Inilah Bioteknologi Bahan Bakar Untuk Masa Depan

Inilah Bioteknologi Bahan Bakar Untuk Masa Depan

Posted on

Sumber daya alam yang tak bisa diperbarui itu apa?  Sumber daya alam yang tak bisa diperbarui itu seperti, gas alam, minyak bumi, emas, perak dan batu bara. Nah, jika sumber daya alam tersebut dipakai atau dipergunakan setiap saat dengan terus menerus akan habis dan juga tak bisa dibuat lagi atau digantikan lagi oleh manusia. Sebab itu sumber daya alam yang ada dari alam atau bumi inilah tanpa buatan manusia. Manusia hanya bisa melakukan daur ulang terhadap sumber daya alam itu, adalah mengelolahnya kembali bahan yang sudah dipakai supaya bisa digunakan kembali. Atau dengan penghematan pada pemakaian sumber daya alam tersebut.

Teringat kembali pelajaran waktu semasa duduk di bangku sekolah dulu. Di mana kita diajarkan mengenai tentang sumber daya alam yang ada pada bumi. Salah satunya yaitu minyak bumi adalah sumber daya alam yang tak bisa diperbarui lagi. Yang artinya minyak bumi kalau habis, kita tak akan mempunyainya lagi. Oleh sebab itulah kita sebagai penikmat sumber daya alam yang ada dan untuk menjaganya, menghemat pada pemakaian minyak bumi, gas alam, perak, emas dan batu bara supaya tetap lestari dan juga tetap kita pakai lebih lama  dan lebih lanjut pada generasi selanjutnya.

Bioteknologi Bahan Bakar
Tank Biogas

Minyak bumi sangatlah erat hubungannya dengan segala hal aktivitas kita sehari-harinya. Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang dipergunakan manusia yang sebagai bahan bakar. Kemudian diolah menjadi minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar minyak pada kendaraan,  dan juga bahan bakar untuk menggerakkan atau menghidupkan mesin-mesin produksi. Jenis olahan dari minyak bumi yaitu seperti bensin, pertamax, solar, minyak tanah dan juga olahan jenis dari minyak bumi lainnya. Begitu banyaknya fungsi dan pentingnya minyak bumi ini. So, kita bisa bayangkan kalau minyak bumi ini habis dan bagaimana nasib kita dan generus kita? Minyak bumi berasal dari hewan atau plankton dan berasal dari jasad-jasad renik yang sudah mati berjuta-juta tahun lalu. Akibat adanya tekanan permukaan tanah di bumi dan pengaruh suhu yang ada di bumi berubah menjadi cairan pekat yang disebut dengan minyak bumi. Oleh sebab itulah letak minyak bumi ada di kedalaman yang berpuluh-puluh meter dari permukaan tanah ini, dan bahkan terkadang juga letaknya di bawah laut dan manusia harus menggali untuk mengambilnya, lho.

Pernah mendengar Bioteknologi? Apa sih bioteknologi itu? Bioteknologi merupakan pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah yang hanya menggunakan makhluk hidup untuk menghasilkan produk dan jasa yang berguna untuk kepentingan manusia. Di dalam bioteknologi biasanya menggunakan mikroorganisme atau bagian-bagian untuk meningkatan nilai tambah dari suatu bahan. Bioteknologi bisa dikembangkan pada sektor pertanian, peternakan, kesehatan dan juga pada bahan bakar, ya.

Bioteknologi Bahan Bakar
Proses Biogas

Bahan bakar minyak bumi merupakan termasuk daya yang tak dapat diperbarui lagi. Suatu saat pastinya akan habis dan kita pastinya harus berpikir dari sekarang, kan. Jalan alternatifnya apa yang bisa kita gunakan sebagai pengganti kalau sumber energi bahan bakar minyak bumi ini habis? Waktu ini sudah ditemukan dua jenis bahan bakar yang telah di produksi dari fermentasi limbah lho, yaitu Biogas dan gasohol. Biogas merupakan gas mentana yang dihasilkan dari penguraian bahan organik oleh mikroorganisme yang ada di dalam kotoran ternak. Gas mentana bisa dipakai sebagai penghasil energi panas hampir mirip dengan gs elpiji atau LPG. Energi biogas inilah yang lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan energi dar minyak bumi dan batu bara sebab tak membuang gas-gas pencemaran udara yang berupa karbon monoksida atau CO. Selain itu, limbah dari kotoran enam sapi bisa menghasilkan energi yang sangat cukup untuk keperluan sehari-hari kita yang seperti memasak, lampu penerangan dan lainnya. Di Negara China dan India telah ada beberapa kelompok atau desa masyarakatnya yang hidup di desa telah menerapkan teknologi fementer Biogas tersebut untuk menghasilkan metana, lho. Bahan baku teknologi termenter tersebut merupakan fase hewan, dedaunan, kertas dan lainnya yang akan diuraikan oleh bakteri yang ada di dalam fermenter tersebut. So, sesuatu yang bisanya kita anggap sampah dan tak berguna bisa kita olah untuk menjadi sesuatu yang dikembangkan di Brazil semenjak harga minyak bumi meningkat sekitar tahun 1970, lho. Sedangkan Gasohol itu dihasilkan dari fermentasi kapang dengan gula tebu yang melimpah. Gasohol yang bersifat murah, bisa diperbarui dan tak menimbulkan polusi, lho. Apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat pemakaian bahan bakar? Kita pastinya selalu berhubungan dengan sampah dan juga barang-barang bekas misalnya kaleng bekas, sisa makanan, kertas bekas, sisa-sisa pertanian ataupun industri yang tidak akan dikehendaki lagi oleh manusia. Bahan-bahan tersebutlah di mana sebagai limbah atau sampah. Keberadaan sampah sangatlah tidak kita sukai dan juga limbah sangatlah mengancam lingkungan. Oleh sebab itu harus ada upaya yang harus kita lakukan untuk mengatasi atau  menanganinya. Penanganan sampah bisa dilakukan dengan berbagai cara, contohnya dengan sampah ditimbun, dibakar atau bisa juga di daur ulang. Daur ulang yaitu proses penanganan sampah yang baik untuk lingkungan. Salah satunya proses daur ulang sampah yang sudah diuji pada beberapa sampah tumbuhan merupakan proses pirolisis. Merupakan proses dekomposisi dari bahan-bahan sampah dengan memakai  suhu yang tinggi pada kondisi yang tanpa adanya oksigen. Dengan cara inilah sampah bisa diubah menjadi arang, gas dan bahan anogranik. Bahan bakar hasil proses ini merupakan rendahnya kandungan sulfur, yang sehingga sangat cukup mengurangi tingkat pencemaran lingkungan.

Bioteknologi Bahan Bakar
proses pirolisis

Contoh hasil dari proses pirolisis yang bisa digunakan sebagai bahan bakar yaitu arang. Arang bisa diperoleh dengan memanaskan kayu hingga lengkap pirolisis atau karbonisasi, yang hanya meninggalkan karbon dan anorganik abunya. Jenis-jenis arang terdiri dari arang kayu, arang serbuk gergaji, arang dari sekam padi, dan briket arang.

Nah, coba lihat semua itu, semua telah ada di depan mata kita, bukan?Kita hanya perlu lebih teliti memanfaatkan apa yang telah ada tercipta di bumi ini demi kelestarian bumi tercinta ini.

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply