Intip Yuk, 5 Rahasia Sukses Orang Jepang yang Pantas Anda Contoh

Posted on

Siapa sih yang belum mengenal Negara Jepang? Bukan hanya alamnya yang indah, bunga sakura yang sudah menjadi kebanggaan negara ini juga sangatlah terkenal dan banyak dikunjungi oleh masyarakat negara lain. Selain itu, penduduk yang sudah dipercaya memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan disiplin sudah banyak dikenal oleh negara negara lain. Semua hal tersebut membuat negara Jepang semakin naik daun dan tumbuh menjadi negara digdaya.

Apakah kalian masih ingat dulu ketika negara Jepang diserang sampai hancur tak berkeping, pasti kejadian tersebut masih segar didalam ingatan kalian, bencana gempa tsunami yang melanda negara ini tak menjadikan negara ini mati selamanya. Bahkan, hanya dalam waktu singkat saja negara Jepang mampu bangkit kembali dan menguasai perekonomian dunia. Kejadian tersebut membuat semua orang bertanya-tanya apa sih rahasia yang dimiliki orang Jepang sehingga dapat sukses setelah mereka terpuruk. Inilah 5 rahasia orang jepang yang wajib anda ketahui dan anda jadikan contoh :

Rahasia sukses orang jepang
  1. Merasa malu

Dulu jika para ksatria Jepang mengalami kegagalan dalam menjalankan tugas pasti mereka akan menusukkan pedang mereka sendiri pada perutnya, hal ini masih terjadi hingga sekarang, walaupun apa yang melakukan berbeda tapi masih mengandung arti yang sama. Mereka para pejabat Jepang yang sudah ketahuan salah menggunakan jabatannya, biasanya mereka lebih memilih bunuh diri karena malu akan hal yang sudah mereka lakukan. Padahal tidak semua dari mereka adalah orang muslim, coba bandingkan dengan para koruptor yang mengaku sebagai muslim dari negara Indonesia, apakah mereka tidak malu atas perbuatan yang mereka kerjakan selama ini? padahal sudah dijelaskan didalam sebuah hadist bahwa akhlak asli orang islam adalah rasa malu, malu tidak melakukan kebaikan. Lalu, bagaimana dengan mereka yang sudah melakukan kuroptor dengan menyandang status seorang muslim, apakah mereka masih mempunyai rasa malu sekarang? Ataukah mereka justru mengulanginya lagi?

  1. Mandiri

Orang jepang selalu berusaha melakukan semua aktivitasnya sendiri tak pernah meminta bantuan orang lain jika mereka merasa masih bisa melakukannya. Kebanyakan dari mereka yang sudah menempuh pendidikan tinggi tidak akan meminta bantuan biaya dari orang tua mereka, inilah yang disebut dengan mandiri. Coba bayangkan dengan negara kita, mereka yang sudah kuliah saja masih meminta biaya kuliah pada orang tuanya, bukan hanya biaya kuliah, uang jajan pun mereka masih minta.

  1. Pantang menyerah

Banyak tokoh sukses di Jepang yang berasal dari keluarga tidak mampu dan mengubah kehidupan mereka menjadi lebih baik lagi. Seperti, pendiri pocari sweat yang awalnya banyak orang yang tidak menyukai minumannya, namun dia tetap berusaha dan  berjuang mengubah kandungan minumannya dan akhirnya pocari sweat menjadi terkenal dan banyak peminatnya seperti sekarang.

  1. Loyal

Inilah yang wajib dicontoh oleh pekerja di Indonesia, di negara Jepang jarang sekali ada perpindahan tenaga kerja, mereka selalu menetap pada suatu pekerjaan dalam sebuah perusahaan, tidak pernah tergiur dengan usaha yang lainnya. Selain itu, mereka juga mematuhi peraturan di perusahaan mereka.

  1. Budaya membaca

Mungkin jika anda berkunjung ke negara Jepang, cobalah untuk menaiki kereta listrik bawah tanah mereka, pasti anda akan melihat sebuah pemandangan yang jarang sekali anda jumpai di Indonesia. Kebanyakan penumpang kereta lebih memilih untuk asyik membaca buku ataupun korang daripada hal yang tidak berguna lainnya, sangat berbeda bukan dengan Indonesia? Mungkin biasanya mereka memilih tidur, mengobrol, makan dan lainnya. Seharusnya budaya membaca juga ditetepkan di Indonesia agar membentuk masyarakat yang pintar dan tidak malas.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply