Bunda, Ini Lho Tips Mudah Menjaga Anak agar Tidak Mudah Sakit
Bunda, Ini Lho Tips Mudah Menjaga Anak agar Tidak Mudah Sakit

Bunda, Ini Lho Tips Mudah Menjaga Anak agar Tidak Mudah Sakit

Posted on

Hy bunda, anak merupakan anugrah terindah yang diberikan tuhan untuk kita, maka dari itu sebagai orang tua yang bertanggung jawab untuk menajaga titipan tersebut pasti kita harus benar-benar memperhatikannya, mulai dari segi aspek kehidupan anak dan terutama masalah menjaga kesehatan sang anak. Semua pasti sudah tahu jika pada saat datang pergantian musim, anak kita akan rentan terserang berbagai macam penyakit, entah itu demam, DBD, dan penyakit lainya. Jika anak bunda sudah sakit pasti hati bunda merasa sedih bukan!. Oleh karena itu, kali ini saya akan memberi beberapa informasi soal menjaga anak agar tidak mudah sakit. Check this out!

Bunda, Ini Lho Tips Mudah Menjaga Anak agar Tidak Mudah Sakit
Bunda, Ini Lho Tips Mudah Menjaga Anak agar Tidak Mudah Sakit
  1. Memperhatikan pola makan anak

Supaya anak terlindungi dari berbagai serangan penyakit, maka bunda harus benar-benar memperhatikan pola makan anak dan juga kebutuhan gizi lainya seperti vitamin serta nutrisi. Yang pasti beri makan pada anak dengan rutin dan tepat pada waktunya, serta jangan lupa untuk memberikan makanan empat sehat lima sempurna, sebab kalau kebutuhan gizi ini terpenuhi, maka anak bunda akan cukup mendapatkan asupan sehat sehingga kekebalan tubuhnya pun semakin kuat, jadi anak bunda tidak akan mudah terjangkit penyakit.

  1. Menjaga kebersihan tubuh anak

Kita semua pasti sudah tahu jika kuman dan kotoran adalah sumber penyakit, bahkan bibit penyakit akan mudah berkembang pada kotoran dan kuman yang tak segera dibersihkan. Untuk itu sebagai orang tua yang menyayngi anaknya, bunda wajib untuk menjaga kebersihan sekitar dan juga makanan yang dikonsumsi sang anak, dan hal yang harus diperhatikan juga yakni selalu menjaga kebersihan kuku, gigi, dan pakaian anak. Karena dari hal tersebutlah sumber terkecil kuman untuk menyerang system kekebalan tubuh anak.

  1. Beri anak waktu istirahat yang cukup

Beri waktu istirahat yang cukup pada anak supaya sang anak bisa membantu meringankan beban pikiran otaknya selama dia berada di sekolah atau dirumah. Selain itu, beristirahat yang cukup juga bisa membantu tumbuh kembang sang anak secara baik. Bunda dapat memberikan waktu istirahat yang cukup pada anak. Dan juga usahakan bunda memberikan anak waktu istirahat 8 jam sehari supaya anak tetap sehat dan tak gampang terjangkit penyakit.

  1. Cepat tanggap saat terjadi apa-apa pada anak

Yang dimaksud cepat tanggap disini yakni supaya bunda harus ceapt bertindak saat terjadi sesuatu dengan sang anak, entah itu masalah dirumah, disekolah, atau masalah dengan teman-temanya, karena kalau bunda selalu siap sedia dengan keluhanya, membantu memcahkan masalahnya, maka perasaan beban sang anak akan berkurang, sehingga bunda bisa membantu mengurangi anak untuk berpikir keras yang hanya akan membuat anak gampang sakit. Coba bunda tanyakan apa sih masalahnya dan bunda juga harus member solusi serta berikan dorongan padanya dan juga pujian pada anak, supaya beban pikiran sang anak berkurang.

Supaya hal-hak yang tak di inginkan terjadi, sebaiknya bunda harus cepat bertindak kalau terjadi apa-apa pada sang anak, seperti ketika anak sedang sakit perut, demam, abtuk / penyakit lainnya, bunda harus cepat membawa anak ke dokter dan jangan pernah remehkan sakinya anak. Selain itu, bunda juga perlu mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan secara mandiri, supaya anak pula bisa menjaga kebersihan dirinya sendiri saat bunda sedang keluar rumah.

Oke bunda, mungkin sekian informai tentang cara menjaga kesehatan anak supaya tak mudah sakit, semoga bermanfaat bagi bunda. Good bye and happy nice day!

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply