pulsa maka saat kalian kehabisan pulsa karena pemakaian yang berlebihan maka listrik akan mati, memang ini tampak seperti sedikit menyulitkan namun dengan cara ini kalian akan tahu bagaimana cara mengatur alokasi listrik yang tepat untuk menghindari keborosan yang tak butuh.

  1. Ganti lampu rumah dengan lampu jenis LED

Saat ini sudah banyak produsen lampu yang membuat lampu jenis LED. Lampu jenis ini memiliki keunggulan lebih hemat daya listrik, lebih terang, tak mudah panas, menghasilkan warna benda yang alami, serta lebih tahan lama.

Artinya dengan energy listrik yang rendah, lampu LED mengeluarkan cahaya lebih terang setara lampu lain dengan energy listrik lebih besar. Seperti untuk kamar mandi / kamar tidur kecil, lampu LED dengan energy 3  watt sudah mencukupi kebutuhan peneranganya. Untuk ruangan lebih luas, kalian dapat memakai lampu LED berenergi lebih besar seperti 4 watt, 5 watt, dan selanjutnya.

  1. Gunakan TV LED dengan fitur hemat daya

Sama seperti lampu, sebaiknya kalian juga mengganti televise tabung atau LCD dirumah dengan televise LED. Lebih baik lagi diganti TV LED yang memiliki fitur hemat daya atau Eco.

Perbandingan daya listrik TV tabung / TV LCD dengan TV LED sangat jauh. Kalau tv tabung / LCD dengan ukuran 32 inchi menggunakan daya sampai 100 watt atau bahkan lebih maka TV LED 32 inchi hanya memerlukan daya listrik 40 sampai 50 watt saja. Bahkan kalau fitur hemat listrik / Eco diaktifkan, maka daya listrik akan lebih hemat hingga setengahnya menjadi 20 sampai 25 watt. Ada beberapa merk tv LED bahkan memiliki fitur hemat litrik dalam beberapa tingkatan.

  1. Cabut steker dari colokan bila tak digunakan

Sobat gedubar, yang satu ini sudah jadi kebiasaan buruk banyak orang. Kamu perlu memastikan mencabut steker peralatan listrik apapun termasuk charger ponsel yang sudah atk lagi digunakan.

Mungkin mencabut 1 steker hematnya tak seberapa. Namun bayangkan berapa steker yang tertancap dirumah. Jadi jangan lupa dicabut ya sobat, selain mengehemat listrik pula untuk mencegah terjadinya kosrsleting listrik yang dapat berakibat kebakaran.

Oke sobat gedubar, demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kamu.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply